Board Game Bunda Cermat Ajarkan Ibu Agar Lebih Berhemat

Board Game Bunda Cermat Ajarkan Ibu Agar Lebih Berhemat

Bagi para ibu, hemat itu menjadi suatu tantangan tersendiri. Sang bunda pasti ingin sekali berbelanja baju, pergi ke salon, nonton bioskop. Di lain sisi, ia juga harus menjaga arus keuangan keluarga, menyisihkan uang untuk bayar cicilan rumah, pendidikan anak dan memastikan perut setiap anggota keluarga tidak berbunyi.

Ternyata banyak ibu-ibu yang masih kesulitan dalam memastikan keuangan keluarga agar tetap aman. Masalah inilah yang kemudian membuat Azisa Noor merancang sebuah board game berjudul Bunda Cermat. Tujuannya tentu agar supaya para ibu lebih pandai mengatur keuangannya.

Wujud Bunda Cermat
Foto: Isa Akbar

Awalnya untuk membantu ibu-ibu agar lebih bisa berhemat, dibuatlah aplikasi. Rupanya saat melakukan survei, apalagi di daerah desa atau pelosok, banyak ibu-ibu yang tidak memiliki handphone. Akhirnya dipilihlah board game sebagai media untuk membantu penyuluhan karena lebih mudah dan seru.

Karena ingin lebih dekat dengan kehidupan yang sesungguhnya, papan permainannya pun dibuat menjadi kalender. Merepresntasikan kehidupan bunda dalam mengatur keuangan keluarga selama satu bulan. Para pemain akan menjadi ibu, yang diberi uang gaji. Kemudian melempar dadu untuk menentukan jumlah langkah.

Sejalannya permainan pemain akan ketemu dengan banyak uang keluar seperti bayar tagihan listrik, uang makan, bayar sekolah anak dan lain-lain. Menariknya, saat bidak berhenti pada kotak bintang pemain akan diberi pilihan untuk mengeluarkan uang demi keperluan pribadinya. Ini yang menjadi jebakan untuk para pemain. Salah-salah uang mereka bisa habis. Belum lagi ada kartu peristiwa yang menyebabkan pemain harus mengeluarkan uang secara tak terduga.

Foto: Isa Akbar

Kedepannya, dengan dana hibah dari Grant Challenges Canada dan dukungan dari Masyarakat Elektronika Kesehatan dan Telemedika Indonesia (MeHTI), board game Bunda Cermat ini akan dicetak. Kemudian harapannya akan dibagikan ke cabang-cabang pelayanan publik seperti puskesmas, posyandu dan lain-lain mereka bisa mengadakan penyuluhan menggunakan board game Bunda Cermat.

“Kami ingin mengajarkan bagaimana ibu-ibu mengatur uang, dengan banyak kejadian tidak terduga, dan sebenarnya mereka juga boleh belanja apa yang ia inginkan tapi uang untuk keluarga tetap harus cukup.” Ujar wanita kelahiran Bandung saat diwawancarai Boardgame.id.

Wah, semakin banyak yang memanfaatkan board game untuk hal yang lebih baik ya! Semoga cepat terealisasikan ya board gamenya.

You may also like