3 Hal ini Perlu Kamu Lakukan Sebagai Etika Bermain Board Game

3 Hal ini Perlu Kamu Lakukan Sebagai Etika Bermain Board Game

Etika adalah sebuah sesuatu yang mempelajari tentang nilai yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Sejak kecil, kita tentu saja sudah diajarkan tentang etika, baik dari orang tua maupun dari sekolah.

Baca Juga: 5 Keutamaan Work From Home Untuk Keluarga Bahagia

Nah sebagai teman-teman penggemar game, bagaimana saat sedang bermain bersama? Apakah ada etika juga di dalamnya? Tentu saja, mau dimanapun kita wajib melaksanakan etika. Sikap kita dalam bermain game itu adalah cerminan kita dalam kehidupan sehari-hari. Lantas apa saja etika yang perlu kita lakukan ketika sedang bermain game? Yuk kita simak!

Etika bermain game
Bermain game harus dengan etika juga lho | Source: Love to Know

Jangan Menyakiti Lawan

Tujuan kita bermain adalah having fun. Bagaimana orang lain yang ikut bermain bisa merasa senang jika mereka merasa tersakiti oleh tingkah kita yang menyebalkan? Oleh karena itu, janganlah melakukan hal yang bisa menyakiti lawan bermain seperti mengejek, merendahkan dan lain sebagainya. Mungkin jika bermain sendirian, baik board game maupun video game, hal ini tidak akan berlaku. Akan tetapi, hal ini berlaku untuk permainan yang juga melibatkan orang lain di dalamnya. Apalagi kebanyakan board game harus dimainkan bersama-sama.

Menang dan Kalah Itu Biasa

Dalam sebuah permainan, menang dan kalah itu hal yang biasa. Kita tidak perlu melakukan tindakan yang menunjukkan ingin menang sendiri. Lakukan saja strategi yang bisa memberi kita kesempatan untuk menang lebih besar, bahkan dengan hal itu kita bisa lebih kreatif dan cermat dalam bermain game yang bisa memberi kita kesempatan menang lebih besar.

Bermain Sportif!

Ingat! Dalam bermain game dilarang sekali untuk berbuat curang (cheating). Hal ini selain membuat permainan tidak seimbang, juga akan membuat kita terlihat rendah di mata para gamer. Oleh karena itu, hindari bermain secara curang.

Nah, itu lah beberapa etika ketika kita sedang bermain game. Apapun kegiatan yang kita lakukan, etika itu sangat penting untuk menjaga kehidupan sosial antar-manusia. Apakah ada hal lain yang menurut kamu penting untuk dilakukan saat bermain game? silakan sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.

*artikel ini sudah diterbitkan sebelumnya dengan judul “3 Hal ini Perlu Kamu Lakukan Dalam Bermain Game Untuk Menjaga Etika” oleh Rizal Ziz pada 5 Agustus 2015.

You may also like