10 Board Game yang Ajarkanmu Berbisnis atau Membangun Startup

10 Board Game yang Ajarkanmu Berbisnis atau Membangun Startup

Salah satu dampak dari merebaknya pandemi Covid-19 ini adalah melesunya perekonomian secara global. Di beberapa berita, pihak yang dikabarkan paling terdampak adalah para pengusaha, pebisnis atau mereka yang memiliki usaha. Tak sedikit yang harus tutup sementara karena mendukung aksi #dirumahaja. Ada pula yang pailit atau malah menemukan peluang usaha baru dengan berjualan masker, disinfektan atau lain sebagainya.

Bisa jadi setelah situasi dan kondisi pandemi ini mereda, kamu juga bisa memulai berbisnis. Pertanyaannya, dari mana kamu menempa ilmu bisnis? Ikut seminar/workshop mahal, kalau paling-paling kelas online. Itu pun biasanya juga teori, tidak didukung dengan praktek.

Nah! Daripada bingung bagaimana kalau kamu belajar berbisnis dengan cara yang menyenangkan, yaitu bermain board game. Jangan salah, meskipun lewat bermain kamu bisa menggali berbagai insight tentnag bisnis. Plus, minimal kamu dapat gambaran kondisi bagaimana bisnis dijalankan saat bermain. Jadi siapa tahu pelajaran yang kamu dapat setelah bermain bisa memberimu bekal pengetahuan untuk memulai berbisnis atau membangun startup.

Baca juga: Kaget! Main Board Game Ternyata Jadi Bisa Paham Bisnis [Wawancara]

Berikut 10 board game seru yang tepat untuk kamu yang mau memulai berbisnis:

1. Incan Gold

Incan Gold menjadi salah satu judul board game yang tepat untuk memulai belajar berbisnis. Sebenarnya, board game ini bukanlah tentang bisnis. Namun, board game yang juga dikenal dengan judul Diamant ini akan memberikanmu sense terkait risiko. Tentunya semua bisnis yang dijalankan memiliki risiko kan?!

Di sini pemain akan diajak berburu harta. Di setiap aksinya, pemain akan diminta untuk tetap mencari harta yang lebih berharga dengan risiko gagal jika bertemu rintangan yang sama atau pulang ke perkemahan untuk menyimpan harta yang kamu temukan.

Baca juga: Resep Main Incan Gold, Belajar Mengenal Risiko dan Berani Mengambil Keputusan

2. Acquire

acquire-board-game startup


Acquire adalah sebuah board game yang secara baik dapat menyampaikan konsep investasi. Tiap pemain dengan hati-hati melakukan investasi dalam bisnis, dan berusaha untuk tetap mempertahankan status mayoritas. Setelah bisnis mulai berkembang, mereka pun mulai melakukan merger, memberi keuntungan bagi para pemegang saham. Pemain yang terkaya di akhir permainan kemudian keluar sebagai pemenang.

Intrik dalam memilih perusahaan untuk diberi investasi, membesarkannya, dan merger akan memberi gambaran umum dan wawasan yang menarik kepada teman-teman startup dalam memposisikan diri sebagai investor.

3. Chinatown

belajar berbisnis dengan Chinatown

Game ini dipublikasikan di tahun 1999, dengan menitikberatkan pada gameplay negoisasi. Para pemain yang berperan sebagai pedagang, berlomba-lomba untuk membuka toko sebanyak dan seefektif mungkin di daerah Chinatown.

Menariknya, fase negoisasi dalam game Chinatown berlangsung lepas dan terbuka. Perang mulut, tawar-menawar, dan kemampuan negoisasi dipastikan terjadi, dengan seru dan menyenangkan tentunya.

Baca juga: Mengenal Budaya Tawar-Menawar Bangsa Tiongkok, Kegiatan Yang Buat Mereka Pintar Berdagang

Kamu bisa mendapatkan Chinatown di Tokopedia seharga Rp785.000.

4. Puerto Rico

berbisnis dengan Puerto Rico

Board game yang satu ini memiliki sederet prestasi sebagai board game terbaik. Penghargaan seperti Deutscher Spiele Preis Best Family/Adult Game, Japan Boardgame Prize Best Advanced Game Winner, Meeples’ Choice Award, International Gamers Awards – General Strategy; Multi-player Winner, Nederlandse Spellenprijs Winner, Hra roku Winner, dan Gra Roku Game of the Year adalah beberapa penghargaan yang diterima game karya Andreas Seyfarth ini.

Puerto Rico melatih kemampuan pemain dalam resource management dan analisis market power. Untuk startup, sudah pasti harus memahami kondisi perusahaan dan pasar kan?

Kamu bisa mendapatkan Puerto Rico di Tokopedia seharga Rp690.000.

5. Greed Incorporated

greed-incorporated-board-game

Game yang satu ini mengajak pemain untuk mengelola perusahaan sebaik-baiknya dan memahami kesehatan perusahaan yang dipimpinnya. Tertarik?

