Zamzamy, Kartu Sakti Belajar Ngaji Kini Sudah Bisa Didapatkan! [Rilis Pers]

Zamzamy, Kartu Sakti Belajar Ngaji Kini Sudah Bisa Didapatkan! [Rilis Pers]

Buku Game Zamzamy adalah buku ke empat sekaligus game yang ditulis oleh Kaksam Rizky dan dipasarkan melalui toko Gramedia dan channel online tokopedia, shopee dan Instagram @sebang_ku. Terhitung sejak tanggal 15-28 Februari 2018, Sebangku sudah membuka masa pre order melalui Shopee dengan harga Rp. 100.000, harga ini lebih murah dibandingkan dengan harga normal Gramedia Rp. 127.000. Pengiriman pre-order gelombang pertama akan dimulai pada tanggal 5 Maret 2018 ke seluruh Indonesia. Selain penjualan retail, Sebangku juga sudah menyediakan model penjualan reseller yang detailnya dapat diakses di channel digital sebangku.

Pemilihan nama Zamzamy berasal dari kata zamzam, Filosofi yang digunakan adalah proses pembelajaran Al-Qur’an yang mudah dipelajari, menyenangkan dan dapat dimainkan oleh umat muslim di seluruh dunia. Goal utama dari buku dan game ini adalah menyembuhkan umat muslim dari “penyakit” buta hijaiyah, hal tersebut sesuai dengan khasiat air zamzam yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan izin Allah.

Zamzamy ini menceritakan tentang perjuangan dua orang anak bernama Azzam dan Ami yang berusaha mendapatkan air zamzam untuk menyembuhkan ibu yang sudah lama sakit. Perjuangan mereka dilakukan dengan mengikuti sayembara Raja yang akan menghadiahkan air zamzam kepada pemenang sayembara.

Buku Game Zamzamy dapat digunakan oleh anak usia 7 tahun ke atas, dengan durasi 15 menit, dengan 2-5 orang pemain. Paket penjualan Buku game hasil Kerjasama antara Sebangku dan aksesbook  ini berisi: 1 buku kurikulum bahasa arab (1600 kata, huruf pisah dan sambung), lembar nilai permainan/pembelajaran, 1 buah poster huruf hijaiyah, 4 buah token penanda harokah/posisi, 2 buah penjepit buku, 35 token pemain (5 warna @7buah), 1 buah papan permainan, dan 48 kartu (8 Kartu misi, 12 kartu aksi, 28 kartu hijaiyah). Kelebihan dari buku game Zamzamy adalah sebagai berikut:

  1. Ketrampilan berbahasa anak
  2. Pemahaman huruf sambung dan pisah
  3. Kecerdasan kognitif anak tentang harokah dan fi’il majhul
  4. Kemampuan analisis anak
  5. Kemauan untuk berinteraksi antar pemain

Saat ini kaksam Rizky dan tim sedang mempersiapkan buku rasa game dengan tema menarik dan aktual dengan kondisi keilmuan saat ini, seperti game tentang matematika, pariwisata, Pancasila dan Mitigasi Bencana.

Ide awal munculnya sebangku berawal dari keprihatinan melihat adik-adik di era teknologi yang semakin “kecanduan” gadget. Ditambah lagi berubahnya perilaku anak yang kurang peduli dengan interaksi sosial baik di keluarga maupun di sekolah. Hasrat kami untuk menciptakan inovasi di dunia pendidikan semakin meningkat berkat banyaknya keluhan guru tentang lemahnya minat baca anak. Permasalahan tersebut kemudian mengilhami kami untuk menciptakan game kartu yang dapat meningkatkan minat baca anak.

Keunggulan produk ini adalah sifatnya yang hybrid (perpaduan antara digital dan kenyataan). APE yang dibuat oleh sebangku berwujud game fisik yang dilengkapi dengan aplikasi sebagai pendukung. Berbeda dengan game di Android dan IOS yang harus dimainkan dilayar dan minim interaksi nyata antar pemain, game Sebangku berfokus pada interaksi pemain (seperti mainan tradisional) dan diperkaya dengan aplikasi. Manfaat yang dirasakan oleh pendidik adalah menambah media ajar di sekolah dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik, belajar berfikir runtut, mendapat informasi yang konkrit, dan meningkatkan interaksi sosial antar pemain. Implementasi yang sudah dilakukan oleh komunitas antara lain, pembelajaran di SD, OSPEK di kampus, pembelajaran Al-Qur’an oleh remaja masjid, dll.

Karya sebangku telah diikutkan ke berbagai ajang nasional dan internasional, antara lain acara Game Prime yang diadakan oleh BEKRAF tahun 2016, acara Pesta Pendidikan tahun 2017 Subogama (Surabaya Boardgames Market) 2017 dan kegiatan International Youth Entrepreneur Summit (IYES) 2017, yang diadakan pada tanggal 11 – 14 Desember 2017 di Hotel Soleil dan Kuala Lumpur Convention Centre. Pada  kegiatan ini Kaksam Rizky menajadi salah satu delegasi kegiatan Global Entrepreneur Community (GEC) yang dihadiri oleh 50 Negara dari seluruh dunia dan resmi menjadi Duta Pengusaha Kampus selama satu tahun, tahun 2017/2018 yang bertugas untuk menyebarkan semangat entrepreneurship di lingkungan lembaga dan sekitarnya.

Tentang Sebangku

Sebangku adalah penerbit game edukasi yang berfokus pada pendidikan anak Sekolah dasar (SD), ide yang didapat berasal dari komunitas yang bernama kawansebangku dan artikel yang terdokumentasi di website sebangku.com. Terhitung sejak bulan Februari 2016, Sebangku telah menciptakan 6 judul game.

Sebagian besar game mechanic dibuat oleh Rizky yang lebih dikenal dengan nama pena Kaksam Rizky seorang dosen Universitas Amikom di Program Studi Teknologi Informasi yang lebih berfokus pada animasi dan game. Game yang sudah dipasarkan adalah Jamrana, game kartu untuk meningkatkan gerakan literasi anak dan game yang akan dilaunching pada tahun 2018 adalah Zamzamy, buku yang dilengkapi dengan game kartu tentang huruf hijaiyah dan kata Bahasa Arab.

Tentang Kaksam Rizky

Pria alumni Pondok Modern Darussalam Gontor tahun 2007 ini menyelesaikan studi S1 dan S2 di jurusan Teknik Informatika Universitas Amikom Yogyakarta. Profesinya sebagai dosen membuatnya semakin dekat dengan anak muda dalam kegiatan Tri Dharma. “Ahsanuhum khuluqon wa ‘anfa’uhum lin naasi” adalah motto hidup aktivis pramuka kelahiran Malang yang selalu ingin memberikan yang terbaik di setiap karyanya. Passionnya di dunia pendidikan membuat pria berbintang Libra ini selalu haus berkarya dan menciptakan terobosan teknologi di bidang pendidikan.

082221491429 | [email protected]

You may also like