Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #7: Pengunjung

Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain board game, yang kemudian lebih sering disebut sebagai Board Game Cafe. Melihat hal positif ini, penulis memutuskan untuk membuat seri artikel tentang tips-tips bagaimana membuka usaha board game cafe yang baik. Ulasan dalam seri artikel ini akan merujuk pada video yang diunggah langsung oleh board game cafe paling terkenal di Toronto, Amerika yaitu Snakes & Lattes.

Tips #07: Pengunjung

Bahasan tips ketujuh dari seri artikel tips membuka usaha board game cafe kali ini adalah pengunjung. Para penikmat board game perlu tempat bermain board game dengan teman atau komunitas, keberadaan cafemu akan sangat menyenangkan mereka.

Baca juga: Seri artikel Tips Membuka Usaha Board Game yang lain

Ingat! Mereka adalah tipe pengunjung yang akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk melampiaskan hasrat bermain board game. Jadi, kalau kamu mengusir mereka karena terlalu lama nongkrong dicafemu atau karena kamu ingin turnover cafemu cepat lebih baik urungkan niat membuka board game cafe. Pengunjung yang akan menyambangi cafemu terbagi kedalam empat level.

Pengunjung 1
Para pengunjung di board game cafe | Foto: thirstymeeples.co.uk

Level 4 Board Gamer

Pengunjung level puncak ini sudah punya rencana bermain sendiri. Tujuan ia datang ke cafemu memang untuk bermain board game. Masalah diperbolehkan membawa board game pribadi atau pengunjung harus memainkan koleksi milik cafe, itu tergantung kebijakanmu sebagai pemilik cafe.

Level 3 Board Gamer pemula

Pengunjung pada level ini biasanya baru kecemplung atau baru tertarik bermain board game modern. Biasanya mereka baru suka memainkan Catan, Carcassonne atau board game jenis gateway (mudah dipelajari pemula dan durasi permainan relatif singkat). Perlahan, perlu dikenalkan dengan judul-judul baru dengan gameplay yang lebih menantang dan tetap seru agar mereka jadi pelanggan tetapmu.

Level 2 Calon Board Gamer

Nah, tipe pengunjung ini yang cukup menantang. Pasalnya, mereka tau board game hanya sebatas monopoly dan ular tangga. Bagaimana nasib mereka tergantung pendekatan board game coach dicafemu. Jika dia bisa mengenalkan board game gateway yang modern dengan, pengunjung ini bisa saja naik level jadi level 3 atau malah level 4.

Pengunjung 2
Suasana board game cafe | Foto: leojdavid.wordpress.com

Level 1 Pengunjung Non-Gamer

Ini adalah level paling dasar dari tipe pengunjung yang ada. Biasanya pengunjung ini tidak ada niatan bermain dan bahkan tidak mau diajak bermain. Lalu mengapa mereka datang ke cafemu? bisa jadi memang mau nongkrong tanpa main atau kebetulan diajak teman, pacar atau keluarganya. Walaupun begitu, sekitar 50% dari total pengunjung yang datang kecafemu berada pada level ini.

Ada baiknya board game coach di cafemu mampu mendeteksi pengunjung yang datang ada dilevel mana. Akan sangat membuang waktu dan tenanga bila board game coachmu mengajari/mengenalkan pengunjung level 1 untuk bermain. Bila bisa dideteksi, suasana pengalaman bermain para pengunjung akan lebih terasa.

Nah, tips ketujuh cukup segini dulu. Sampai jumpa lagi di Rabu depan untuk tips selanjutnya. Stay tuned.

You may also like