Inilah 3 Board Game Unik dan Inovatif yang Masuk dalam Nominasi innoSPIEL 2018

Inilah 3 Board Game Unik dan Inovatif yang Masuk dalam Nominasi innoSPIEL 2018

Setiap tahun, penerbit-penerbit board game dari mancanegara selalu mengeluarkan game barunya. Dalam ajang pameran seperti Essen SPIEL saja, sekitar 1.000 judul board game dipamerkan di sana. Mungkin setengahnya adalah judul-judul baru.

Dari sekian banyak judul, beberapa hadir dengan beragam keunikan. Ada juga yang inovatif, menghadirkan mekanik, cara main atau nuansa yang berbeda dengan game-game yang pernah ada. Sedari tahun 2017, bersama dengan pelaksana ajang SPIEL, Friedhelm Merz Verlag, meluncurkan innoSPIEL – sebuah penghargaan yang akan diberikan untuk game-game dengan karakteristik yang unik dan inovatif.

Tahun lalu, Magic Maze dinobatkan menjadi peraih innoSPIEL yang pertama. Tahun ini tentu ada kandidat baru, ada apa saja? Berikut nominasi innoSPIEL 2018:Ā 

BONK

Dalam permainan BONK, pemain mencoba mendorong bola kayu yang lebih besar ke gawang lawan menggunakan bola baja kecil. Sejumlah 2-4 pemain bersaing satu sama lain sebagai tim. Setiap pemain memberikan bola baja mengikuti momentum menggunakan seluncuran.

Bonk nominasi innoSPIEL 2018

Permukaan area permainan yang lembut melengkung menjadikan pemain akan sulit membidik. Bola kayu harus disundul dengan baik jika ingin menggulung ke bagian lawan. Tim pertama yang mencetak lima gol, menang. BONK dirancang oleh David Harvey, diterbitkan oleh Game Factory. 2-4 pemain berusia 8 tahun ke atas dapat memainkannya.

Cool Runnings

Cool Runnings adalah permainan kejar-kejaran di mana empat pesaing berlomba ke garis finis. Komponen dalam game dapat digerakkan menggunakan kartu aksi. Memiliki fitur utama yang menarik, yaitu pemain menggunakan es batu sungguhan sebagai bidak.

Penjadi yang pertama masuk finis bukan hal yang paling penting. Saat finis harus masih ada yang tersisa dari es batu. Dalam perjalanannya menuju garis akhir, es batu akan terus-menerus terkena musibah: lawan mungkin meniupnya, menaburkan garam di atasnya, atau menyiramnya dengan air dari pipet. Game ini dibuat oleh Olivier Mahy dan dikeluarkan oleh RavensburgerĀ untuk 2-4 pemain dari usia 8 tahun.

The Mind

Hanya dengan seratus kartu (dengan angka 1 hingga 100), beberapa kartu nyata dan joker akan membuat syaraf-syaraf di otakmu berdenyut. Tujuan dari game ini adalah memainkan kartu dari angka kecil ke besar. Masalahnya, saat memainkan kartu pemain dilarang saling berkomunikasi, atau memberikan petunjuk.

Pada awalnya, masing-masing pemain (maksimal 4 pemain) memiliki satu kartu di tangan mereka di tingkat satu, dua kartu di tingkat dua dan seretusnya hingga yang tertinggi tingkat 12. Satu per satu nyawa akan hilang saat ada pemain yang memiliki kartu lebih rendah dari yang sudah dikumpulkan di tengah. The Mind yang diciptakan oleh Wolfgang Warsch ini juga pernah masuk dalam nominasi Spiel des Jahres 2018. Dirilis oleh NĆ¼rnberger Spielkarten Verlag (NSV). Dapat dimainkan untukĀ 2-4Ā pemain dengan usia 8 tahun ke atas.

Pengumuman board game mana yang akan dipilih jury sebagai penyandang penghargaan innoSPIEL 2018 akan diumumkan di ajang konferensi pers SPIEL 2018 tanggal 24 Oktober 2018 di Jerman.

You may also like