Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #9: Uang & Biaya

Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain board game, yang kemudian lebih sering disebut sebagai Board Game Cafe. Melihat hal positif ini, penulis memutuskan untuk membuat seri artikel tentang tips-tips bagaimana membuka usaha board game cafe yang baik. Ulasan dalam seri artikel ini akan merujuk pada video yang diunggah langsung oleh board game cafe paling terkenal di Toronto, Amerika yaitu Snakes & Lattes.

 

Tips #09: Uang & Biaya

Menjalankan usaha board game cafe itu butuh banyak biaya. Tentu akan lebih mahal dari biaya normal untuk cafe-cafe biasa. Disini kamu akan mengeluarkan biaya yang tidak dimiliki cafe normal, yaitu belanja board game. Ingat! cafemu ini bukanlah usaha cafe biasa yang mencari untung dari menjual makanan dan minuman. Ketika bicara board game cafe, makanan dan minuman justru menjadi penghasil uang sampingan karena yang paling utama dari cafemu adalah menawarkan board game. Lalu bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari usaha board game cafe?

rental board game
Bermain di board game cafe | Foto: thestar.com

1. Biaya Rental

Pengunjung mungkin hanya datang ke cafemu untuk bermain tanpa memesan apapun, jadi biaya bermain atau rental board game akan menjadi salah satu cara cafemu untuk mendapatkan uang. Banyak metode untuk menerapkan biaya rental ini. Kamu bisa charge biaya main perjam. Bisa juga menggunakan metode warnet dimana makin lama kamu nongkrong biaya perjam akan lebih murah atau happy hour. Merujuk ke video diatas, cafe Snakes & Lattes mengenakan biaya sebesar $5 (Rp 67,000) per orang hanya untuk bermain saja tanpa ada batasan waktu. Tentu kamu harus melakukan penyesuaian harga untuk wilayah Indonesia.

Baca juga: Seri artikel Tips Membuka Usaha Board Game yang lain

2. Membership

Membership mungkin akan jadi salah satu bentuk metode perputaran uang juga. Tentu kamu harus memberikan beberapa keuntungan untuk pengunjung yang memiliki membership, misal dapat minuman gratis atau potongan harga ketika bermain pada jam-jam tertentu.  Membership juga berfungsi agar kamu bisa membedakan mana pengunjung yang loyal dan mana yang pengunjung biasa.

3. Reservasi Premium

Kamu juga bisa mengenakan biaya atau paket tertentu jika pengunjung ingin melakukan reservasi. Misalnya biaya rental untuk empat orang akan lebih murah bila mereka sudah reservasi lebih dulu. Tapi hati-hati, ketika cafemu sedang penuh dan ada meja kosong namun sudah ada yang reservasi, kamu harus segera mengambil tindakan.

Board game & pizza
Tidak semua pengunjung akan bermain board game sambil memesan pizza | Foto: yelp.com

Setidaknya itu beberapa metode mencari uang untuk memenuhi kebutuhan biaya dicafemu selain dari menjual makanan dan minuman. Setiap metode pasti ada untung ruginya, namanya juga bisnis pasti ada resiko.

Minggu depan kita akan bertemu lagi dengan tips tentang koleksi bagian 2.

You may also like