5 Alasan Mengapa Board Game Bisa Membuatmu Jago Berbisnis

5 Alasan Mengapa Board Game Bisa Membuatmu Jago Berbisnis

Bicara soal bisnis sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan game. Setiap game pasti punya tujuan atau objektif, begitu pula saat kamu berbisnis pasti tujuannya menjadi nomor satu. Perasaan saat menjalankan bisnis juga sama dengan game, kamu bisa merasa kesal karena kalah dengan pesaing atau karena produk tidak laku, bisa juga sebaliknya merasa sangat gembira begitu bisnismu lebih unggul dari pesaing. Di dalam berbisnis pun juga punya aturan main, mungkin aturan kerja, SOP atau visi misi yang harus dijaga.

Jadi untuk mengasah keahlianmu berbisnis apakah cukup dengan bermain game? Well, bisa iya bisa tidak. Pada dasarnya game menyediakan lingkungan di mana para pemainnya bisa merasakan suasana berkompetisi, gagal, berhasil, atau berusaha mengejar ketertinggalan sebisa mungkin.

Sayangnya masih banyak organisasi atau perusahaan yang menganggap game adalah sebuah tabu dengan dalih nanti bisa membuat tidak fokus, performa menurun atau kegiatan yang tidak penting. Padahal jika diintip dari kacamata yang lebih positif, game bisa memberikan kesempatan bagaimana berstrategi, mengambil pelajaran dari pengalaman dan kekalahan untuk bisa lebih baik.

Bila kamu masih ragu akan potensi dan manfaat bermain game, termasuk board game dalam mengasah strategimu saat berbisnis. Mungkin kamu perlu membaca 5 alasan di bawah ini mengapa game ataupun board game bisa mengajarimu cara berstrategi, mematangkan konsentrasi agar kamu makin jago berbisnis:

1. Memberikan feedback langsung

Apa yang dilakukan lawan atau hasil dari aksi yang pemain jalankan, semuanya akan berpengaruh ke permainan. Feedback yang ditimbulkan dari aksi-aksi yang sudah dilakukan bisa dimanfaatkan untuk merumuskan strategi baru, mana aksi yang paling efektif untuk menanggapi kondisi ini atau itu.

Hal ini pun juga sudah pernah ditekankan oleh Professor Scot Osterweil dari MIT. Menurutnya, game bisa memberikan ruang para pemainnya untuk belajar lebih giat. Game memberikan ruang untuk gagal berkali-kali tanpa ada yang memarahi untuk kemudian belajar dari kesalahan dan menjadi lebih baik (dalam hal ini memenangkan permainan).

“The game itself give feedback to the player, so they can be better,”

Scot Osterweil, designer & creative director of education arcade of MIT.

Baca juga: Scot Osterweil: Belajar Hal Baru Lewat Bermain Game

2. Memberikan kesempatan dan ruang untuk bereksperimen

Ketika kotak board game dibuka, para pemain akan dibawa ke dunia permainan di mana mereka bebas melakukan apapun sesuai dengan batasan aturan yang ada. Mungkin saja ada yang kesal karena kalah telak, merasa bodoh karena tidak bisa keluar dari juara terakhir, kecewa karena aksi yang harusnya dilakukan di putaran sebelumnya gagal dilakukan. Tapi semuanya dilakukan dengan gembira dan tanpa paksaan.

“Melakukan hal berulang kali dengan sukarela dan menyenangkan, itulah game,” tutur Scot.

Saat bermain semua bisa terjadi. Oleh karena itu ini menjadi sebuah kesempatan istimewa untuk mencoba berbagai cara, strategi untuk memenangkan permainan. Di kehidupan nyata, mencoba berbagai strategi mungkin butuh biaya, waktu dan usaha. Bermain board game bisa mempersingkat hal tersebut. Kamu selalu bisa bermain ulang dan mencoba strategi lain.

Baca juga: Resep Main Incan Gold, Belajar Mengenal Risiko & Berani Ambil Keputusan

3. Mempertajam struktur analisa

Ingat! Setiap langkah, setiap aksi yang dilakukan pemain atau lawan bisa mempengaruhi bagaimana permainan berlangsung. Dengan menganalisa skenario ‘bagaimana-jika lawan melakukan aksi ini atau itu’ dan memahami kira-kira apa yang terjadi jika pemain melakukan-atau-tidak melakukan itu akan membantu diri pemain merefleksikan tindakan (dan kelalaian) mereka.

Semakin tajam struktur analisa yang dibangun, semakin kuat pula bayangan-bayangan apa yang akan terjadi selanjutnya. Bukankah membaca gerak-gerik pesaing dalam bisnis juga penting dalam mengembangkan usahamu? Prediksi dengan dasar analisa yang kuat bisa menjadikan prediksi menjadi semakin nyata terjadi.

Baca juga: Main Board Game Bantu Asah Kemampuan Problem Solving, Critical Thinking dan Decision Making

4. Mensimulasikan keadaan yang mirip dengan bisnis sesungguhnya

berbisnis

Reid Hoffman, pendiri LinkedIn, pernah memainkan board game berjudul Catan. Ia mengatakan bahwa para pengusaha tertarik pada permainan tersebut karena “paling mendekati strategi kewirausahaan”. Dalam permainan, para pemain perlu untuk berkolaborasi dan bertukar sumber daya untuk mengumpulkan poin, sementara lemparan dadu acak bisa mengubah keadaan dan mengharuskan pemain untuk terus menyesuaikan strategi mereka.

Di Indonesia ada board game buatan anak bangsa berjudul Business Craft. Board game ini menawarkan sesi permainan berbasis simulasi bisnis di mana para pemain seolah-olah akan menjalankan bisnis. Setiap perusahaan bisa mencoba memanfaatkan kartu inovasi untuk mengungguli kompetitor.

Beberapa elemen dalam Business Craft dirancang hampir mirip dengan kondisi pasar sesungguhnya untuk membantu membentuk pola pikir dengan menyuguhkan skenario, kasus, atau masalah yang akan dihadapi para pengusaha muda di medan perang yang sesungguhnya. Menariknya, simulasi baik dari Catan, Business Craft atau board game yang lain dijalankan bebas risiko karena mereka adalah permainan.

Baca juga: 10 Board Game yang Ajarkanmu Berbisnis atau Membangun Startup

5. Berbagai tema dan bisa dimainkan banyak orang

Kummara Game Studio, seringkali mengadakan workshop atau pelatihan dengan menggunakan board game untuk korporasi atau organisasi. Ada yang board game yang dimainkan untuk mengasah teamwork (kerjasama), toleransi, kritis dalam masalah logistik, hingga kepemimpinan dan lain sebagainya.

Pada dasarnya mereka tidak pilih-pilih digital game ataupun board game sebagai media pelatihan. Alasan mereka lebih sering menggunakan board game karena praktis, bisa dimainkan banyak orang, biasanya satu grup dalam satu meja bisa sampai 10 orang. Alasan berikutnya karena adaptif, peraturan bisa disesuaikan sesuai keperluan.

Bila bisnismu memiliki banyak karyawan dan ingin mereka memahami atau belajar sesuatu, bermain board game adalah salah satu solusi yang cukup efektif. Jika digunakan dengan tepat, game dapat membantu perusahaan membangun keterampilan berstrateg, efektif biaya, dan fokus pada lingkungan bisnis yang dinamis saat ini.

Boardgame.id sendiri memiliki beraneka judul board game seru yang bisa dimainkan untuk mengasah strategi. Dapatkan berbagai board game Indonesia secara online dengan mengunjungi halaman katalog berikut ini:

You may also like