Kaleidoskop: 16 Board Game Indonesia yang Dirilis Tahun 2017

Kaleidoskop: 16 Board Game Indonesia yang Dirilis Tahun 2017

Sepak terjang industri board game Indonesia semakin hari memang semakin matang. Tak lupa kehadiran Indonesia di pameran board game internasional sekelas Essen SPIEL di Jerman juga mendongkrak popularitas board game di manca negara dan tentu juga di tanah air.

Jika menilik kembali di tahun 2013 ke bawah, jumlah board game indonesia masih bisa dihitung dengan satu tangan. Baru ada card game Mat Goceng, Pet War, Combo Arena, Vandaria dan Goblins vs Zombies. Berselang empat tahun, jumlah board game asli buatan Indonesia ternyata meningkat hingga hampir 6-7 kali lipatnya.

Tidak hanya dari segi jumlah judul, berbagai toko board game online maupun offline, cafe serta perpustakaan board game pun muncul di berbagai kota. Setidaknya, mencari dan bermain board game sekarang ini apalagi di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Pekanbarujuga Makassar bukanlah hal sulit.

Kembali lagi ke jumlah judul board game Indonesia. Di tahun 2017 lalu, ada 16 judul board game buatan karya anak bangsa yang dirilis dan kini sudah beredar di pasaran. Boardgame.id merangkumnya dalam kaleidoskop berikut ini:

Kaleidoskop Board Game Indonesia 2017

Sudahkah kamu memainkan semuanya? Semoga tahun ini makin banyak lagi judul maupun cafe dan board game library yang muncul di Indonesia. #AyoMainBoardGameIndonesia

Baca juga: Tips Membuka Usaha Board Game Cafe

You may also like