Komunitas Board Game Salatiga Ajak Warga Sekitar Bermain Board Game

Komunitas Board Game Salatiga Ajak Warga Sekitar Bermain Board Game

Pada hari Minggu, 26 Februari 2017, yang lalu, Komunitas Board Game Salatiga mendapat kesempatan untuk mengisi sebuah acara pengabdian masyarakat yang diadakan oleh Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Acara yang bertajuk FTI KHECE (Keep Healthy Environment, Culture, Educated) ini melibatkan warga sekitar Kampus Notohamidjojo untuk meramaikan acara.

Hasilnya, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga keluarga hadir dalam acara ini. Rangkaian acara yang diadakan meliputi tanam pohon bersama, lomba mewarnai untuk anak SD, cek kesehatan gratis, donor darah PMI, pertunjukan budaya, stand makanan etnis, stand penjualan pakaian layak pakai, dan spesial pertunjukan lainnya.

bermain Geistes Blit
Anak-anak diajak bermain Geistes Blitz | Foto: Komunitas Board Game Salatiga

Dalam acara tersebut, Komunitas Board Game Salatiga mendapatkan tawaran membuka stand Board Game untuk bermain bersama para pengunjung guna meramaikan acara. Board Game yang dibawa meliputi board game buatan para designer Indonesia, seperti Waroong Wars, Bhinneka, Mie Ayam The Game, Newbie Navigators, dan lain-lain.

Tersedia juga pilihan board game dari luar negeri, seperti Zum Kuckkuck, Sushi Go, Exploding Kitten, Geistes Blitz, Cartagena, dan lain-lain. Game yang paling laris dimainkan adalah Zum Kuckkuck dan Geistes Blitz, secara target utama acara ini adalah anak-anak dan para orang tuanya.

Walaupun pada awalnya, hanya ada satu-dua anak yang bermain board game –sisanya masih malu untuk bertanya dan bermain bersama game coach , namun lama kelaman anak-anak yang hanya melihat keseruan permainan-pun mulai mencoba untuk bermain. Bahkan, banyak dari mereka yang justru ketagihan bermain dan ingin mencoba semua board game yang tersedia.

bermain Balance Stairs
Anak-anak bermain Balance Stairs | Foto: Komunitas Board Game Salatiga

Game coach yang terdiri para anggota Komunitas Bakat Minat (KBM) FTI Gamedev UKSW pun turut merasakan keceriaan anak-anak yang tengah bermain. Sebagai tambahan infomasi, KBM FTI Gamedev UKSW dan Komunitas Board Game Salatiga memang sudah sering berkolaborasi dan bekerjasama dalam memajukan board game di Indonesia, terutama untuk daerah Salatiga.

Dari digelarnya acara tersebut dapat dinilai memberi dampak yang baik. Selain tujuan dari pengabdian masyarakat itu sendiri, di sisi lain juga dapat mengenalkan Komunitas Board Game Salatiga kepada masyarakat, dan juga menjalin keakraban serta mengasah kreativitas antara satu sama lain. Dokumentasi selengkapnya untuk acara FTI KHECE ini dapat dilihat pada grup Facebook Komunitas Board Game Salatiga. Maju terus Board Game Indonesia!

You may also like