13 Kemampuan yang Bisa Diasah Dengan Bermain Board Game

13 Kemampuan yang Bisa Diasah Dengan Bermain Board Game

Bermain board game memang selalu menyenangkan. Apalagi kalau board game yang sedang dimainkan sangat disukai oleh otak kita. Board game hadir dalam berbagai tema dan cara main. Kamu mungkin tidak akan suka semuanya. Saya sendiri paling suka board game dengan mekanik tile placement karena pasti ada unsur puzzle di dalamnya.

Nah! sadar atau tidak. Board game tidak hanya seru tetapi juga mampu mengasah kemampuan atau skill dari para pemainnya. Kalau kamu sering memainkannya bukan tidak mungkin kamu akan makin mahir di bidang tertentu.

Yuk, mari kita telaah bersama 12 skill yang mampu diasah hanya dengan main board game.

1. Ketangkasan

Board game dengan mekanik dexterity atau kecekatan atau ketangkasan, menitikberatkan bagaimana pemain memanipulasi suatu objek. Misal mencabut dan memindahkan balok dalam Jenga, atau menata dinding dan atap rumah dalam Rhino Heroes.

Bermain Rhino Hero di PlayDay Manikmaya Games

Akibat dari ketangkasan ini biasanya langsung muncul begitu kamu berhasil atau gagal melakukannya. Permainan ketangkasaan selalu seru dimainkan oleh segala umur, bahkan melihatnya saja kadang juga seru. Melihat pemain secara langsung berjibaku dengan gemetar memindahkan suatu objek juga menjadi pengalaman seru.

2. Ingatan

Permainan ingatan muncul ketika kamu bermain dan harus menghafalkan sesuatu dalam permainan. Mekanik ingatan ini bisa menjadi inti dalam sebuah game layaknya Kakak Teladan: Episode Belanja. Bisa juga mekanik sampingan, seperti dalam The Festivals, mengingat jumlah token tiket milik lawan bisa membantumu memenangkan permainan meskipun hal ini tidak wajib dilakukan.

Menghafal titipan belanjaan ibu dalam Kakak Teladan: Episode Belanja

3. Probabilitas

Banyak permainan yang mengandalkan dadu, kartu atau lainnya untuk membuat permainan menjadi acak, tidak bisa ditebak. Meskipun begitu, bukan berarti tidak bisa ditebak seluruhnya, pemain bisa mengira-ngira atau memahami peluang dalam probabilitas yang ada.

Ketika bermain Catan, probabilitas muncul angka 6-7-8 harusnya sangat tinggi. Jika kamu menyadarinya, berarti kamu sudah cukup lihai memanfaatkan probabilitas.

4. Matematika

Hampir semua game membutuhkan ilmu dasar matematika, miminal ketika menghitung komponen atau menjumlahkan poin. Matematika juga bisa membantumu menghitung probabilitas yang ada.

Heboh main bareng Kaesang
Bermain Math Cat bersama mas Kaesang

Bahkan tak jarang, sebuah game memang sengaja menggunakan hitungan matematika sebagai mekanik utama permainan seperti Math Cat.

5. Sistem Analisis

Beberapa komponen board game sering kali memiliki fungsi yang beririsan dengan komponen lain. Inilah yang dimaksud sistem, beberapa hal yang tersambung. Untuk mendapat keuntungan kamu perlu menganalisa langkah mana yang paling tepat.

Saya sering bermain dan bergumam “Jika ini maka itu, jika begitu maka begini” ketika bermain board game . Belum lagi langkah yang akan kita ambil juga mempengaruhi sumber daya yang tersedia atau memaksa pemain lain untuk berpikir lebih keras.

Cara mengasah sistem analisis ini bisa dengan bermain lebih sering. Dengan begitu kamu akan lebih memahami kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Mungkin dipermainan berikutnya kamu bisa memanfaatkan analisis ini untuk memenangkan permainan.

6. Membaca pikiran

Game-game seperti Mat Goceng, Wowo Wiwi, Coup, Avalon memanfaatkan identitas/karakter yang tersembunyi yang mana tiap identitas biasanya memiliki objektif tersendiri. Untuk bisa memenangkan permainan, mau tak mau pemain harus mencari tahu identitas pemain lain sembari memberikan informasi palsu tentang identitas diri sendiri.

Bermain peran dalam Mat Goceng card game

Untuk mendapatkan informasi rahasia pemain lain, kemampuan membaca situasi atau pikiran lawan sangatlah penting. Kamu bisa mencoba menebak atau mendeduksi dari gerakan-gerakan fisik si pemain, atau ekspresi wajahnya ketika melihat kartu tertentu.

Halaman 1 | 2

You may also like