5 Board Game Rilisan Gemblo, Inc., dari Korea Selatan di SPIEL.digital

5 Board Game Rilisan Gemblo, Inc., dari Korea Selatan di SPIEL.digital

SPIEL adalah sebuah pameran board game internasional telah menjadi ajang bagi para penerbit dari berbagai negara untuk mengenalkan judul-judul terbaru ke ribuan pengunjung dari seluruh dunia. Dikarenakan pandemi, SPIEL yang biasanya diselenggarakan di kota Essen, Jerman, kini harus beradaptasi dan membungkus acara mereka menjadi online dengan nama SPIEL.digital. Di situs SPIEL.digital, pengunjung bisa melihat rilisan terbaru dari berbagai penerbit dan mungkin mencobanya langsung secara online di laptop atau PC masing-masing.

Kali ini, Boardgame.id akan mengabarkan 5 judul board game terbaru yang dirilis oleh Gemblo, Inc.,penerbit board game dari Korea Selatan. Gemblo, Inc., adalah penerbit yang mengembangkan Tok Tok Woodman dan Bling-bling Gemstone yang biasanya selalu ada di board game cafe di kotamu.

Count Up dari Gemblo, Inc

1. Count Up

Jumlah pemain: 3-7 orang
Durasi: 10 menit
Rekomendasi usia: 6 tahun ke atas

Count up adalah permainan di mana poin hanya didapatkan dengan menuliskan angka dan menghitung. Ini adalah party game sederhana yang bisa dinikmati oleh para pemain usia muda dan tentunya dewasa juga.

Semua pemain menulis lima angka berbeda antara 1 dan 50 di lembaran yang mereka terima. Tapi mereka tidak boleh menulis angka yang dilarang. Setelah semua menulis lima angka, tunjuk satu pemain yang akan menjadi ketua dan Ia harus mulai menghitung dari angka 1 (satu). Angkat tangan ketika satu dari lima angka yang ditulis disebutkan oleh ketua.

Apabila hanya ada satu pemain yang angkat tangan, maka Ia menjadi ketua yang baru. Ketua yang baru melanjutkan menghitung dan Ia mendapat satu poin untuk setiap angka yang disebutkannya tapi tidak ada yang mengangkat tangan. Setelah menghitung sampai angka 50, ulangi permainan hingga tiga kali lagi (total 4 ronde) dan pemain dengan poin terbanyak tentu menjadi pemenang.

2. Word Capture

Jumlah pemain: 2-6 orang
Durasi: 10 menit
Rekomendasi usia: 6 tahun ke atas

Word Capture adalah permainan kata di mana para pemain berlomba untuk mengucapkan kata-kata yang bersesuaian dengan topik. Tetapi berhati-hatilah! Jika kata yang diucapkan sama dengan lawan pada saat yang sama, mereka akan kehilangan poin. Begitu juga ketika pemain salah menyebut kata yang tidak berhubungan atau saat jumlah suku katanya kurang dari yang diminta.

Jadi permainan ini hanya berbekal 80 kartu topik saja dan hanya dipakai beberapa saja di setiap permainan. Kartu topik ini memiliki sisi ganda, sisi depan berisi empat jenis topik yang ditandai dengan simbol dan nama topik. Sedangkan sisi sebaliknya tersirat jumlah suku kata dan simbol sebuah topik. Permainan dimulai dengan salah satu pemain mengambil dan membuka kartu topik dari dek ke tengah meja.

Ketika kartu dibuka, lihat juga kartu paling atas dek yang menentukan topik mana para pemain harus merespon dan berapa jumlah suku katanya. Apabila tidak ada simbol yang sesuai pada kartu topik yang terbuka, semua pemain harus berebut menepuk kartu topik tersebut. Pemain yang paling akhir menepuk akan mendapat kartu. Ingat, mendapat kartu artinya poin negatif, jadi hindari mengumpulkan terlalu banyak topik.

