Surat dari T1: SPIEL’15 dan Milestone Industri Board Game Indonesia

Surat dari T1: SPIEL’15 dan Milestone Industri Board Game Indonesia

bgc-final

Pada tanggal 08-11 Oktober besok pameran dan event boardgame terbesar di dunia, Internationale Spieltage SPIEL’15, akan kembali digelar di kota Essen Jerman. Tahun lalu tercatat ada lebih dari 150 ribu pengunjung dan lebih dari 800 peserta yang menghadiri penghelatan akbar tersebut. Oktober tahun lalu juga menjadi sebuah milestone perkembangan board game industri di Indonesia, karena untuk pertama kalinya board game Indonesia hadir dan mendapatkan perhatian luar biasa di event tersebut.

Oktober tahun ini kita kembali mencatatkan sebuah pencapaian (milestone) baru di industri board game Indonesia. Dua judul board game baru: Waroong Wars dan Pagelaran Yogyakarta hasil kolaborasi para board game designer terbaik Indonesia, KOMPAS, Kummara, dan dukungan berbagai komunitas/semua peserta yang terlibat di event Board Game Challenge 2015 hadir untuk market Indonesia. Kita mungkin tidak terlibat langsung dalam SPIEL’15 tahun ini, tapi kita semua terlibat di hal yang lebih besar – memastikan perkembangan industri board game kita terus berlanjut dan menghasilkan lebih banyak lagi board game berkualitas.

Dalam minggu ini kami akan merangkum berbagai berita terkait SPIEL’15 dan untuk jadi referensi kita sama-sama dalam upaya memajukan industri board game Indonesia. Kami juga mohon bantuan rekan-rekan semua terus membagi rasa optimisme, cerita, dan rasa percaya kita akan potensi industri ini. Silahkan submit tulisan terkait pengalaman anda bermain board game, manfaat yang mungkin ada rasakan, apa yang anda ketahui terkait pengembangannya, marketnya, atau berbagai hal terkait industrinya. Jika kita terus konsisten membangun industri ini, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat kita akan secara rutin melihat banyak board game Indonesia hadir di berbagai event/pameran board game internasional dan ikut aktif mempromosikan berbagai nilai baik tentang Indonesia.

 

Eko Nugroho,
Koordinator tim penulis/redaksi boardgame.id

You may also like