Belajar Buat Board Game: Yuk Kenalan Dengan 6 Genre Board Game Ini!

Belajar Buat Board Game: Yuk Kenalan Dengan 6 Genre Board Game Ini!

Di antara kalian mungkin ada yang sudah bermain banyak game hingga ratusan judul. Mulai dari yang konvensional seperti board/card game, hingga yang digital misalnya video game atau board/card game yang dikombinasikan dengan aplikasi.

Sekian lama telah bermain game, mungkin ada yang terpikirkan untuk membuat game. Selain video game, membuat board game rupanya juga bisa jadi pilihan menarik. Pasalnya membuat board game hanya memerlukan skill desain game dan sedikit kemampuan menggambar.

Mulai Dari Mana Nih?

Sebelum membuat board game, ada baiknya kita mengenal dulu apa saja genre dalam board game. Tidak seperti video game, board game memiliki genre yang unik. Apa sajakah itu?

Classic Board Game

Monopoly, salah satu game klasik yang sudah punya banyak seri | Foto: Wikipedia

Classic board game biasa dimainkan oleh para keluarga, dan memiliki gameplay yang simpel. Biasanya game ini memiliki unsur keberuntungan yang besar, sehingga para pemain tak perlu berpikir keras untuk menang. Pengalaman ketika bermain bersama pun lebih menarik dibandingkan permainannya itu sendiri. Salah satu contoh board game yang memiliki genre ini adalah Monopoly.

Euro-Styles Games

Euro-Styles biasanya memiliki tujuan mengumpulkan victory point (VP) untuk menang. Board game dengan genre ini memiliki tema yang kuat. Sebagian besar game ini menuntut kita mengatur sumber daya dalam permainan. Setiap pemain diberikan sumber daya yang terbatas, dan harus bisa mengumpulkan poin sebanyak mungkin untuk menjadi pemenang.

genre board game
7 Wonders (2010), contoh board game dengan genre Euro-Styles | Gambar: BoardGameGeek

Deck-Building Games

Game ini memiliki konsep permainan yang mirip dengan Trading Card Games (TCG). Perbedaannya para pemain memiliki jenis deck yang sama. Biasanya genre ini memiliki 15-20 tipe deck kartu, tapi hanya 10 yang bisa dimainkan. Contoh board game yang memiliki genre ini adalah Ascension (2010).

Abstract Strategy Games

Contoh permainan terkenal yang memiliki genre ini adalah catur. Biasanya game jenis ini menuntut para pemain untuk merancang strategi yang kompleks, dengan menempatkan bidak-bidak di tempat yang tepat. Sehingga salah satu pemain bisa memenangkan permainan. Selain catur, Azul (2017) dan Photosynthesis (2017) juga merupakan contoh lain Abstract Strategy Games.

genre board game
Tempatkan pohon di posisi yang tepat dalam game Photosynthesis | Foto: BoardGameGeek

Strategy Games

genre board game

Strategy games adalah genre yang memiliki fitur yang lebih kaya dan diadaptasi dari Euro-Style games. Biasanya genre ini memiliki kekuatan narasi yang tinggi, dimana hal tersebut akan menuntun arah permainan. Game ini biasanya membutuhkan kerjasama yang tinggi diantara para kelompok pemain.

Berbeda dengan Classic Board Game, Strategy Games mungkin akan cukup menantang karena mengharuskan pemain berpikir lebih serius. Seperti memikirkan bagaimana caranya menjadi yang memimpin permainan, membentuk sebuah pasukan, hingga membaca gerakan atau motif pemain lainnya yang menjadi musuh. Contoh board game yang memiliki genre ini adalah Terraforming Mars (2016).

Card-Based Strategy Games

Sama seperti Strategy Games, namun menggunakan kartu sebagai elemen utama dalam game. Seperti Classic Game, game ini pun biasanya memiliki unsur keberuntungan yang tinggi. Genre ini juga memiliki tema dengan kekuatan narasi yang kuat.

Misi dalam genre ini biasanya mengumpulkan victory points, mengumpulkan jenis kartu tertentu, atau mengalahkan pemain lawan untuk menang. Contoh board game yang memiliki genre ini adalah Munchkin (2001).

Genre Board Game Tidak Hanya Itu Saja, Lho!

Nah, untuk kamu yang ingin berdiskusi lebih dalam tentang jenis board game, yuk datang ke acara Bedah Board Game di akhir minggu ini yang kebetulan akan mengupas tuntas Carcassonne, salah satu Euro-Styles Game populer. Lihat selengkapnya di sini: https://boardgame.id/gali-ilmu-bedah-board-game-prototype-day/

Kamu juga sudah punya purwarupa untuk segera diuji coba? Bisa juga ikut acara Prototype Day yang ada di hari yang sama. Nantinya kamu bisa bertemu dengan para playtester yang siap memberi masukan untuk game buatanmu. Lihat selengkapnya di sini: https://boardgame.id/ujicobakan-rancangan-prototype-day-1/

*artikel ini telah rilis sebelumnya dengan judul “Yuk Belajar Membuat Board Game: Mengenal Genre Board Game” ditulis oleh Rizal Ziz tanggal 21 September 2015.

You may also like