Greed Incorporated adalah permainan kejahatan perusahaan dan eksekutif serakah. Pemain menjalankan satu atau lebih perusahaan dan membuat laporan akuntansinya terlihat sebaik mungkin, menggunakan setiap trik, baik yang sesuai aturan maupun yang melenceng. Pastikan untuk meninggalkan perusahaan di waktu yang tepat dan mendapatkan bonus sebanyak-banyaknya.

6. Power Grid

power-grid-board-game

Pernah bercita-cita untuk memulai bisnis di bidang energi? Game berjudul Power Grid ini adalah pilihan yang tepat. Pemain berlomba-lomba mengelola industri energi dengan membangun pembangkit dan jalur distribusi seefisien mungkin. Tapi harus diingat pula, setiap pembangkit memiliki bahan baku yang persediaannya terbatas dan makin menipis.

Board game karya desainer Jerman, Friedeman Friese ini dengan baik menyampaikan konsep supply & demand kepada pemainnya. Untuk startup yang memainkan Power Grid harus ingat: makin menipis persediaan barang di pasar, makin mahal barang tersebut.

Kamu bisa mendapatkan Power Grid di Tokopedia seharga Rp690.000.

7. Age of Industry

age-of-industry-board-game

Membangun dan menyeimbangkan ekosistem sangatlah penting dalam berbisnis, tidak terkecuali bagi startup. Pemahaman terhadap ekosistem industri yang dimasuki menjadi hal yang wajib untuk dipelajari.

Age of Industry diluncurkan di tahun 2010. Dalam board game ini, pemain melakukan investasi dalam produksi bahan baku, manufaktur barang, dan pembangunan jaringan transportasi menuju pasar.

8. Imperial 2030

imperial-2030-board-game

Lambat laun, startup yang berkembang akan mulai membidik pasar global. Tapi bagaimana sih mekanisme yang terjadi dalam pasar global?

Desainer Mac Gerdts mendesain Imperial 2030 untuk menjawab hal itu. Enam negara adidaya di tahun 2030 (AS, Uni Eropa, Rusia, Cina, India, dan Brasil) bersaing membangun industri dan militer untuk menjadi negara yang paling berkuasa. Uniknya, gerakan dan tindakan dari negara-negara ini diatur oleh investor yang ada di balik layar. Di sinilah peran para pemain!

Kamu bisa mendapatkan Imperial 2030 di Tokopedia seharga Rp910.000.

9. Pipeline

Pipeline startup

Membutuhkan 2-4 orang, di sini pemain adalah pimpinan sebuah perusahaan minyak yang berlomba memperbesar bisnis mereka. Kumpulkan keuntungan dengan membeli minyak mentah dan menyaringnya hingga menjadi minyak bernilai tinggi di pasaran.

Tak hanya itu, kamu pun harus menjaga konstruksi jaringan pipa milikmu, agar proses penyaringan berjalan efisien dan bisa mendapat untung yang lebih besar. Nantinya pemain yang bisa mengumpulkan kekayaan terbesar resmi keluar sebagai pemenang.

Kamu bisa mendapatkan Pipeline di Tokopedia seharga Rp1.500.000.

10. Business Craft

berbisnis dengan Business Craft

Bisnis adalah soal kompetisi. Untuk bisa lebih unggul dari para kompetitor sangat penting untuk melakukan inovasi. Inovasi bisa membawa perusahaan naik kelas jika dilakukan dengan tepat. Pastinya, melakukan inovasi bukan hal yang mudah, butuh riset dan juga budget yang tidak kecil.

Baca juga: Wow! Main Main Business Craft Ternyata Bisa Bikin Kamu Paham Bisnis Inovasi [Wawancara]

Business Craft menawarkan sesi permainan berbasis simulasi bisnis di mana para pemain seolah-olah akan menjalankan bisnis. Setiap perusahaan bisa mencoba memanfaatkan kartu inovasi untuk mengungguli kompetitor. Menariknya, karena permainan ini berbasis simulasi, pemain bisa mencoba berbagai strategi bisnis tanpa resiko. Jelas, pemain/perusahaan berusaha meraup untung sebesar-besarnya untuk menjadi pemenang.

Business Craft bisa didapatkan melalui www.businesscraftgame.com

Baca juga: Wow! Main Main Business Craft Ternyata Bisa Bikin Kamu Paham Bisnis Inovasi [Wawancara]

Nah seru-seru kan semuanya! Ada yang sudah pernah coba? Menurutmu, dari 9 judul board game di atas mana yang paling menarik? Sudah siap untuk menjadi pebisnis handal? Yuk share!

Oiya, dengar-dengar akan ada satu board game asli Indonesia yang tentunya penting dalam menjalankan bisnis. Ada board game XYZ tentang kepemimpinan dari Kummara Game Studio, tema yang pastinya diperlukan bila kamu memiliki tim dalam berbisnis.

Jangan lupa, Boardgame.id juga punya lebih dari 10 judul board game Indonesia yang bisa kamu beli dan mainkan di rumah. Bisa dipesan online, yuk intip ada board game apa saja yang tersedia di halaman katalog berikut ini:

You may also like