Menilik Card Game Referensi Bajak Laut Kaido: Dobon – Daifugo (Bagian 2)

Menilik Card Game Referensi Bajak Laut Kaido: Dobon – Daifugo (Bagian 2)

Melanjutkan pembahasan referensi kru bajak laut Kaido di artikel sebelumnya, dalam artikel ini Boardgame.id masih akan membahas referensi para headliner yang merupakan anak buah bajak laut Kaido dalam serial One Piece. Yang menarik, permainan yang menjadi referensi Oda (pengarang One Piece) dalam menamai karakter ternyata tidak hanya diambil dari permainan luar negeri namun beberapa juga diambil dari permainan yang secara tradisional dimainkan di Jepang. Artikel kali ini akan membahas beberapa diantaranya

  • Dobon

Dobon adalah headliner pemakan artificial devil fruit kuda nil yang berperan sebagai penjaga penjara Udon tempat Luffy ditahan. Dobon diambil dari permainan mirip cangkulan dan uno yang sering dimainkan di Jepang menggunakan set kartu remi standar.

Penampakan Dobon pemakan SMILE kuda nil. Image by youtube

Masing-masing pemain dibagikan empat kartu, kemudian salah satu pemain memulai (lead) dengan memainkan satu kartu apa saja. Pemain lain kemudian wajib mengikuti suit / simbol dari kartu yang dimainkan, dan pemain yang tidak memiliki kartu dengan simbol tersebut harus mencangkul dari deck sampai menemukan simbol yang dimaksud. Pemain yang bisa menghabiskan kartu di tangan paling dulu adalah pemenangnya. Satu twist yang berbeda pada Dobon, jika pemain memiliki kombinasi kartu berjumlah sama dengan kartu yang dimainkan (misalnya kartu 2-3-1 saat kartu 6 dimainkan) pemain boleh memanggil “dobon” dan memainkan kartu-kartu tersebut sehingga kartu di tangannya habis lebih cepat.

Peraturan lengkap Dobon dapat dibaca di sini.

  • Solitaire

Bersama dengan Dobon, Solitaire adalah penjaga penjara Udon yang memakan artificial devil fruit monyet yang menyebabkan ia memiliki enam tangan. Solitaire diambil dari nama solo card game favorit pegawai kelurahan yang biasa kita temukan sebagai permainan standar di sistem operasi windows.

bajak laut Kaido
Solitaire dengan enam tangannya. Image by onepiece.fandom.com

Objektif permainan solitaire adalah mengurutkan kartu mulai dari As hingga King. Pemain membagi kartunya dalam tujuh tumpukan dengan jumlah yang berbeda-beda (dari satu hingga tujuh) dengan satu kartu paling atas terbuka. Pemain boleh memindahkan kartu di tumpukan dengan aturan tertentu dan membuat satu kartu baru terbuka. Ketika salah satu As keluar, pemain boleh mulai membuat urutan dalam simbol / suit yang sama menggunakan kartu-kartu yang sudah terbuka sebelumnya.

Peraturan lengkap Solitaire dapat dibaca di sini.

  • Babanuki

Masih dari grup penjaga penjara Udon, Babanuki memiliki kepala gajah di perutnya hasil dari memakan artificial devil fruit. Berbadan besar dan berotot, Babanuki akhirnya dikendalikan oleh O-tama menggunakan kibidango dari pipinya. Nama Babanuki diambil dari permainan kartu di Jepang yang identik dengan Old Maid di Inggris raya atau Setan-setanan di Indonesia.

Babanuki yang dijinakkan oleh O-Tama. Image by wallpaperflare

Seluruh deck kartu remi termasuk satu joker dibagikan habis ke seluruh pemain. Pemain kemudian melihat seluruh kartu miliknya dan membuang pasangan kartu dengan jenis dan warna simbol / suit yang sama, misalnya pasangan 6 wajik dan 6 hati. Setelah sisa kartu di tangan tidak lagi dapat dipasangkan, permainan akan dimulai. Secara bergiliran, pemain mengambil satu kartu dari pemain sebelahnya secara acak. Pemain boleh membuang kartu jika kartu yang baru diambil dapat membentuk pasangan dengan kartu di tangan. Pada akhirnya seluruh kartu akan memiliki pasangan kecuali joker. Pemain berusaha menghindari kartu tersebut, karena siapa yang memegangnya di akhir akan menjadi pemain yang kalah!

Peraturan lengkap Babanuki dapat dibaca di sini.

  • Daifugo

Headliner terakhir dari geng sipir tahanan adalah Daifugo. Daifugo memakan artificial devil fruit kalajengking yang membuatnya memiliki kaki berlebih dan rambut layaknya ekor kalajengking. Daifugo mengambil referensi dari permainan kartu tradisional Jepang yang mirip dengan Big Two atau Capsa banting di Indonesia.

Daifugo yang sedang menganiaya kakek Hyogoro. Image by linetoday

Untuk memainkannya, deck kartu remi standar dibagikan rata ke seluruh pemain. Salah satu pemain kemudian memulai permainan dengan memainkan kartu di tangannya. Kartu yang dimainkan dapat berupa single card, pair, three of a kind, four of a kind, hingga straight. Pemain berikutnya dapat memainkan kartunya jika ia memiliki kombinasi sejenis dengan angka yang lebih besar (misalnya pair 10 dimainkan setelah pemain sebelumnya memainkan pair 7). Tidak seperti permainan lain, dalam Daifugo kartu 2 adalah kartu terkuat. Permainan akan berakhir ketika tersisa satu pemain yang tidak dapat menghabiskan kartunya.

Peraturan lengkap Daifugo dapat dibaca di sini.

Baca juga pembahasan dari referensi Sheepshead hingga Speed serta referensi para Tobi Roppo atau tulisan menarik lainnya dari Vicky Belladino.

You may also like