Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #11: Game Populer

Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #11: Game Populer

Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain board game, yang kemudian lebih sering disebut sebagai Board Game Cafe. Melihat hal positif ini, penulis memutuskan untuk membuat seri artikel tentang tips-tips bagaimana membuka usaha board game cafe yang baik. Ulasan dalam seri artikel ini akan merujuk pada video yang diunggah langsung oleh board game cafe paling terkenal di Toronto, Amerika yaitu Snakes & Lattes.

Tips #11: Game Populer

Mungkin akan ada pengunjung baru yang datang ke board game cafemu dan bertanya “Game yang bagus/seru apa ?” Percaya atau tidak, pertanyaan tersebut sangatlah susah dijawab, dan begitu dijawab bisa sangat subjektif. Jawaban yang objektif adalah dengan melihat kondisi pasar di Indonesia, game apa yang paling polaris. Monopoly dan Ular Tangga tentu saja paling podan mungkin saja memang itu yang pengunjung cari. Tidak ada yang salah sih dengan hal itu, tapi masa iya udah tahun 2016 masih main Monopoly dan Ular Tangga?

Populer

Jadi bila memang konsumen yang datang adalah pengunjung baru, baiknya kamu rekomendasikan untuk mencoba board game atau card game lokal seperti Mat Goceng, Waroong Wars, Pagelaran Yogyakarta atau yang paling baru Perjuangan Jomblo. Sebagai pemilik board game cafe kamu harus bisa melihat mana yang populer atau mana yang paling diminati para pengunjung. Seperti pada artikel sebelumnya, bila sudah kelihatan mana yang populer segera duplikat alias sediakan beberapa kopi untuk game tersebut. Jangan lupa sediakan juga stok yang bisa dibeli pengunjung dicafemu.

Game-game peraih penghargaan Spiel des Jahres (Game of the Year) sebenarnya bagus dan seru, tapi karena banyak orang Indonesia yang tahu mungkin jadi tidak terlalu populer disini. Jadi bisa dibilang game yang bagus dan seru belum tentu populer di tanah air ini.

 

You may also like