Board Game Tentang Wanita-Wanita yang Mengubah Dunia Ini Dibuat oleh Seorang Ibu

Board Game Tentang Wanita-Wanita yang Mengubah Dunia Ini Dibuat oleh Seorang Ibu

Zuzia Kozerska-Girard, seorang ibu asal Polandia, ingin menyuarakan apresiasinya tentang pencapaian-pencapaian hebat yang dilakukan oleh wanita-wanita terhebat di dunia. Hal inilah yang mendasarinya untuk merancang board game berjudul “Who’s She?”. Permainan tebak-tebakan ini merupakan modifikasi dari “Guess Who?”, sebuah board game klasik yang rilis pada tahun 1970.

Baca juga: Belajar (dan Beribadah) Bersama Anak Lewat Bermain Game, Mungkinkah?

‘Who’s She?’ adalah permainan untuk dua pemain. Dimainkan dengan cara melempar pertanyaan secara bergantian untuk mengetahui siapa tokoh wanita yang dipegang oleh lawan. Pemain yang lebih dulu menebak dengan benar akan menjadi pemenang.

Apapun bisa ditanyakan, termasuk menanyakan informasi yang tersebar di dalam permainan. Misalnya pemain bisa mengajukan pertanyaan seperti pencapaian tokoh, tentang riwayat hidup, asal, pekerjaan, atau apapun. Namun ada hal-hal yang tidak boleh ditanyakan, ini terkait penampilan si tokoh. Jadi menanyakan warna rambut tidak diperkenankan.

Zuzia menetapkan aturan ini karena Ia tidak ingin orang-orang justru menilai wanita dari penampilannya. Karena dalam wawancaranya bersama reporter DW, Ia mengaku anak gadisnya sendiri yang masih kecil pernah mendapati anaknya diremehkan dan dibanding-bandingkan.

“Ide dasar dari ‘Who’s She?’ adalah untuk menginspirasi perempuan-perempuan muda agar mereka berani menunjukkan apa yang mereka bisa, apa yang mereka mau dengan belajar dari wanita-wanita hebat di dunia yang pernah ada,” Ungkap Zuzia.

Dalam merancang ‘Who’s She?’, Zuzia melakukan riset yang luar biasa. Ia mengumpulkan 400 biografi wanita-wanita hebat karena Ia ingin board game rancangannya menghadirkan beragam wanita dari berbagai pekerjaan, budaya dan zaman.

Wanita hebat

Lalu terpilihlah 28 wanita yang perannya mampu mengubah dunia dalam board game ‘Who’s She?’ lengkap dengan biografi dalam anekdot yang unik tentang kehidupan wanita-wanita tersebut. Ada Serena Williams, Frida Kahlo, Marie Curie dan lainnya.

Karyanya ini pun sukses menggalang dana di situs Kickstarter menjelang akhir 2018 lalu. Kalau dirupiahkan, ‘Who’s She?’ berhasil mengumpulkan 9 Milyar Rupiah dari 6.745 pendukung. Permainan tersebut tersedia dalam dua versi yaitu versi karton yang dijual dengan harga Rp300.000,- dan versi kayu seharga 1,3 Juta Rupiah. Jika kamu tertarik, kamu bisa memesannya melalui situs Playress.

“Saya percaya jika seorang perempuan memiliki panutan wanita yang tangguh, Ia pasti akan semakin mencoba mengikuti sosok tersebut.” Ujar Zuzia kepada DW.

Boardgame.id juga punya beraneka judul board game asli Indonesia yang tak kalah seru yang bisa kamu beli dan mainkan di rumah lho. Board game-nya bisa dipesan online, yuk intip ada board game apa saja yang tersedia di halaman katalog berikut ini:

You may also like