[Video] Belajar Anti Korupsi Lewat Board Game KPK di Pesta Pendidikan

[Video] Belajar Anti Korupsi Lewat Board Game KPK di Pesta Pendidikan

Siapa bilang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hanya memiliki tugas untuk menyidik dan menindak koruptor ? KPK juga memiliki tugas untuk mengedukasi masyarakat, termasuk mereka yang masih duduk di bangku sekolah. Mengajarkan mereka sejak dini tentang perilaku-perilaku anti-korupsi. Tujuannya tentu agar kelak, tindakan koruptif menjadi suatu hal yang tidak wajar di mata mereka.

Salah satu cara KPK untuk mengedukasi masyarakat tentang anti korupsi adalah lewat permainan. Ya! KPK memiliki Pusat Edukasi Antikorupsi yang sejak tahun 2016 telah mengembangkan beberapa board game. Harapannya, dengan memainkan board game dari KPK dapat menumbuhkan nilai-nilai integritas dan kejujuran dari para pemainnya.

Pesta pendidikan

Nah! Pada hari sabtu kemarin (25/2) KPK memperkenalkan board game buatan mereka di acara Pesta Pendidikan yang digelar di Bandung. Banyak teman-teman dari Sekolah Dasar yang hadir dan mengaku gembira ketika memainkan board game KPK.

Nadia Salsabila, salah seorang pengunjung yang sempat menjajal board game KPK berjudul Politrik mengungkapkan pelajaran yang ia dapat setelah bermain. “Pelajarannya harus punya strategi, trus jujur dan bertanggung jawab”.

Baca juga: Politrik, Seri Board Game KPK

Sedangkan menurut Sandri Justiana selaku koordinator Pusat Edukasi Antikorupsi, board game bisa menjadi sarana untuk meningkatkan integritas. “Tujuannya agar orang tidak melakukan korupsi, bukan karena takut, bukan karena sulit, tetapi karena tidak mau, maka integritas perlu dibangun”.


video: Antara TV.

You may also like