Lorenzo il Magnifico Digital : Taklukkan Italia Sembari Pelajari Sejarahnya [Review]

Lorenzo il Magnifico Digital : Taklukkan Italia Sembari Pelajari Sejarahnya [Review]

April lalu, Cranio Creations yang merupakan penerbit asal Italia, pertama kalinya mencoba menggalang dana untuk projek board game digital. Mereka sedang menggarap agar board game Lorenzo il Magnifico bisa diterbitkan dalam wujud digital lewat situs Kickstarer. Gim ini mengajak kita berkunjung ke Italia pada abad renaisans. Sebagai pemimpin keluarga yang terhormat, kita berusaha meningkatkan gengsi untuk menjadi yang paling unggul dibanding keluarga lainnya.

Baca juga:Ā Guru SMAN 1 Petungkriyono: Mengajar Generasi Gamer ya Harus Pakai Game Dong [Wawancara]

Boardgame.id pun sempat mencicipi versi alfa dari pengembangan digital sebuah eurogame yang mendapat banyak pujian dari para penikmat gim strategi. Preview versi alfa dari game yang mengusung mekanik worker placement dan engine-building ini bisa pembaca baca di sini.

Kali ini tim Boardgame.id kembali mendapat kesempatan untuk mengulas Lorenzo il Magnifico dalam kembangan terbarunya sebelum versi finalnya dirilis untuk para backers Kickstarter awal Agustus mendatang.

Pada dasarnya, bahasan mengenai mekanik serta tema tidak ada yang berubah dari versi alfa yang mana sudah pernah kami ulas. Jadi, kalau kamu ingin menyimaknya kami sarankan untuk membaca bahasan preview terlebih dulu karena kami tidak akan mengulasnya lagi agar tidak terjadi pengulangan. Fokus ulasan kali ini, kami akan lebih mengutarakan hal-hal baru atau perbaikan signifikan dibanding versi alfa.

Tampilan sebelum mulai bermain

USER INTERFACE & GRAFIS

Tentu saja ada banyak perubahan dalam kembangan terakhir ini. Ada beberapa user interface yang berantakan dalam versi alfa, overlapping, dan sebagainya. Mungkin Cranio Creations dan Studio Clangore lebih mengutamakan agar Lorenzo Digital ‘bisa cepat dimainkan’. Kecuali kamu sudah fasih dengan berbagai efek kartu, kamu akan sedikit kesulitan mengikuti gaya digital Lorenzo pada awalnya.

Kini tampilan sudah sangat baik dan informasi yang ditampilkan pun sudah semakin jelas. Meskipun begitu, simbol kartu di sini dibuat berbeda dengan versi fisiknya. Ini membuat pemain yang sudah terbiasa memainkan Lorenzo versi analog menjadi kembali sedikit meraba-raba.

Suasana malam

Selain simbol, perbedaan berikutnya bisa dilihat juga dari desain grafis dan ilustrasinya. Tidak ada yang sama persis dengan versi papannya. Bentuk menaranya pun berbeda dengan aslinya. Kalau kamu klik area workshop (produksi) atau barn (panen), akan memunculkan animasi gondola (perahu kanal ala-ala Venisia).

Tampilan rekap aksi

Ada pula tampilan aksi-aksi yang sudah dilakukan oleh pemain atau lawan. Selebihnya, grafis dan animasinya cukup menarik terutama saat memulai ronde baru, suasana akan berubah menjadi malam atau kembali ke siang. Ditambah adanya parallax camera yang keren di mana fokus akan ikut bergerak mengikuti kursor.

Kamu mungkin akan cukup familiar dengan beberapa wajah yang terpampang dalam family member (keluarga yang merepresentasikan dadu). Hal ini dikarenakan potret mengambil wajah dari beberapa influencer yang cukup berpengaruh di industri board game dunia seperti Tom Vasel dari Dice Tower, Rahdo dan kru Cranio Creations sendiri. Menariknya, setiap kali kamu memulai sesi game baru, kamu akan menemukan wajah atau tokoh yang berbeda-beda.

