Tokyo Game Market, Jepang Juga Punya Pameran Board Game

Ketika bicara Jepang, game dan pameran pasti yang muncul dibenakmu adalah Tokyo Game Show (TGS). Tidak salah, karena TGS merupakan perlehatan tempat berkumpulnya para pelaku bisnis digital dan video games mulai dari game developer, publisher hingga konsumen.
Lalu kalau di Jepang, kemanakah para penikmat dan pelaku bisnis industri board game bisa bertemu?

Foto: 4gamer.net

Sejak tahun 2000, Jepang punya pameran board game sendiri. Kalau Amerika ada Gen Con, Jerman ada Essen Spiel, di Jepang ada Tokyo Game Market (TGM). TGM digelar dua kali dalam setahun yaitu pada musim gugur semi dan musim gugur. Lalu dari tahun 2012, muncul juga Osaka Game Market yang hanya digelar sekali setahun. Tahun ini TGM di gelar pada bulan Mei lalu dan November tanggal 22 mendatang, bertempat di Tokyo Big Sight.

Foto: gamemarket.jp
Foto: gamemarket.jp

Seperti halnya Gen Con ataupun Spiel, para pengunjung TGM bisa mencoba berbagai macam board game yang dipamerkan disana. Tentu saja ada juga market area bagi pengunjung yang ingin berbelanja board game dan menambah koleksinya. Ternyata banyak juga board game Jerman dan Eropa yang dicetak dalam bahasa Jepang.

Foto: 4gamer.net
Foto: gamemarket.jp

Banyak judul-judul video games Jepang yang sukses dipasaran, lalu bagaimana respons masyarakat Jepang terhadap permainan konvensional seperti board game dan card game? Dari data pengunjung TGM, jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Di TGM 2010 jumlah pengunjungnya sekitar 2.200 orang, dan pada TGM 2014 jumlahnya mencapai 7.200 pengunjung. Memang jumlahnya belum sebanyak Gen Con ataupun Spiel, namun ini menjadi bukti bahwa dinegara yang sukses dengan industri video gamenya sekalipun industri board game tidak akan mati.

Foto: gamemarket.jp
Foto: gamemarket.jp

Di TGM kamu bisa melihat ada banyak board game dan card game yang dibuat oleh para desainer game setempat (asal Jepang). Beberapa desainer game Jepang yang terkenal adalah Seiji Kanai (Love Letter, Lost Legacy) dan Hisashi Hayashi (Trains, Sail to India). Board game jepang punya gaya, warna dan keunikannya sendiri. Ada board game apa aja di TGM 2015 tanggal 22 November besok? Kamu bisa lihat preview yang dirangkum oleh boardgamegeek.com disini.

Jadi kapan ya kira-kira Indonesia punya pameran board game sendiri?

You may also like