innoSPIEL 2020! Ini Dia Nominasi Board Game Paling Inovatif

innoSPIEL 2020! Ini Dia Nominasi Board Game Paling Inovatif

Salah satu masalah terbesar saat kita ingin membeli board game adalah kita bingung mau beli yang mana saking banyaknya. Ada beberapa hal yang mempengaruhi keputusan membeli, antara lain: pernah memainkannya, sudah membaca atau melihat video review, atau karena board game tersebut mendapat penghargaan. Penghargaan seperti Spiel des Jahres, Golden Geek Awards, Deutscher Spielepreis dan innoSPIEL 2020 benar-benar meningkatkan penjualan dari board game yang masuk dalam nominasi, terlebih lagi menjadi pemenang.

Bicara innoSPIEL 2020, para nominasi dari penghargaan ini cukup unik karena para juri benar-benar mencari board game yang memang memiliki keunikan tersendiri dan inovatif. Seperti tahun lalu misalnya, pemenang dari innoSPIEL2018 adalah Ice Runnings di mana pemain harus menggerakkan balok es sebelum mereka mencair.

Baca juga: Ada Impostornya! 10 Board Game Ala-Ala Among Us

Lalu bagaimana dengan tahun ini? Berikut tiga nominasi dari innoSPIEL 2020:

Palm Island

Jumlah pemain: 1-2 orang
Durasi: 15 menit
Rekomendasi usia: 10 tahun ke atas

Di sini pemain akan membentuk pulau dari setumpuk kartu yang hanya berjumlah 17 cukup di telapak tangan mereka. Ya! Pemain bisa mengumpulkan kayu, ikan, dan batu untuk memperbaharui bangunan tanpa meletakkannya di atas meja, cukup di telapak tangan dalam 8 ronde.

Setiap ronde pemain akan menemukan dilema seperti: kartu mana yang perlu digunakan untuk memasok bahan mentah, dan mana yang ingin di-upgrade? Menyajikan permainan yang ringkas, Palm Island bisa dimainkan sendirian, berdua dengan mode kompetisi maupun mode kerjasma.

Pernyataan Juri:
Palm Island menjanjikan apa yang tertulis dalam judul kecilnya “Take Your Island With You” atau bawa pulaumu bersamamu. Ini benar-benar luar biasa – dapat dimainkan di ruang kecil sekalipun. Dari hanya 17 kartu permainan dapat menciptakan sebuah pulau, kartunya juga sangat bervariasi. Mereka dapat diperbaharui dan memiliki hingga empat nilai berbeda karena ada dua bagian (depan dan belakang) yang dirancang dengan cerdik.

Palm Island dapat dikelola, namun rumit. Mudah dipahami, namun menuntut. Saat setiap kartu dimainkan, kami membuat keputusan, harus mengingat kartu sebelumnya dan kartu berikutnya, dan membangun pulau yang lebih kuat secara bergiliran. Permainan ini memberikan sentuhan baru dalam mekanik deck-building dengan memutar dan membalik kartu. Dan Palm Island bekerja baik dalam mode solo maupun kooperatif.

Root

Jumlah pemain: 2-4 orang
Durasi: 60-90 menit
Rekomendasi usia: 10 tahun ke atas

ROOT adalah game tentang hewan-hewan lucu dengan setting hutan. Di balik keimutan hewan-hewan ini, mereka rupanya saling bertarung untuk memperjuangkan tujuan hidup mereka. Kucing-kucing ingin mengeksploitasinya secara industri, burung-burung menginginkan kekuasaan leluhur mereka kembali, sebuah aliansi merencanakan revolusi melawan kondisi yang ada, dan pengembara mencoba untuk mempermainkan mereka semua dan muncul sebagai pemenang dari perselisihan.

Setiap pemain mengambil salah satu peran dari faksi hewan di atas dan memanfaatkan hutan dengan cara yang berbeda untuk mendapatkan dominasi. Root adalah gim strategis dengan aturan rumit dan berbagai kemungkinan. Peran dan cara main yang berbeda setiap faksi menciptakan interaksi permainan yang sangat tinggi.

Pernyataan Juri:
Root bukan hanya permainan asimetris yang sukses; ini menggabungkan beberapa gaya permainan berbeda dalam satu papan. Root lebih dari sekedar permainan strategi. Di dalamnya juga ada gaya permainan khas Eropa, permainan perdagangan, dan ini adalah permainan membangun geladak. Permainannya benar-benar berbeda untuk setiap faksi, tetapi semua mekanisme ini saling terkait secara apik oleh perancangnya dengan cara yang hampir sempurna.

Setiap pemain memiliki tujuan mereka sendiri, aturan mereka sendiri, menggunakan materi permainan yang identik dengan cara khusus mereka sendiri dan berinteraksi dengan sesama pemain dengan cara yang berbeda. Gaya bermain yang sangat berbeda dari masing-masing faksi belum pernah terlihat sebelumnya di meja main, tetapi menghasilkan keseluruhan permainan yang harmonis dan nuansa yang sempurna, berkat komponen, kualitas produksi dan desain yang sangat baik.

TEAM3

Jumlah pemain: 3-6 orang
Durasi: 30 menit
Rekomendasi usia: 14 tahun ke atas

TEAM3 seperti pepatah tiga monyet bijak: tidak melihat kejahatan; tidak mendengar kejahatan, dan tidak berbicara kejahatan (see no evil, hear no evil, speak no evil). Dan ketiganya sekarang harus mendirikan bangunan berupa balok 3D bersama-sama hanya dalam tiga menit? Tantangan yang menarik bukan?.

Sepuluh balok 3D harus disusun sedemikian rupa menjadi satu kesatuan sesuai dengan yang tergambar di kartu tugas. Ada tiga peran di sini:

  1. Arsitek yang mengetahui denah bangunan, namun tidak diperbolehkan mengatakan apa-apa,
  2. Pengelola lapangan, yang seharusnya menjelaskan apa yang perlu dilakukan, hanya dapat melihat arsitek yang menggerakkan tangan sesukanya
  3. Pekerja konstruksi, yang pada akhirnya diharapkan mampu membangun balok tanpa melihat.

Hanya tim yang bersinergi dengan baik yang akan mampu menyelesaikan kartu tugas dan menang melawan tim pesaing.

Pernyataan Juri:
TEAM3 menciptakan kembali pembentukan kerjasama tim di meja main. Ide dasar dari permainan ini sangat sederhana sehingga siapapun dapat bertanya: “Mengapa belum ada yang memikirkan mekanik ini sebelumnya?” TEAM3 mengambil prinsip Chinese Whispers, seperti estafet tetapi menghilangkan kemampuan sensorik dari setiap peran yang biasanya penting untuk berkomunikasi.

Dengan batasan-batasan yang diterapkan dengan sangat cerdik ini, ketiga anggota tim harus menyatukan diri dan menciptakan unit kerja yang harmonis. Meski demikian, mereka dituntut untuk menemukan cara baru berkomunikasi dan menciptakan bahasa mereka sendiri selama permainan, yang harus cukup tanpa sepatah kata pun diucapkan.

Biasanya pemenangnya diumumkan di pameran SPIEL di kota Essen, Jerman. Dikarenakan tahun ini SPIEL ditiadakan dan maka pemenang tahun innoSPIEL 2020 akan diumumkan tanggal 22 Oktober 2020 di platform online SPIEL.digital.

Nah, bagaimana menurut pembaca sekalian dari tiga judul yang masuk nominasi innoSPIEL 2020? Mana yang nampak paling unik dan inovatif? Yuk share!

You may also like