Hunch!, Board Game Indonesia Ini Bisa Dicoba di SPIEL.digital

Hunch!, Board Game Indonesia Ini Bisa Dicoba di SPIEL.digital

Satu tahun yang lalu, Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI) beserta beberapa board game designer tanah air berangkat ke Jerman mengikuti pameran board game Internasional bernama SPIEL 2019. Di sana Indonesia memiliki booth seluas 60m2 yang disebut Archipelageek. Booth tersebut ada berkat dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF).

Booth Archipelageek diisi dengan 20 judul board game lokal yang sebelumnya telah melewati proses kurasi serta penjurian. Enam judul di antaranya adalah yang terbaik dari yang terbaik, salah satunya adalah Cine Write and Trade buatan Nomas Kurnia dan M. Arif Prima Kelana.

Tujuan berdirinya Archipelageek di sana adalah untuk membuka peluang kerja sama dengan para pelaku industri board game dunia seperti penerbit, investor atau lainnya. Salah satu yang telah membuahkan hasil dicetak oleh Cine Write and Trade yang berhasil menarik perhatian Nice Game Publishing, salah satu penerbit di Eropa untuk melisensi board game Indonesia tersebut.

Semenjak kemunculannya di SPIEL 2019, Cine Write and Trade mendapat respon positif dari komunitas board game dunia. Dari sana board game karya anak bangsa ini juga sempat dibawa dan diperkenalkan ke pameran board game dunia lainnya seperti PAX Unplugged 2019 dan BGGCON 2019.

Nice Game Publishing sempat memebagai penerbit, mereka punya hak untuk memoles board game yang akan mereka rilis baik dari segi tema, ilustrasi hingga judul. Berselang setahun Nice Game Publishing akhirnya memunculkan Cine Write and Trade dengan wajah dan judul baru, yaitu Hunch!

Hunch! new cover

Melalui Facebook resminya, Nice Game Publishing membuka kesempatan bagi publik untuk menjajal Hunch! selama acara SPIEL.digital yang berlangsung secara online dari tanggal 22 – 25 Oktober 2020. Pembaca yang ingin mencoba Cine Write and Trade kembangan terbaru perlu memiliki Tabletop Simulator di PC/laptop mereka. Sesi playtest tersebut dibuka setiap hari selama SPIEL.digital berlangsung setiap pukul 21:00 – 23:00 WIB, kecuali di hari minggu menjadi pukul 20:00 – 22:00 WIB.

Baca juga: Oktober 2020! SPIEL.digital Bawa Pameran Board Game dari Offline ke Online

Deskripsi dari penerbitnya, Hunch! adalah sebuah permainan dimana pemain harus membuat petunjuk dari sebuah rahasia yang ia sendiri tidak tahu. Di sisi lain, kita juga harus membuat pemain lain menebak rahasia mereka sendiri dengan petunjuk dengan petunjuk yang dibuat oleh lawan! Seharusnya hal itu tidak mungkin dilakukan… tapi jika kamu menggunakan “Hunch” (atau “dugaan” dalam bahasa Indonesia) – semuanya jadi mungkin!

Pembaca tertarik untuk mencobanya?

You may also like