9 Board Game Ini Bisa Bantu Kamu Lebih Jago Jalankan Bisnis atau Memulai Startup

  • Opini
  • August 23, 2019
  • 90
  • 14 minutes read

Ledakan tren startup mendorong lahirnya banyak pemain-pemain baru di dunia bisnis. Pintar berbisnis tentunya menjadi keharusan seorang pemimpin untuk membangun startup.

Berikut ini adalah beberapa kompilasi board game yang akan menarik dimainkan oleh kamu yang ingin memulai berbisnis. Selain menambah wawasan, board game ternyata tidak hanya mampu menjadi media hiburan dan alat menjalin komunikasi tetapi juga memberikan kita ilmu bisnis.

Berikut 9 board game seru yang tepat untuk kamu yang mau memulai menjalankan bisnis atau startup:

Baca juga: Kaget! Main Board Game Ternyata Jadi Bisa Paham Bisnis [Wawancara]

1. Acquire

acquire-board-game startup


Acquire adalah sebuah board game yang secara baik dapat menyampaikan konsep investasi. Tiap pemain dengan hati-hati melakukan investasi dalam bisnis, dan berusaha untuk tetap mempertahankan status mayoritas. Setelah bisnis mulai berkembang, mereka pun mulai melakukan merger, memberi keuntungan bagi para pemegang saham. Pemain yang terkaya di akhir permainan kemudian keluar sebagai pemenang.

Intrik dalam memilih perusahaan untuk diberi investasi, membesarkannya, dan merger akan memberi gambaran umum dan wawasan yang menarik kepada teman-teman startup dalam memposisikan diri sebagai investor.

2. Chinatown

chinatown-board-game- startup

Game ini dipublikasikan di tahun 1999, dengan menitikberatkan pada gameplay negoisasi. Para pemain yang berperan sebagai pedagang, berlomba-lomba untuk membuka toko sebanyak dan seefektif mungkin di daerah Chinatown.

Menariknya, fase negoisasi dalam game Chinatown berlangsung lepas dan terbuka. Perang mulut, tawar-menawar, dan kemampuan negoisasi dipastikan terjadi, dengan seru dan menyenangkan tentunya.

Kamu bisa mendapatkan Chinatown di Tokopedia seharga Rp785.000.

3. Puerto Rico

puerto-rico-board-game

Board game yang satu ini memiliki sederet prestasi sebagai board game terbaik. Penghargaan seperti Deutscher Spiele Preis Best Family/Adult Game, Japan Boardgame Prize Best Advanced Game Winner, Meeples’ Choice Award, International Gamers Awards – General Strategy; Multi-player Winner, Nederlandse Spellenprijs Winner, Hra roku Winner, dan Gra Roku Game of the Year adalah beberapa penghargaan yang diterima game karya Andreas Seyfarth ini.

Puerto Rico melatih kemampuan pemain dalam resource management dan analisis market power. Untuk startup, sudah pasti harus memahami kondisi perusahaan dan pasar kan?

Baca juga: Bulan ini! Board Game Puerto Rico Edisi “Mewah” Akan Dirilis

Kamu bisa mendapatkan Puerto Rico di Tokopedia seharga Rp690.000.

4. Greed Incorporated

greed-incorporated-board-game

Game yang satu ini mengajak pemain untuk mengelola perusahaan sebaik-baiknya dan memahami kesehatan perusahaan yang dipimpinnya. Tertarik?

Greed Incorporated adalah permainan kejahatan perusahaan dan eksekutif serakah. Pemain menjalankan satu atau lebih perusahaan dan membuat laporan akuntansinya terlihat sebaik mungkin, menggunakan setiap trik, baik yang sesuai aturan maupun yang melenceng. Pastikan untuk meninggalkan perusahaan di waktu yang tepat dan mendapatkan bonus sebanyak-banyaknya.

