10 Judul Board Game Baru yang Akan Rilis Perdana di SPIEL.digital
- HeadlineKabar GameKabar SPIEL
- September 18, 2020
- 311
- 8 minutes read
Pandemi Covid-19 memang belum berakhir, tetapi itu bukan jadi halangan para penerbit board game untuk tidak meriis judul game terbaru mereka. Judul-judul baru ini biasanya dikenalkan perdana di pameran board game seperti Gen Con, SPIEL atau lainnya. Berhubung sedang ada wabah yang cukup mematikan, maka pameran yang digelar offline pun ditiadakan. Untung Friedhelm Merz Verlag selaku pengelola SPIEL mengembangkan SPIEL.digital yaitu pameran board game SPIEL yang nantinya bisa diakses gratis secara online.
Baca juga: Oktober 2020! SPIEL.digital Bawa Pameran Board Game dari Offline ke Online
SPIEL.digital akan diselenggarakan dari tanggal 22 – 25 Oktober mendatang menggunakan platform khusus. Kembali lagi ke judul-judul baru yang akan dirilis perdana saat SPIEL.digital berlangsung, berikut 11 judul di antaranya:
1. Kyoto
Perancang: Sabine Harrer dan Johannes Krenner
Pemain: 3-6 orang
Durasi: 30-45 menit
Usia: Minimal 10 tahun
Penerbit: Deep Print Games dan Pegasus Spiele
Kyoto membawa para pemain langsung ke salah satu masalah terbesar di zaman kita yaitu bahayanya efek perubahan iklim. Di balut dengan permainan negosiasi real-time di mana pemain mengambil peran sebagai perwakilan dari enam negara besar untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran lingkungan.
Bersama-sama, mereka mencoba untuk mencapai target pengurangan dan menyediakan dana yang dibutuhkan, bila ada kegagalan di setiap putaran maka akan menimbulkan kerusakan parah di planet ini. Meskipun punya tujuan sama tapi rupanya setiap negara punya agenda rahasianya masing-masing yang membuat setiap dari mereka mungkin agak berat memberikan bantuan untuk yang lain.
2. ANNO 1800
Perancang: Martin Wallace
Pemain: 2-4 orang
Durasi: 120 menit
Usia: Minimal 12 tahun
Penerbit: KOSMOS
Adalah versi analog dari game PC populer dengan judul yang sama, ANNO 1800. Permainan ini bertujuan membangun peradaban dan mengembangkan industri yang lebih baik dari pemain lain di pulaunya masing-masing.
Pemain harus memperhatikan keinginan masyarakat. Pada awalnya penduduk mungkin puas bila kita berikan roti dan pakaian, namun lambat laun mereka segera menuntut barang-barang mewah yang berharga. Artinya pemain perlu merencanakan rantai produksi dengan bijak.
3. Silencio
Perancang: CĂ©sar GĂłmez Bernardino
Pemain: 2-4 orang
Durasi: 15 menit
Usia: Minimal 10 tahun
Penerbit: Zoch Verlag
Di sini para pemain adalah satu tim yang harus bekerja sama. Tugas tim ini adalah membuang kartu sebanyak mungkin, namun dilakukan tanpa berbicara atau dilarang saling berkomunikasi satu sama lain secara lisan. Berapa banyak kartu yang kamu dan temanmu bisa dibuang tanpa boleh berkomunikasi?
4. Break In
Perancang: Rebecca Bleau, Nicholas Cravotta, David Yakos
Pemain: 1-6 orang
Durasi: 60-90 menit
Usia: Minimal 10 tahun
Penerbit: Schmidt Spiele, Play Monster
Sebuah escape room game terbaru dengan tema yang tidak biasa. Jika kebanyakan pemain harus keluar dari sebuah ruangan, seperti judulnya, Break In yang artinya pemain malah harus masuk ke sebuah lokasi. Penerbit telah menyiapkan trilogi Break In yang pertama dengan lokasi yang berbeda: Alcatraz, Area 51 dan Chichén Itzå.
Sebagai contoh untuk seri Break In: Alcatraz, para pemain berusaha menyusup ke penjara Alcatraz untuk membebaskan kawanan. Setelah itu mereka harus melarikan diri dengan memanfaatkan petunjuk yang ada dan memecahkan teka teki seru yang layaknya di film-film.
5. The Key
Perancang: Thomas Sing
Pemain: 1-4 orang
Durasi: 15-20 menit
Usia: Minimal 8 tahun
Penerbit: HABA
Penerbit yang memiliki spesialisasi dalam merilis board game untuk anak-anak dan keluarga kini juga mengikuti tren yaitu menerbitkan board game bertema puzzle. The Key juga memiliki 3 judul di seri pertamanya, yaitu: Murder in Oakdale Club, Robbery in Cliffrock Villa dan, Sabotage in Lucky Lama Land.
Misalnya pada The Key: Murder in Oakdale Club, ternyata telah ditemukan tiga korban pembunuhan. Para pemain memulai investigasi dan memeriksa petunjuk tentang pelaku, waktu kejahatan, senjata pembunuhan, TKP dan kendaraan. Mereka perlu menemukan nomor kode yang tepat untuk memenjarakan pelaku. Pada akhirnya, bukan penyelidik tercepat yang memenangkan permainan, tapi yang paling efisien.