Through the Ages Digital : Membangun Negeri dalam Dua Jam [Review]

Through the Ages Digital : Membangun Negeri dalam Dua Jam [Review]

Oke, Sekarang kamu sudah memainkan ratusan sesi 7 Wonders, bahkan mungkin sudah hapal betul kombinasi chain building nya. Kamu siap untuk tantangan baru. Apa game yang menghadirkan feel layaknya 7 Wonders, namun dengan gameplay yang lebih menantang? Through the Ages : A New Story of Civilization adalah nominator terkuatnya.

Through the Ages : A Story of Civilization adalah boardgame bertema peradaban yang pertama kali dirilis 2006 silam. Game besutan Vlaada Chvatil ini memikat banyak penikmat tabletop dan bertengger cukup lama sebagai salah satu boardgame terbaik. Hampir 10 tahun sesudahnya, versi revisi boardgame ini ditelurkan dengan membawa misi rebalancing. Ramuan ini terbukti sukses dan kini CGE melanjutkan iterasi masterpiece tersebut dengan merilis Through the Ages versi digital. Tim Boardgame.id berkesempatan mencicipinya sebelum rilis, dan sekedar bocoran saja : its super good!

Tampilan awal Through the Ages : A New Story of Civilization

TEMA

Dalam Through the Ages : A New Story of Civilization, pemain berlomba untuk membangun peradaban yang paling superior. Beberapa aspek harus di-manage pemain untuk dapat mewujudkan hal itu, dan sebagaimana eurogames yang bagus, pemain tidak dapat meraih segalanya. Kita harus memilih untuk fokus di militer, ilmu pengetahuan, mengembangkan efisiensi produksi makanan dan energi atau membangun wonders.

Satu aspek yang membuat game ini memberikan pengalaman main yang menyenangkan, adalah bahwa konten pada kartu-kartunya merepresentasikan tokoh, struktur, bahkan teknologi yang benar-benar ada. Kita bisa melantik Gengis Khan menjadi pemimpin peradaban lalu membangun menara Eiffel, misalnya. Ini membuat setiap sesi Through the Ages terasa nyata seperti sedang menyaksikan sebuah peradaban berkembang, dengan kita sebagai penentu keputusannya.

si Vlaada di game ini ngelaba mulu.

MEKANIK & GAMEPLAY

Through the Ages : A New Story of Civilization esensinya merupakan engine-building game yang secara apik mengkawinkan mekanik action point allowance dan card drafting. Di tiap giliran, pemain diberikan action dan military point yang dapat digunakan untuk menambah populasi, merekrut pasukan, hingga membangun struktur dan bangunan.

Game ini bisa dibilang pure strategic. Bumbu luck hadir dalam porsi kecil saat drafting kartu dan menarik kartu militer. Diluar dari itu, bisa dibilang pemainlah yang menentukan segalanya. Ada elemen take that dalam eksekusi sistem militer, namun porsinya tidak  dominan dan bisa diantisipasi dengan memainkan kartu tertentu. Replayability game ini juga cukup tinggi karena banyaknya kartu dan pilihan gaya bermain yang diakomodir. Bagi penggemar eurogames terutama di range medium to heavy, memainkan game ini akan terasa menyegarkan dengan sensasi ending yang memuaskan – baik saat kalah maupun menang.

Di akhir game, kamu sudah memiliki peradaban yang maju

IMPLEMENTASI DIGITAL

Through the Ages dikenal sebagai game yang berdurasi cukup panjang. Bagi yang merasa seperti itu, versi digitalnya adalah alasan bagus untuk kembali memainkan game ini. Iterasi digital mengotomatisasi beberapa proses dan memberikan tampilan indikator yang lebih baik untuk sumber daya seperti food dan ore. CGE juga menanamkan mode challenge untuk bermain solo serta mode online dan pass and play bagi kamu yang ingin beradu skill dengan pemain lain. Belum pernah memainkannya sama sekali? Tak perlu khawatir karena designer Vlaada Chvatil sendiri lah yang akan membimbingmu dalam tutorial dengan bersenjatakan humor-humor yang absurd.

Kamu bisa minta diajarin mamang Vlaada langsung lho

FINAL THOUGHT

Vicky Belladino : Pertama kali menginstall, saya coba memainkan tutorialnya. Lalu satu challenge. Lalu satu challenge lagi. Tak terasa capucinno cincau saya dikeroyok semut karena dianggurkan begitu lama. Yes, this game is that good. Versi digital Through the Ages tidak sekedar mengubah media, namun juga memanjakan pemain dengan kemudahan navigasi dan display nya. Untuk beberapa saat, Aplikasi ini mungkin akan menjadi pelarian saya saat ada satu-dua jam waktu luang.

Isa Akbar : Fitur undo dalam game ini sangat membantu dalam menyusun strategi terbaik. Fitur ini malah menjadikan TTA versi mobile sebagai strategic simulation game. Pemain jadi bisa sebebas mungkin mencoba ini – itu sampai dirasa puas.

Through The Ages digital apps sudah tersedia  untuk platform Android dan iOS dan bisa ditebus dengan harga $9.99 atau sekitar Rp149.000 tanpa in-app purchases.

Boardgame.id team would like to thanks Czech Games Edition (CGE) for inviting us to the beta test.

You may also like