Designer Newbie Navigators Berbagi Tips di Gathering SALAD

Designer Newbie Navigators Berbagi Tips di Gathering SALAD

“Ada yang tahu nggak apa itu Tabletop Game?” suara seorang perempuan membuka acara malam itu. Wajahnya berbinar dan nampak bersemangat. Beberapa peserta mengangguk, sebagian lainnya hanya diam. Sembari tersenyum ia lanjut menjelaskan apa itu tabletop game dari media yang sudah siap ditayangkan di belakangnya.

Ya, Rabu (30/08/18) malam kemarin komunitas Salatiga GameDev (SALAD) dalam gathering rutinnya di kantor EDUCA Studio mengangkat topik Boardgame Design & Story yang dibawakan oleh Yovita, designer Newbie Navigators (2016) yang sukses menjuarai SUBOGAMA Design Contest 2016 silam. Yovita yang lebih akrab dipanggil Ovi membuka acara dengan menjelaskan konsep tabletop dan perkembangannya di dunia. Menurutnya, pertumbuhan yang cukup signifikan di beberapa media seperti kickstarter menjadi bukti bahwa boardgame kini kian dicari dan dicintai.

newbie navigators

Yovita bercerita tentang pengalamannya mendesain Newbie Navigators (2016)

Sesi kemudian dilanjutkan dengan sharing dari pembicara tentang pengalamannya mendesain boardgame. Ovi yang sebelumnya sempat mendesain beberapa game seperti Who Is My Soulmate (2015), Pejuang Ekonomi (2015), Meloducation (2016), Detektif BK (2016) dan Klepon (2017) dengan semangat berbagi pengalamannya memenangkan SUBOGAMA Design Contest. Menurutnya, setelah memilih kategori mana yang diikuti dalam kompetisi, hal penting berikutnya adalah menentukan komponen kunci seperti Mekanik, komponen Storytelling, dan Interaktivitas game yang akan kita buat. Kita juga harus bisa mengasses faktor risk and reward dalam aksi yang dilakukan sehingga game yang dibuat nantinya menyenangkan untuk dimainkan.

Selain memberikan tips, Ovi juga menceritakan tantangan yang ia hadapi selama mendesain Newbie Navigators. “dulu game ini ceritanya tentang belalang sembah”, ujarnya memulai cerita. “namun setelah berkali-kali revisi, gamenya tidak balance dan kita memutuskan untuk mulai mendesain game baru, padahal deadline nya tinggal dua minggu”. Ternyata selama proses development Newbie Navigators, Ovi dan partnernya mengalami banyak tantangan. Menghadapi kondisi semacam ini, Ovi berpesan kepada para desainer untuk lebih percaya pada diri sendiri, dan mengelilingi diri kita dengan orang-orang yang percaya pada kemampuan kita. “Selain juga harus konsisten dan fokus menggeluti bidang yang kita minati”, tambahnya.

newbie navigators

Menurut Ovi, kuncinya adalah konsisten dan fokus

Acara malam itu ditutup dengan sesi tanya jawab. Menjawab salah satu pertanyaan, Ovi dan partnernya berkata bahwa mereka sedang mengerjakan dua desain boardgame baru, yang salah satunya terinspirasi dari sebuah webtoon. Gebrakan menarik yang patut kita tunggu!

You may also like