Jika memainkan menggunakan Leader card, pemain tak perlu pusing menghitung kartu atau sumber daya yang digunakan untuk mengklaim kartu karena sudah sudah ada sistem yang menghitungnya secara otomatis. Sistem juga akan memunculkan notifikasi surat dari para Leader bila syaratnya sudah terpenuhi.

Beberapa leader yang dapat dipilih. Tokoh-tokoh di sini benar-benar ada lho.

IMPLEMENTASI DIGITALĀ 

Ada beberapa implementasi yang menjadikan versi digital ini sedikit berbeda dengan wujud fisiknya. Salah satunya, pemain tidak lagi memiliki mata untuk melihat semua komponen permainan. Untuk melihat player board milik lawan atau jenis-jenis kartu yang sudah dikumpulkan pemain, Cranio Creations dan Studio Clangore menyederhanakannya dengan memunculkan layar baru dengan cara kita klik bendera lawan atau pustaka yang sudah kita kumpulkan untuk melihat lebih detil kartu-kartu yang sudah diambil.

Apakah ini menjadi kekurangan? Tentu tidak. Justru ini malah langkah yang bijak mengingat Lorenzo memiliki banyak kartu dan ditambah lagi adanya player board untuk masing-masing pemain. Jika semua informasi dipaksakan terlihat dalam satu layar, tentu tampilan malah akan menjadi tidak enak di pandang. Memang sih pemain jadi harus klik sini-klik situ untuk mendapatkan infomasi. Namun sekali lagi, Cranio Creations dan Studio Clangore mengambil langkah cerdik dengan membumbuinya dengan konten sejarah. Sembari bermain, bisa juga sambil belajar sejarah Italia pada jaman renaisans.

Banyak konten sejarah di dalamnya

Satu lagi yang membedakan Lorenzo adaptasi digital dengan versi fisik, pemain bisa bermain sendiri melawan AI. Hal ini menjadi solusi bagi para pemain yang ingin memeras otak dan mengadu strategi namun tidak menemukan lawan main.

Selain itu, versi ini meringkas banyak hal. Tahap persiapan dalam gim menjadi praktis. Imbasnya sampai ke durasi permainan, satu sesi digital bisa selesai dalam waktu kurang dari 30 menit saja. Oh iya, yang paling penting di sini kamu tidak perlu repot-repot membaca buku petunjuk cara bermain karena sudah dibantu dengan adanya tutorial.

Tampilan hitungan akhir. Ringkas dan tak perlu repot menghitung!

FINAL THOUGHT

Isa Akbar

Menyiapkan permainan dan komponen Lorenzo cukup menyita waktu, adaptasi digital ini meringkas segalanya. Ditambah lagi adanya fitur melawan AI yang membuat Lorenzo bisa cepat dimainkan solo kapan saja. Tak lupa, Lorenzo versi digital ini banyak sekali memberikan konten sejarah dari keterangan kartu-kartu yang didapat. Dengan kata lain, pemain pun bisa bermain sambil mempelajari sejarah Italia sekaligus mengasah critical thinking karena game ini kadang membuat pemain pusing memilih aksi yang paling menguntungkan.

Bahkan deskripsi tentang sejarah bentuk bangunan pun ada

Aughya Shandriasti

Sebagai eurogame yang penuh strategi, Lorenzo versi digital seakan-akan membuka seluruh peluang untuk memenangkan permainan. Dengan detail informasi yang lengkap untuk setiap pilihan aksi membuat pemain bisa lebih matang dalam memilih aksi. Grafisnya yang cukup baik dan movement untuk tiap aksinya menjadikan pengalaman bermain semakin menyenangkan.

Baca juga:Ā Board Game Terbaik 2019 Ini Bisa Bantu Kenalkan Ragam Jenis Burung Pada Anak

Tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih kepada Cranio Creations yang telah memberikanĀ early access ke versi digital dari Lorenzo il Magnifico. Kini kamu sudah bisa menebusnya dengan harga Rp95.999 lewat platform steam.

You may also like