Survey Membuktikan! 78% Keluarga Yakin Board Game Mampu Tularkan Perilaku Anti-Korupsi Untuk Generasi Muda

Survey Membuktikan! 78% Keluarga Yakin Board Game Mampu Tularkan Perilaku Anti-Korupsi Untuk Generasi Muda

Anak dan bermain memang dua hal yang tak bisa dipisahkan. Jika kamu penasaran, coba deh tanyakan tentang aneka permainan pada adik, sepupu atau anak kamu – apa saja yang sudah ia mainkan sampai sekarang? Pasti hasilnya akan bermacam-macam.

Banyak fakta menarik di balik kegiatan favorit anak ini. Selain menghibur, bermain adalah salah satu proses yang mampu membentuk kepribadian anak itu sendiri. Karena itu, keluarga sebagai lingkungan pertama tentu menjadi faktor penentu, apakah mereka melibatkan si anak dengan permainan yang baik?

“A child loves his play, not because it’s easy, but because it’s hard.” – Benjamin Spock.

survey

Baca Juga: Demi Masa Depan Anak! Serunya Belajar Sebarkan Perdamaian Lewat Board Game

Sebenarnya hal apapun bisa jadi sebuah permainan untuk anak. Salah satunya adalah board game. Sebagai salah satu permainan interaktif, belakangan board game memang menarik perhatian para orang tua masa kini. Bahkan, bukan tidak mungkin jika kita bisa mengajarkan perilaku anti-korupsi lewat permainan ini, lho!

Ya, teman-teman dari komunitas Ibu Profesional sudah membuktikan hal tersebut. Awal tahun 2018, komunitas ini sempat mengadakan survey tentang efek bermain board game untuk keluarga. Kali ini mereka berkesempatan mencoba aneka game anti-korupsi dari KPK, seperti Terajana, Jaga Sekolahku, Politriks dan PDKT dan Sahabat Pemberani.

Bermain board game Terajana | Foto: Ibu Profesional

Lalu, apa sih hasil yang ditunjukkan dari survey tersebut? Rupanya sebanyak 78% pemain bisa memahami perilaku anti-korupsi lewat praktek permainan, dalam hal ini adalah board game edukasi anti-korupsi dari KPK! Sebuah angka yang luar biasa, bukan?

Menurut Ibu Septi Peni Wulandani, pendiri dari Ibu Profesional, hal ini wajar saja karena sejatinya anak adalah makhluk yang senang bermain. “Ada 3 hal yang tidak ditolak anak: dongeng, bermain dan hadiah.” jelas beliau. Wah, jadi karena itu ya board game bisa jadi kegiatan yang efektif, apalagi jika dilakukan bersama orang tua, tentu menyenangkan!

Nah, jika kamu ingin tahu info lebih detail tentang survey mereka, bisa langsung unduh dokumen berikut ini. Selamat bermain bersama keluarga!

*Artikel ini telah terbit sebelumnya pada tanggal 12 Februari 2018.

Untuk kamu yang berada di Bandung, silakan kunjungi Galeri Board Game Indonesia di PlaySpace by Boardgame.id. Alamatnya di Jalan Sukanagara no. 31, Antapani, Bandung. Kami buka setiap hari Senin hingga Jumat dari jam 1 siang sampai jam 5 sore.

Belum sempat mampir ke Bandung? Jangan khawatir karena PlaySpace juga memiliki Katalog Online dan barang-barang yang tersedia bisa didapatkan melalui toko online kami di Tokopedia maupun pemesanan langsung via WhatsApp.

You may also like