Mole King dari Gemblo, Inc

3. Mole King

Jumlah pemain: 2-4 orang
Durasi: 25 menit
Rekomendasi usia: 6 tahun ke atas

Mole King adalah board game dengan mekanik tile-plcement di mana pemain akan saling meletakkan kartu tikus mondoknya (mole) dan saling menutupi satu sama lain. Tujuannya agar mole punya kita lah yang paling banyak terlihat di akhir permainan.

Setiap giliran pemain akan mengambil empat kartu mole dari deknya sendiri. Lalu pemain boleh memainkan kartu bersebalahan dengan kartu yang sudah ada atau bahkan menimpanya. Setiap kali pemain berhasil menimpa kartu lain, Ia akan mendapatkan token perak. Pemain boleh membuang token emas (setara empat perak) untuk memainkan kartunya yang lain.

Permainan berakhir ketika kartu mole milik salah seorang pemain telah habis dan pemain lainnya akan mendapat giliran terkahir. Lalu pemain menghitung mole milik siapa yang paling banyak terlihat dan dialah pemenangnya.

4. Embrace Your Happiness

Jumlah pemain: 3-6 orang
Durasi: 20 menit
Rekomendasi usia: 14 tahun ke atas

Embrace Your Happiness adalah board game dari Gemblo, Inc., keempat yang akan membantu pemain menjelajahi kebahagiaan diri sendiri dan orang lain dengan cara yang seru. Pertama-tama, setiap pemain akan memilih satu kartu dari dek ON yang merepresentasikan perasaan bahagia pemain, dan satu kartu lagi yang membuat pemain merasa kurang bahagia. Jadi permainan ini cocok dimainkan bersama teman atau kolega yang sulit untuk terbuka dengan perasaannya sendiri.

Setelah semua pemain memilih dua kartu ON-nya masing-masing pemain juga akan dibagikan beberapa kartu PLUG. Lalu satu pemain akan mulai bercerita mengapa Ia memilih kartu ON yang sebelumnya (pilih salah satu kartu). Selanjutnya pemain lain akan mencoba mengelaborasi perasaan yang diceritakan tadi dengan menawarkan kartu PLUG yang dirasa cocok.

Misalnya kartu ON-nya adalah “Immersed in” dan pemain bilang Ia merasa kurang bisa larut dengan hal-hal di sekitarnya. Maka pemain lain bisa memberikan kartu PLUG contohnya “Relaxation” yang menyarankan mungkin dia butuh istirahat atau “Stimulus” yang mengajak pemain untuk mencoba hal baru. Pemain yang memberikan saran dan kartu PLUG yang dirasa paling cocok akan diberikan kartu Help Me yang akan menjadi poin. Setelah setiap pemain menceritakan perasaannya, hitung poin dan yang terbanyak akan memenagkan permainan.

Marble Bobsleigh dari Gemblo, Inc

5. Marble Bobsleigh

Jumlah pemain: 2-4 orang
Durasi: 15 menit
Rekomendasi usia: 6 tahun ke atas

Marble Bobsleigh adalah gim adu ketangkasan yang bisa dimainkan dari segala usia dengan tema Olimpiade Musim Dingin versi indoor menggunakan kelereng. Setiap pemain memiliki kelereng kristalnya masing-masing bersama bendera empat warna dan juga kelereng pelatuk yang dimasukkan ke dalam menara.

Salah satu pemain akan memulai dengan menekan tombol di menara untuk menggulirkan kelereng pelatuk dan dilanjutkan pemain berikutnya. Apabila ada dua warna kelereng pelatuk yang sama masuk secara berurutan maka semua pemain secepat mungkin mencabut bendera yang sesuai agar kelereng kristalnya menggelinding. Pemain yang kelereng kristalnya sampai lebih dulu di tengah area permainan akan mendapatkan bonus poin.

Permainan selesai begitu salah satu pemain tidak lagi memiliki kelereng pelatuk di menaranya. Tentu pemain dengan poin terbanyaklah yang menjadi pemenangnya.

Itu dia deretan board game terbaru dari Gemblo. Ada yang menarik perhatianmu? Jangan lupa kunjungi situs resmi Gemblo, Inc ya!

You may also like