6 Langkah Mudah Mencari Board Game dengan Tema Tertentu

6 Langkah Mudah Mencari Board Game dengan Tema Tertentu

Board game ada banyak sekali jenis dan temanya mulai dari fantasi, zombie, bajak laut, makanan, luar angkasa dan lain sebagainya. Saking ada banyak, dan sebagian besar kamu mungkin belum pernah main ataupun tahu, mencari board game dengan tema yang kamu inginkan kadang menjadi tantangan.

Sebenarnya kamu bisa mencari tahunya sendiri dengan mengunjungi situs Boardgamegeek. Di sanalah semua database terkait board game dari seluruh penjuru dunia dikumpulkan. Nah! Kali ini Boardgame.id akan sedikit memberikan step by step untuk agar kamu bisa mudah berselancar mencari tema board game tertentu. Oiya, potongan gambar berikut menampilkan layar desktop ya, jadi mungkin akan sedikit berbeda bila kamu mengakses Boardgamegeek dari handphone.

1. Masuk dan daftar

Setelah kamu masuk ke situs Boardgamegeek.com, hal yang pertama sebaiknya kamu lakukan adalah membuat akun. Sebenarnya sih untuk berselancar di sana kamu tidak memerlukan akun akan tetapi percayalah, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat kalau kamu berselancar dengan akun yang sudah terdaftar.

Salah satunya adalah untuk bisa mengunduh rulebook atau buku aturan. Dengan mengakses dan membaca rulebook kamu minimal bisa terbayang cara mainnya bagaimana. Selain itu kamu mendapatkan fitur ‘recently viewed’ atau yang terakhir dilihat. Ini penting untuk menelusur ulang tautan apa saja yang sudah kamu pernah lihat atau akses.

2. Pilih Kategori

daftar tema/kategori

Terlepas kamu punya akun atau tidak, di halaman muka kamu bisa melihat “browse”, klik dan kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan. Kali ini pilih dan klik “category”.

Di sana ada banyak kategori yang diurutkan sesuai abjat. Kategori yang ada di sini bisa kamu artikan juga sebagai tema utama. Misal kamu ingin mencari board game bertema perang kamu bisa menekan tombol ctrl+f atau cmd+f untuk memunculkan kotak pencarian. Ketik saja kata “war”, atau gunakan kata kunci yang lain untuk mencari tema atau kategori lainnya.

3. Urutkan berdasarkan ranking

Setelah kamu memilih kategori yang diinginkan, misalnya kamu memilih kategori “novel-based”, kamu bisa melihat dan membaca deskirpsinya. Cek apakah benar sesuai dengan yang kamu maksud atau tidak. Jika sudah benar, scroll ke bawah hingga kamu menemukan “linked item” yang berisikan daftar judul board game.

Normalnya, mereka diurutkan berdasarkan abjat. Di sini triknya, pada bagian “sort”, coba kamu pilih “rank” yang artinya daftar board game tersebut diurutkan dari yang terpopuler. Semakin populer semakin mudah dicari atau ditemukan di toko online. Plus, minimal biasanya ada rulebook yang bisa diunduh dan ada video review/tutorial yang bisa ditonton.

tema novel
Daftar board game bertema novel/cerita anak-anak

4. Kombinasikan dengan kategori yang lain.

Jika diperhatikan, di sebelah “sort” disebutkan lagi “category”, artinya kamu bisa memperkecil hasil pencarianmu dengan menentukan kategori kedua. Dari contoh di atas bila kamu memilih kategori “novel-based” kamu bisa mengerucutkannya lagi dengan memilih kategori kedua. Anggaplah kamu memilih “children’s game” sebagai kategori kedua karena kamu ingin mencari referensi board game yang diangkat dari novel atau cerita anak-anak.

5. Pencarian mendalam

Gunakan fitur advanced search untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih detail. Caranya klik kotak pencarian di sisi kanan atas lalu pilih “Advanced Search”. Di sini kamu bisa mengisi beberapa hal untuk hasil yang lebih terpusat. Misalnya kamu isi jumlah minimal/maksimal pemain dan durasinya.

Di bagian bawah ada pilihan filter untuk “category”, pilih saja kategori yang yang kamu inginkan. Klik di bagian tanda plus (+) untuk diikutsertakan dalam pencarian atau minus (-) untuk pengecualian. Jangan lupa klik tombol “submit” untuk mendapatkan hasilnya.

Jangan lupa urutkan berdasarkan ranking, kali ini cukup klik tulisan “Board Game Rank”

6. Alternatif jika tidak ada di kategori.

Ada kalanya tema atau kategori yang kamu cari tidak terdaftar di bagian “category”, seperti misalnya makanan atau food. Alternatifnya, coba manfaatkan kotak pencarian di sisi kanan atas. Pertama kali kamu klik jangan diketik dulu, ubah “board game” dengan menjadi “families” lalu coba ketika tema yang kamu ingin cari misalnya tadi “food”.

Nah kalau kamu sedang mencari board game dengan tema tertentu untuk dijadikan referensi dari game yang sedang dikembangkan, atau tertarik untuk mengoleksi board game dengan tema tertentu, atau sekedar ingin mencari tema board game yang sesuai dengan geng main coba ikut langkah-langkah di atas. Semoga membantu.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi halaman katalog board game Indonesia, barang kali ada tema yang ternyata sesuai dengan yang kamu cari.

You may also like