Asyik! Ludo Boardgames Resmi Distribusikan Board Game Taiwan ke Indonesia

Asyik! Ludo Boardgames Resmi Distribusikan Board Game Taiwan ke Indonesia

Sebelum board game Indonesia mulai bermunculan, sebenarnya board game dari luar negeri sudah cukup lama menginvasi tanah air. Penerbit-penerbit raksasa seperti Fantasy Flight Games, Asmodee, Days of Wonder sudah lama memasukkan Indonesia ke dalam jalur distribusi mereka.

Makin ke sini makin banyak penerbit baru yang muncul, termasuk juga di dalam negeri. Biasanya penerbit-penerbit ini mulai terlihat dan muncul ke permukaan ketika berpartisipasi dalam pameran board game internasional seperti SPIEL di Jerman atau Gen Con di Amerika. Pamor mereka langsung naik begitu pengunjung yang baru mengenal dan menjajal board game terbitan mereka memberikan sanjungan ataupun ulasan yang positif.

Baca juga: 13 Rekomendasi Board Game yang Cocok untuk Anak SD

Sayangnya, selepas dari pameran tersebut cukup sulit untuk mendapatkan board game dari penerbit-penerbit kecil ini. Pasalnya jaringan distribusi mereka juga masih terbatas.

Teman-teman kini tidak perlu khawatir karena Ludo Boardgames akan mempermudah semuanya. Toko dan board game cafe yang bermarkas di Surakarta ini akan mengambil peran sebagai distributor. Artinya, mereka akan menyebarluaskan beberapa board game Asia yang awalnya sulit didapatkan.

Memenuhi kebutuhan “niche” pasar board game Indonesia

Matryoshka akan didistribusikan Ludo Boardgames

Ludo Boardgames juga mengabarkan mereka telah secara resmi menjadi distributor eksklusif dari The Wood Games (TWG) dari Taiwan. Mereka adalah penerbit yang merilis board game unik seperti A Pleasant Journey to Neko, Board Game Cafe Frenzy, dan lainnya. Menariknya, TWG juga sudah mendapatkan lisensi dari beberapa penerbit Eropa seperti White Goblin Games, Devir dan MashrooM Games.

Artinya, ketika Ludo Boardgames menjadi distributor eksklusif TWG, mereka juga akan mendistribusikan board game yang telah mendapat lisensi tadi. Sebut saja Matryoshka, Silk, Papua, Small Islands dan sebagainya. Wah makin banyak nih pilihan board game seru.

“Tentu saja tawaran The Wood Games ini terlalu bagus untuk dilewatkan. Setelah kontak email yang cukup lama, akhirnya diputuskan Ludo Boardgames setuju untuk menjadi distributor eksklusif dari The Wood Games untuk pasar Indonesia,” Jelas Adi Putranto selaku Public Relation dari Ludo Boardgame

Selain TWG, Ludo Boardgames juga akan mendistribusikan board game-board game yang terbit di bawah bendera Taiwan Boardgame Design dan Pythagoras (Portugal) secara eksklusif ke Indonesia. Tak berhenti di sana, merekapun juga tengah menggandeng Mandoo Games (Korea) dan Devir (Brazil).

Baca juga: Taiwan Boardgame Design: Distribusi Adalah Bagian Paling Sulit [Bagian 2]

“Visi dan Misi Ludo Boardgames adalah mengenalkan boardgame-boardgame dari penerbit-penerbit yang namanya kurang terkenal di pasar Indonesia ini untuk memenuhi kebutuhan pasar ‘niche’ boardgamer Indonesia,” lanjut Adi.

Kesempatan bagi para retailer di Indonesia

Memposisikan diri sebagai distributor eksklusif, Ludo boardgames menyatakan akan memberikan kesempatan pada retailer board game di Indonesia untuk menyalurkan produk-produk dari penerbit di atas ke konsumen akhir. Bahkan Ludo Boardgame sendiri berkomitmen tidak akan menjual produk-produk tersebut di toko mereka baik online maupun offline.

Action Card
A Pleasure Journey to Neko | Foto: Henk Rolleman

Mereka ingin menggerakkan retailer, berbagai dukungan untuk retailer siap dikerahkan. Salah satunya mereka juga berkomitmen untuk selalu mempromosikan toko-toko yang bergabung ke jaringan distribusi ini. Tentu saja hal ini tak lepas dengan menawarkan harga yang menarik untuk para retailer. Plus, mereka tidak akan membeda-bedakan harga untuk retailer satu dengan retailer yang lainnya.

“Kedepannya jika Ludo Boardgames sudah mencapai target penjualan dari penerbit yang kita distribusikan produknya, maka kami berkomitmen untuk memberikan support-support kepada retailer dalam bentuk demo copy/promotional kit yang diperlukan oleh retailer yang memenuhi syarat.” Terang Adi.

Berikut daftar board game yang bisa diambil oleh para retailer:

Nama PenerbitHak distribusiBeberapa judul game
The Wood Games (Taiwan)Eksklusif Distribusi di IndonesiaA Journey to Neko, Board Game Café Frenzy, Small Islands, Matryoshka, Silk, Neko Harbour TCG, dll.
Taiwan Boardgame Design (Taiwan)Eksklusif Distribusi di IndonesiaElectropolis, Formosa Tea, Smart Vending Machine, Dadaocheng 2nd edt., Three Little Wolves, Cleocatra, beberapa judul dari Emperor S4 Games, dll.
Mandoo Games (Korea)Distribusi di IndonesiaManhattan, Intrigue, Kushi Exppress, No Swap No Pay, Merchants of Dunhuang, Black Swan, Motley West, dll.
DEVIR Games (USA)Distribusi di IndonesiaThe Red Cathedral, Kare Kare, Silk, Papua, La Vina, Ratzzia, dll.
Pythagoras (Portugal)Eksklusif Distribusi di IndonesiaRossio, Garum, Café, 6 Castles, dll.

Pembaca atau retailer yang tertarik bisa langsung mengunjungi situs resmi Ludo Boardgames atau kirim email ke [email protected].

You may also like