Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Laut Dalam dan Paus Biru [Bagian 7]

Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Laut Dalam dan Paus Biru [Bagian 7]

Board game Aquatico dirancang bersama dengan Coral Triangle Center sebagai pakar konservasi kelautan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem agar terhindar dari bahaya pencemaran. Selain itu, permainan yang bisa dimainkan untuk 2-5 pemain dari usia 7 tahun ini mengkaji dan memperkenalkan ekosistem perairan yang ada di Indonesia seperti: laut dan air tawar, serta satwa yang hidup di dalamnya.

Baca juga:Ā Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Padang Lamun dan Dugong [Bagian 6]

Kamu bisa menemukan banyak ekosistem seperti laut dalam dan juga satwa endemik seperti paus biru dengan bermain board game Aquatico. Orang tua atau guru yang selesai memainkan Aquatico bersama putra putri ataupun siswa-siswinya bisa bercerita tentang paus biru maupun laut dalam di Indonesia. Bisa ceritakan tentang seperti apa ekosistem laut dalam, bagaimana pemandangannya, apa bedanya dengan laut dangkal dan seterusnya.

Orang tua seharusnya tak perlu khawatir darimana mendapatkan informasi seputar laut dalam ataupun paus biru karena di zaman sekarang sangat mudah didapat di internet. Orang tua tinggal ā€˜googlingā€™ sambil bercerita bersama anak sambil memperlihatkan contoh gambarnya atau mungkin bisa langsung mencari videonya.

Jauh di bawah laut dan mamalia raksasa

Laut dalam

Ekosistem laut dalam jauh berbeda dengan ekosistem laut dangkal. Dikarenakan letaknya berada lebih dari 1.000m di bawah permukaan air membuat cahaya matahari yang dapat masuk ke dalam sangat sedikit, atau bahkan tidak ada sama sekali. Selain itu, jumlah vegetasi di laut dalam nyaris tidak ada.

Makhluk hidup yang di sini rata-rata adalah hewan predator atau hewan pemakan bangkai. Meski demikian, sampai saat ini keanekaragaman makhluk hidupnya masih banyak yang menjadi misteri karena manusia tidak dapat menyelam hingga ribuan meter. Jadi hanya bisa memanfaatkan alat tertentu.

Ekosistem laut dalam sendiri terbagi menjadi beberapa dilihat berdasarkan lapisan kedalamannya, yaitu: mesopelagic (500m – 1000m), bathyal (1000m – 4000m), abyssal (4000m – 6000m), dan hadopelagic (lebih dari 6000m).

Salah satu binatang yang tinggal di laut dalam ialah paus biru. Paus ini memiliki ukuran yang luar biasa besar. Panjangnya bisa sampai tiga kali bus kota dengan berat sekitar 50-150 ton. Dikatakan paus biru karena pada siang hari akan terlihat berwarna kebiruan meskipun warna aslinya di dominasi warna abu-abu.

Menariknya, paus ini memiliki penglihatan yang sangat buruk lantaran matanya hanya sebesar buah anggur namun mempunyai jantung yang seukuran mobil. Jantungnya berdetak setiap 10 detik dan berdegup sangat kencang. Bahkan bisa sampai terdengar hingga radius 3 km menggunakan peralatan sonar. Karena perburuan liar, status paus biru kini terancam punah.

Wah seru ya! Hanya dari bermain Aquatico bisa bertemu dengan paus biru sampai menjelajah hingga ke ekosistem laut dalam juga.
Nah! Bagi pembaca yang ingin memiliki dan ingin segera mencoba bermain Aquatico dan menceritakan informasi di atas pada putra-putrinya, pesan saja secara online di Boardgame.id, hanya Rp240.000 saja.

Hubungi tim Boardgame.id melaluiĀ WhatsappĀ atau kunjungi halaman katalog di bawah ini untuk memesannya lewat Tokopedia ataupun Shopee. Tersedia juga board game Indonesia seru lainnya, yuk langsung kunjungi halaman katalog berikut:

You may also like