Budaya Tawar Menawar Bangsa Tiongkok Yang Menjadikan Dikenal Pintar Berdagang

Budaya Tawar Menawar Bangsa Tiongkok Yang Menjadikan Dikenal Pintar Berdagang

  • Opini
  • December 5, 2015
  • 223
  • 2 minutes read

Tentu saja tulisan ini bukan untuk mengagung-agungkan bangsa Tiongkok. Kita hanya perlu banyak belajar sisi positif dari setiap bangsa dan budaya dari negeri tetangga.

Bangsa Tiongkok memang dikenal memiliki etos kerja yang baik dan pekerja keras. Beberapa prinsip yang sering kita dengar adalah bangsa Tiongkok selalu mengusahakan untuk hemat, mereka selalu berpikir bahwa masa depan selalu tidak pasti, bekerja keras, dan berani ambil resiko.

null

Hal yang paling menarik bisa kita pelajari dari bangsa Tiongkok adalah cara mereka berdagang. Bangsa Tiongkok sudah tidak aneh dengan kegiatan tawar menawar. Mungkin bagi kita sebagai penjual, kegiatan tawar menawar itu adalah sebuah kegiatan yang justru kurang menguntungkan dan hanya menghabis-habiskan waktu saja. Padahal bagi mereka, dengan adanya kegiatan tawar menawar itu, bisa menjadikan hati para pelanggan senang dan tentu saja akan memberikan harga terbaik bagi pelanggan.

Chinatown, Tawar Menawar ala Bangsa Tiongkok

Kitapun juga bisa mempelajari atau bahkan menerapkan budaya tawar menawar tersebut di sebuah board game yang berjudul Chinatown. Chinatown adalah sebuah board game dengan tema perdagangan ala Tiongkok.

Pada board game ini, hal yang paling harus kamu kuasai adalah kemampuan tawar menawar dengan para pemain lain. Kamu bisa menukar uang yang kamu miliki dengan properti milik lawan main, jika lawan main tidak mau, maka lakukanlah negosiasi atau tawar menawar, agar tercipta sebuah kesepakatan dalam berbisnis.

Kamu terinspirasi dari sifat bangsa Tiongkok yang positif ini? Yuk share!

You may also like