UKSW dan Boardgame.id Bekerjasama Hadirkan Gim Kampus Berstandar Internasional

UKSW dan Boardgame.id Bekerjasama Hadirkan Gim Kampus Berstandar Internasional

Setelah secara rutin menyelenggarakan acara tahunan seperti Diskomvision dan Gamebox Exhibition, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga makin menunjukkan keseriusannya dalam pengembangan tabletop game dengan menggandeng Boardgame.id sebagai partner. Kerjasama yang meliputi kurasi dan distribusi ini nantinya akan mendorong gim-gim kampus untuk mengadopsi standar industri boardgame internasional serta menyalurkan gim-gim tersebut melalui berbagai media yang dimiliki Boardgame.id.

Baca juga: Para Mahasiswa UKSW Ini Meneliti Board Game Untuk Terapi Penyakit Skizofrenia [Wawancara]

UKSW yang dikenal produktif dalam pengembangan boardgame – terbukti dari konsistensi jumlah karyanya setiap tahun – menggandeng Boardgame.id untuk melakukan kurasi berkala terhadap gim-gim yang mereka kelola. Gim-gim yang diikutsertakan dalam program ini nantinya akan mendapat evaluasi dan masukan dari para expert di Industri Board Game Indonesia, diantaranya Eko Nugroho (CEO & Game Designer Kummara), Brendan Satria (Designer Mat Goceng & Aquatico) dan Isa Akbar (Designer The Festivals). Dalam setiap batch pelaksanaan, akan dipilih gim-gim jawara yang akan mendapatkan Seal of Approval serta mendapat hak untuk diulas dan dipajang secara ekslusif di Galeri Boardgame.id.

board game di uksw
Gamebox Exhibition, Event Tahunan UKSW yang Menghadirkan Boardgame Karya Mahasiswanya

“Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, Boardgame hasil karya mahasiswa, baik hasil tugas matakuliah, penelitian mahasiswa, skripsi, dan komunitas, dapat ditingkatkan standarnya dan dipublikasikan melalui channel-channel yang dimiliki Boardgame.id.” Jelas Arie Setiawan, dosen sekaligus penggagas kerjasama ini.

“Publikasi karya sangat diperlukan, selain dapat mengenalkan karya ke masyarakat umum, juga dapat semakin mendekatkan karya dengan dunia industri board game. (Dampaknya bisa) Seperti mendirikan perusahaan baru, membuka peluang kerjasama dengan publisher dan perusahaan dalam atau luar negeri.” Imbuhnya.

Baca juga: Yuk! Mampir ke Galeri Board Game Indonesia Paling Lengkap

Kerjasama yang segera dimulai pada bulan September 2019 ini rencananya akan dilakukan beberapa kali dalam setahun. Tak hanya mahasiswa, kerjasama ini juga berlaku untuk gim-gim yang dikembangkan oleh civitas akademik lainnya seperti dosen dan staff serta meliputi produk penelitian hingga produk mandiri.

Tertarik menjalankan program serupa di kampus / sekolahmu? segera hubungi account executive boardgame.id via email di [email protected] dan rasakan sendiri kolaborasi dengan figur-figur terbaik di Industri boardgame Indonesia!

You may also like