Lorenzo il Magnifico Digital : Melebarkan Pengaruh di Italia Kini Makin Mudah [Preview]

Lorenzo il Magnifico Digital : Melebarkan Pengaruh di Italia Kini Makin Mudah [Preview]

  • Opini
  • April 4, 2019
  • 108
  • 9 minutes read

Panggil saya kampungan, namun saya bukanlah fans berat dari gim-gim rilisan Cool Mini or Not (CMON). Gim-gim mereka yang kebanyakan tematik dengan bumbu fantasi kurang cocok dengan selera saya yang seorang penikmat eurogames. Namun pada 2016 lalu, CMON bersama Cranio Creations merilis sebuah gim yang menjadi pembelian terbaik sekaligus gim terfavorit saya di tahun itu : Lorenzo il Magnifico. Apa pasal?

Lorenzo il Magnifico mengajak kita berkunjung ke Italia pada abad renaisans. Sebagai pemimpin keluarga yang terhormat, kita berusaha meningkatkan gengsi untuk menjadi yang paling unggul dibanding keluarga lainnya. Mengusung mekanik worker placement dan engine-building, Lorenzo adalah racikan eurogame mengenyangkan yang mendapat banyak pujian dari para penikmat gim strategi. Untuk memanjakan para fansnya, tahun ini Cranio Creations mengembangkan versi digital dari gim popular ini dan sedang menggalang dana melalui platform kickstarter. Tim Boardgame.id berkesempatan mencoba versi alfa nya sebelum resmi diluncurkan.

Tampilan muka versi alfa dari Lorenzo il Magnifico digital

TEMA

Gim seperti Lorenzo il Magnifico sering disebut sebagai dry-euro di kalangan penikmat boardgame. Artinya, aspek tema bukanlah kekuatan utama gim ini. Dalam Lorenzo pemain berusaha mengumpulkan kartu sebagai representasi teritori, karakter, hingga bangunan yang diklaim oleh keluarganya. Teritori, karakter, dan bangunan inilah yang kemudian saling berinteraksi untuk menghasilkan gengsi dalam bentuk victory point.

Lorenzo il Magnifico bukanlah gim yang akan memikatmu dari aspek tematik. Meski begitu, gim ini mengusung sosok terkenal dalam sejarah Italia, Lorenzo de’ Medici, sebagai sosok sentral. Kartu pemimpin yang ada dalam gim merepresentasikan tokoh yang benar-benar ada pada masa itu. Dari gim semacam inilah terkadang kita menjadi tahu dan tertarik mempelajari hal-hal yang tak terpikirkan sebelumnya. Mungkin Lorenzo bukan gim paling tematik yang pernah ada, namun ia adalah gim yang berdampak postif secara tema.

Beberapa leader yang dapat dimainkan di versi alfa. Tokoh ini benar-benar ada lho.

MEKANIK & GAMEPLAY

Basis Lorenzo il Magnifico adalah dice placement dengan dadu komunal. Pips (jumlah titik) pada dadu yang digunakan semua pemain sama sehingga tidak memungkinkan adanya pertikaian masalah kocokan dadu yang bagus atau jelek. Hal ini bisa diwujudkan karena di awal ronde, salah satu pemain mengocok tiga dadu : hitam, putih, dan oranye. Tiap pemain memiliki family member (worker) dengan warna yang sama yang kekuatannya merujuk di dadu yang dikocok tadi. Eksekusi ini terbilang smart karena memitigasi aspek hoki yang biasanya kental terasa dalam gim berbasis dadu.

Selain worker placement yang unik, Trio Flaminia Brasini, Virginio Gigli, dan Simone Luciani sebagai desainer juga menambahkan aktivasi kombo memuaskan ala Council of Four (2015) dalam Lorenzo. Kumpulan kartu bangunan dan teritori dapat diaktifkan dan memicu chain effect yang memungkinkan pemain melakukan beberapa aksi sekaligus. Overall, Lorenzo il Magnifico adalah parade mekanik cerdas yang memuaskan jika kamu menyukai gim yang kaya strategi. Setiap aksi yang kamu pilih meminta perencanaan matang dan akan membuatmu memikirkan kemungkinan-kemungkinannya bahkan setelah gimnya sendiri selesai.