5. Power Grid

power-grid-board-game

Pernah bercita-cita untuk memulai bisnis di bidang energi? Game berjudul Power Grid ini adalah pilihan yang tepat. Pemain berlomba-lomba mengelola industri energi dengan membangun pembangkit dan jalur distribusi seefisien mungkin. Tapi harus diingat pula, setiap pembangkit memiliki bahan baku yang persediannya terbatas dan makin menipis.

Board game karya desainer Jerman, Friedeman Friese ini dengan baik menyampaikan konsep supply & demand kepada pemainnya. Untuk startup yang memainkan Power Grid harus ingat: makin menipis persediaan barang di pasar, makin mahal barang tersebut.

Kamu bisa mendapatkan Power Grid di Tokopedia seharga Rp690.000.

6. Age of Industry

age-of-industry-board-game

Membangun dan menyeimbangkan ekosistem sangatlah penting dalam berbisnis, tidak terkecuali bagi startup. Pemahaman terhadap ekosistem industri yang dimasuki menjadi hal yang wajib untuk dipelajari.

Age of Industry diluncurkan di tahun 2010. Dalam board game ini, pemain melakukan investasi dalam produksi bahan baku, manufaktur barang, dan pembangunan jaringan transportasi menuju pasar.

7. Imperial 2030

imperial-2030-board-game

Lambat laun, startup yang berkembang akan mulai membidik pasar global. Tapi bagaimana sih mekanisme yang terjadi dalam pasar global?

Desainer Mac Gerdts mendesain Imperial 2030 untuk menjawab hal itu. Enam negara adidaya di tahun 2030 (AS, Uni Eropa, Rusia, Cina, India, dan Brasil) bersaing membangun industri dan militer untuk menjadi negara yang paling berkuasa. Uniknya, gerakan dan tindakan dari negara-negara ini diatur oleh investor yang ada di balik layar. Di sinilah peran para pemain!

Kamu bisa mendapatkan Imperial 2030 di Tokopedia seharga Rp910.000.

8. Pipeline

Pipeline startup

Membutuhkan 2-4 orang, di sini pemain adalah pimpinan sebuah perusahaan minyak yang berlomba memperbesar bisnis mereka. Kumpulkan keuntungan dengan membeli minyak mentah dan menyaringnya hingga menjadi minyak bernilai tinggi di pasaran.

Tak hanya itu, kamu pun harus menjaga konstruksi jaringan pipa milikmu, agar proses penyaringan berjalan efisien dan bisa mendapat untung yang lebih besar. Nantinya pemain yang bisa mengumpulkan kekayaan terbesar resmi keluar sebagai pemenang.

Baca juga: Pipeline, Belajar Bisnis Perminyakan Dalam Game Terbitan Capstone Games

Kamu bisa mendapatkan Pipeline di Tokopedia seharga Rp1.500.000.

9. Business Craft

belajar inovasi startup

Bisnis adalah soal kompetisi. Untuk bisa lebih unggul dari para kompetitor sangat penting untuk melakukan inovasi. Inovasi bisa membawa perusahaan naik kelas jika dilakukan dengan tepat. Pastinya, melakukan inovasi bukan hal yang mudah, butuh riset dan juga budget yang tidak kecil.

Baca juga: Wow! Main Main Business Craft Ternyata Bisa Bikin Kamu Paham Bisnis Inovasi [Wawancara]

Business Craft menawarkan sesi permainan berbasis simulasi bisnis di mana para pemain seolah-olah akan menjalankan bisnis. Setiap perusahaan bisa mencoba memanfaatkan kartu inovasi untuk mengungguli kompetitor. Menariknya, karena permainan ini berbasis simulasi, pemain bisa mencoba berbagai strategi bisnis tanpa resiko. Jelas, pemain/perusahaan berusaha meraup untung sebesar-besarnya untuk menjadi pemenang.

Business Craft bisa didapatkan melalui www.businesscraftgame.com

Nah seru-seri kan semuanya! Menurutmu, dari 9 judul board game di atas mana yang paling menarik? Sudah siap untuk menjadi pebisnis handal? Yuk share!

Artikel ini merupakan pembaharuan dari artikel dengan judul “” yang ditulis oleh Rizal Ziz pada tanggal

You may also like