Inspiratif! Ibu Ini Bukukan Pengalaman Keluarganya Main Board Game

Inspiratif! Ibu Ini Bukukan Pengalaman Keluarganya Main Board Game

Siapa sangka rutinitas bermain board game di akhir pekan bersama keluarga ternyata membawa pengaruh positif. Setidaknya rutinitas ini telah dijalankan oleh Ellie Dix. Ibu dari dua orang anak laki-laki ini sekarang menerapkan semua pemahamannya tentang perilaku, pengalamannya dengan gamifikasi, keterampilan mengajar dengan membantu orang tua lainnya untuk memperkenalkan board game ke dalam kehidupan keluarga mereka.

Sehari-hari, Ellie adalah guru dan pendidik. Sebelumnya Ia adalah seorang pemilik sekaligus direktur di Pivotal Education, tim spesialis perilaku sekolah terbesar di Inggris. Pivotal telah membantu ribuan guru mengubah ruang kelas mereka dan meningkatkan hasil bagi pelajar di sana.

Baca juga: Keluarga Asal Surabaya Ini Ajak Anak Main Board Game Untuk Kurangi Ketergantungan Gadget

Sejak April 2019, Ellie beralih mengasuh The Dark Imp, sebuah perusahaan board game yang Ia dirikan sendiri. Ellie percaya board game adalah media yang mampu menangkal distraksi penggunaan gawai yang tidak sehat. Menurutnya, board game juga telah menjadi sarana untuk keluarga yang ingin lebih merasa bahagia dan lebih sosial antar anggota keluarganya.

“Saya mendirikan The Dark Imp dengan tujuan membuat lebih banyak keluarga memainkan board game yang seru. Tujuan saya adalah untuk memberikan permainan brilian dengan cara yang menyenangkan dan tidak terduga.” tutur Ellie Dix.

Ibu Ellie Dix

Ellie Dix telah menyukai board game sejak usia muda. Tidak hanya menjadi pemain, tetapi terkadang Ia juga memodifikasi sedikit aturan yang ada untuk merancang permainannya sendiri. Dia sangat yakin bahwa board game telah secara positif memengaruhi kemampuannya untuk berinteraksi dengan orang lain, belajar dari kegagalan, bekerja secara kreatif dengan sumber daya yang tersedia, bereksperimen dengan berbagai jalur menuju kesuksesan, memecahkan masalah-masalah, beradaptasi dengan perubahan situasi dan membuat keputusan dengan cepat.

Disela-sela kesibukannya merancang game, Ellie pun merilis sebuah buku berjudul “The Board Game Family” dengan subjudul “Reclaim your children from the screen”, yang jika diartikan maksudnya adalah merangkul kembali anak-anak kita yang sudah berketergantungan pada gawai.

Buku tersebut memberikan roadmap untuk mengintegrasikan board game ke dalam kehidupan keluarga, yang diisi dengan cara-cara yang menarik untuk melibatkan bahkan anak-anak yang sudah beranjak dewasa sekalipun dan mengelola sesi bermain yang menyenangkan.

Dalam bukunya, sebagai ibu Ellie berniat untuk membantu orang tua dengan mengundang mereka dan keluarga mereka ke dunia board game yang dimainkan tanpa harus tersambung internet. Manfaat dari permainan papan sangat luas jangkauannya.

“Bermain board game meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif, meningkatkan pemikiran kritis, mengembangkan keterampilan interpersonal, dan menyempurnakan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan kita,” ujarnya.

Dengan mematok manfaat di atas, Ellie menjelaskan bagaimana orang tua dapat melepaskan potensi sebuah board game menjadi guru permainan yang luar biasa – diperlengkap dengan cara menavigasi drama persaingan yang mungkin muncul, menggagalkan penyebab umum pertengkaran dan air mata, dan mengikat kesatuan keluarga yang lebih bahagia dan lebih sosial.

Meski ada “Keluarga” di dalam judul bukunya, Ellie juga merekomendasikan buku ini untuk pimpinan sekolah serta bapak dan ibu guru agar mendapat pemahaman lebih komprehensif dalam mendukung keterlibatan orang tua di proses belajar. Buku The Board Game Family bisa dipesan langsung di situs The Dark Imp seharga Rp200.000 (dikirim dari Inggris) atau lewat Amazon.

Wah, seru dan inspiratif ya! Ingin mengikuti jejak ibu Ellie Dix? Mulai langkah awalmu dengan memiliki board game Indonesia. Melalui Galeri Board Game Indonesia, Boardgame.id menyediakan banyak pilihan board game seru untuk dimainkan bersama keluarga. Lihat katalog selengkapnya di Tokopedia maupun di Shopee berikut ini:

You may also like