Diet Panda, Boardgame Yang Bikin Berkeringat? [Campus Champion UKSW]

Diet Panda, Boardgame Yang Bikin Berkeringat? [Campus Champion UKSW]

Selama ini jika kita berbicara tentang game, baik digital maupun analog, asosiasinya akan jauh dari aktivitas fisik. Pun saat catur sudah dikategorikan sebagai olahraga pikiran (mind games) hingga kini marak istilah esports, keduanya tidak berimbas langsung dengan banyaknya keringat yang muncul dari tubuh kita. Namun siapa sangka jika sebuah gim kartu bisa “memaksa” kita untuk berkeringat?

diet panda
Please Welcome… Diet Panda

Diet Panda adalah judul yang menjadi tersangkanya. Gim bagian dari Campus Champions UKSW Jilid pertama ini mengajak kita untuk diet dengan melakukan gerakan-gerakan khas senam kesegaran jasmani (SKJ). Dalam permainan ini, pemain berperan sebagai panda-panda yang insecure karena kelebihan berat badan dan memutuskan untuk berolahraga.

Selama permainan, sejumlah kartu gerakan akan terbuka berurutan di tengah area main. Pemain harus menghafalkan kartu-kartu tersebut sebelum akhirnya ditutup. Permainan kemudian dilanjutkan dengan membuka kartu event, dimana hal-hal menarik akan terjadi sembari menjadi penentu siapa pemain pertama yang harus bergerak. Secara berurutan, pemain diminta mengulang kembali gerakan di dalam kartu. Pemain yang benar akan mendapatkan poin, dan pengumpul 12 poin pertama akan menjadi pemenang.

Diet Panda didesain oleh Peter Elianta dan diilustrasikan oleh Anthony Gunawan. Gim ini dapat dimainkan 2-4  pemain, dan memiliki durasi permainan sekitar 15 menit. Konsep permainan ini terlahir dari keresahan sang desainer akan minimnya aktivitas fisik yang dilakukan anak-anak masa kini karena teralihkan oleh gadget. Desain gim Diet Panda diawali dari penelitian dan playtest yang melibatkan guru, siswa sekolah dasar (SD) dan Komunitas Boardgame Salatiga selama 1.5 bulan. Gerakan-gerakan dalam gim ini juga diadopsi dari gerakan-gerakan senam serta gerakan popular lain yang sempat viral baik di dalam maupun luar negeri.

empat karakter panda dalam Diet Panda

Diet Panda, sebagaimana gim lain yang berpartisipasi dalam Campus Champion, merupakan gim dalam status prototipe akhir. Dari hasil kurasi dan playtest yang dilakukan oleh tim Boardgame.id yang terdiri dari Eko Nugroho (CEO & Game Designer Kummara Group), Isa R Akbar (Designer The Festivals & Business Craft), Brendan Satria (Designer Mat Goceng & Aquatico), dan Vicky Belladino (Designer Candrageni & Kakak Teladan), Diet Panda menyimpan banyak potensi untuk menjadi gim yang sukses, diantaranya :

  • Sudut pandang physical activities dalam bentuk boardgame yang jarang sekali ditemukan. Kebanyakan boardgame yang mengandung unsur fisik biasanya hanya berhenti sebatas dexterity / kelincahan saja. Diet Panda mencoba mendobrak kaidah ini dan memaksa kita untuk benar-benar bergerak. Jika aliran digital memiliki Platform Nintendo Wii / Switch untuk merealisasikan hal ini, bukan tidak mungkin gim ini menjadi yang pertama yang menerapkannya secara analog. 
  • Diet Panda menyimpan potensi bagus sebagai party game. Dengan durasi permainan yang hanya sekitar 15 menit, pengalaman kami saat memainkannya selalu diiringi tawa dan kekonyolan-kekonyolan yang biasa kita temukan di party game. Dalam versi yang kami mainkan bahkan ada kartu yang meminta kami menirukan sebuah gerakan K-Pop. Potensi pengembangannya masih sangat terbuka bergantung pada kearah mana gim ini akan didevelop.
  • Komponen gim hanya terdiri dari kartu saja, membuat Diet Panda memiliki feasibility yang tinggi dari sisi produksi. Tema yang coba dikembangkan tentang Panda yang sedang diet pun lucu dan cukup mudah diterima oleh orang awam sekalipun.

Dari pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka Boardgame.id memutuskan untuk memberikan penghargaan dan segel Campus Champion kepada Diet Panda sebagai prototype yang layak dipertimbangkan oleh penerbit / institusi yang tertarik menerbitkan gim dengan visi serupa. Jika kamu tertarik untuk lebih jauh untuk mengeksplorasi hasil kurasi Campus Champion, kamu dapat mengirimkan surel ke [email protected].

Komponen diet panda
Komponen Lengkap

Diet Panda merupakan bagian dari program Campus Champion, dimana dalam program ini tim expert Boardgame.id melakukan kurasi untuk gim-gim buatan kampus / sekolah secara berkala. Gim yang mendapat kurasi positif akan diberikan penghargaan Campus Champion dan berhak untuk dipublikasikan melalui portal Boardgame.id, Galeri Boardgame.id, dan media-media lain yang dimiliki oleh Boardgame.id. Jika kampus / sekolahmu tertarik untuk melakukan hal serupa, kamu bisa menghubungi program owner Campus Champion dengan mengirimkan email ke [email protected]

You may also like