Pao-Pao Balon Air, Bermain Balon Air Tanpa Takut Basah [Campus Champion UKSW]

Pao-Pao Balon Air, Bermain Balon Air Tanpa Takut Basah [Campus Champion UKSW]

Ada masanya dimana lempar balon (atau plastik) berisi air menjadi permainan yang seru dimainkan bersama teman di sore hari sebelum mandi. Bagi banyak orang tua, permainan ini menjadi kecemasan berlebih karena tak jarang airnya diberi pewarna dan membuat kotor baju. Kali ini teman-teman UKSW mengajak kita bernostalgia dengan membawa permainan balon air dalam wujud gim kartu melalui gim Pao-Pao Balon Air.

Pao-Pao Balon Air adalah gim bagian dari Program Campus Champion UKSW Jilid Pertama dimana kita berperan sebagai Pao-Pao dan teman-temannya yang sedang berkompetisi dalam permainan balon air. Pao-pao sendiri adalah karakter web comic berwujud hamster lucu gubahan Albertus Ang. Dalam permainan ini, tiap pemain memiliki tiga buah balon yang berusaha dipertahankan hingga permainan selesai.

Di tiap giliran, sebuah dadu akan dikocok dan pemain harus adu cepat meraih token balon bergantung pada sisi dadu mana yang keluar. Pemain yang berhasil mendapatkan token kemudian boleh memilih pemain untuk dilempar. Namun sebelum hal itu terjadi, tiap pemain berhak memainkan satu kartu secara tertutup. Kartu-kartu ini memiliki efek beragam dan bisa membantu pemain ketika menjadi sasaran lempar. Jika pemain tidak bisa menghindar, satu balon nya akan pecah. Permainan berakhir ketika tersisa dua pemain yang bertahan dengan balon yang masih utuh.

Lempar-lemparan tanpa basah!

Pao-Pao Balon Air didesain oleh Albertus Ang dan Peter Elianta dan diilustrasikan oleh Albertus Ang. Gim ini dapat dimainkan 3-6 pemain, dan memiliki durasi permainan sekitar 20 menit. Pao-Pao Balon Air didesain untuk mengenalkan anak-anak tentang permainan tradisional yang sempat popular, yaitu Balon Air. Dalam proses development, sang desainer mencari masukan dari orang-orang yang pernah memainkan permainan serupa di masa lalu dan mencoba menyajikannya dalam bentuk card game. Kartu-kartu aksi yang diadopsi dalam Pao-Pao Balon Air juga merujuk pada aksi yang dapat dilakukan pemain dalam permainan aslinya.

Pao-Pao Balon Air, sebagaimana gim lain yang berpartisipasi dalam Campus Champion, merupakan gim dalam status prototype akhir. Dari hasil kurasi dan playtest yang dilakukan oleh tim Boardgame.id yang terdiri dari Eko Nugroho (CEO & Game Designer Kummara Group), Isa R Akbar (Designer The Festivals & Business Craft), Brendan Satria (Designer Mat Goceng & Aquatico), dan Vicky Belladino (Designer Candrageni & Kakak Teladan), gim ini menyimpan banyak potensi untuk menjadi gim yang sukses, diantaranya :

  • Adanya mekanisme kinestetis sederhana, yaitu adu cepat merespon hasil dadu membuat permainan selalu terasa seru karena mengandung banyak interaksi antar pemain. Ketidakpastian hasil dadu juga menimbulkan spekulasi-spekulasi sehingga tidak jarang pemain overconfidence dan salah merespon hasil dadu yang keluar. Kejadian-kejadian ini selalu menimbulkan gelak tawa dan membuat Pao-Pao Balon Air menimbulkan perasaan senang ketika dimainkan.
  • Kartu aksi yang dimainkan tertutup di depan masing-masing pemain menimbulkan dinamika dan spekulasi sepanjang permainan. Bagi pemain yang melempar, memilih pemain mana yang menjadi sasaran menjadi krusial karena pilihan yang salah bisa mengembalikan lemparan balon ke arahnya. Sementara bagi pemain bertahan, mengatur kapan kartu tertentu dikeluarkan akan menentukan apakah balonnya harus hilang di giliran tertentu. Seru!
  • Konsep permainan yang sederhana membuat aksesibilitas gim ini juga cukup tinggi bagi non gamers. Selain itu potensi pengembangan konten dalam gim seperti pada kartu-kartu aksi juga dapat meningkatkan replayability gim jika di develop dengan baik.
  • Konsep last two men standing menarik, membuat pemain saling berkompetisi namun dalam waktu yang sama juga bermain kooperatif ( co-copetition )
efek-efek kartu dalam Pao-Pao Balon Air

Dari pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka Boardgame.id memutuskan untuk memberikan penghargaan dan segel Campus Champion kepada Pao-Pao Balon Air sebagai prototype yang layak dipertimbangkan oleh penerbit / institusi yang tertarik menerbitkan gim dengan visi serupa. Jika kamu tertarik untuk lebih jauh untuk mengeksplorasi hasil kurasi dari game ini, kamu dapat mengirimkan surel ke [email protected].

Pao-Pao Balon Air merupakan bagian dari program Campus Champion, dimana dalam program ini tim expert Boardgame.id melakukan kurasi untuk gim-gim buatan kampus / sekolah secara berkala. Gim yang mendapat kurasi positif akan diberikan penghargaan Campus Champion dan berhak untuk dipublikasikan melalui portal Boardgame.id, Galeri Boardgame.id, dan media-media lain yang dimiliki oleh Boardgame.id. Jika kampus / sekolahmu tertarik untuk melakukan hal serupa, kamu bisa menghubungi program owner Campus Champion dengan mengirimkan email ke [email protected]

You may also like