Saat diaktifkan dengan dadu, seluruh building yang syaratnya valid akan aktif

IMPLEMENTASI DIGITAL

Satu hal yang membuat gim euro seperti Lorenzo jarang dimainkan, adalah karena tiap sesinya membutuhkan komitmen pemain untuk duduk bersama dalam waktu yang tidak sebentar. Bahkan sebelum gim nya dimainkan, diperlukan effort untuk setup yang lumayan. Versi digital Lorenzo il Magnifico menegasikan semua hal itu dengan mengautomasi setup serta memungkinkan pemain bermain sendiri melawan Artificial Intelligence (AI). Well, sebagai penikmat solo game ini adalah solusi yang superior dibandingkan dengan automa fisik atau mode beat your own score yang biasa kita temukan.

Saat boardgame dikonversi dalam bentuk digital, kita akan menemukan bahwa core mekanik boardgame (bahkan dalam range medium – heavy ) sebenarnya sangat sederhana. Versi digital Lorenzo misalnya, meminta kita melakukan rata-rata tiga klik untuk setiap aksi. Dengan empat aksi di tiap ronde dan enam ronde dalam satu gim, satu permainan hanya membutuhkan sekitar 72 klik hingga selesai! Untuk mengeksplorasi konten dan alternatif strategi, memainkan versi digital Lorenzo adalah pilihan yang bijaksana.

Secara garis besar, versi digital Lorenzo il Magnifico cukup solid sebagai substitusi produk fisiknya. Kalau boleh sedikit picky, agak disayangkan grafis asli pada kartunya tidak ditampilkan pada versi digital. Ia digantikan dengan tampilan yang lebih komprehensif, meskipun sebenarnya membantu pemain melakukan scanning efek kartu tanpa perlu mengklik kartunya satu per satu. Apalagi jika mode multiplayer sebagai stretch goal sudah ter capai, bisa jadi sebagian besar sesi Lorenzo kita akan dimainkan dari porting digital ini. Kamu bisa membantu dengan melakukan pledge untuk proyeknya di platform kickstarter.

Lorenzo il MagnificoTampilan Utama sepanjang permainan. Semua komponen clear dan jelas.

FINAL THOUGHT

Vicky Belladino

Setelah memainkan versi digital Lorenzo il Magnifico, saya makin mantap bahwa solusi terbaik untuk mengeksplorasi konten eurogame secara solo adalah melalui porting digital. Cranio Creations cukup pintar mengeksekusi semuanya, dengan gameplay yang smooth dan AI yang challenging sebagai lawan main. Meski begitu, dalam versi yang kami mainkan penempatan elemen UI nya kurang intuitif sehingga perlu pembiasaan. Namun setelah 1-2 gim kemudian, seharusnya segalanya bukan lagi masalah. Lorenzo adalah salah satu gim favorit saya, dan saya sangat menantikan versi final dari porting digitalnya!

Isa Akbar

Adanya fitur melawan AI mungkin satu dari beberapa alasan mengapa edisi digital dari Lorenzo Il Magnifico terus layak di-install. Bingung mencari lawan main bukan jadi masalah lagi. Selain itu, versi ini meringkas banyak hal. Tahap persiapan dalam gim menjadi praktis. Imbasnya sampai ke durasi permainan. Kapan lagi bisa menikmati strategi game sekelas Lorenzo hanya dalam 15-20 menit. Greget!

lorenzo il magnificoTampilan akhir gim di versi alfa. Ringkas dan tak perlu repot menghitung!

Tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih kepada Cranio Creations yang telah memberikan early access ke versi digital dari Lorenzo il Magnifico. Kamu bisa mendukungnya dengan melakukan pledge di platform kickstrarter dan memperoleh harga khusus €9 (sekitar Rp 144.000 ) sampai dengan 13 April 2019.

You may also like