Arcanum Academy: Kenali Komponen Sebelum Mulai Merancang Board Game

Arcanum Academy: Kenali Komponen Sebelum Mulai Merancang Board Game

Sewaktu kecil kamu mungkin punya angan-angan untuk menciptakan sebuah permainan. Hanya saja, kamu bingung harus memulainya dari mana. Itu dulu. Untungnya sekarang ada Arcanum Academy yang dicetuskan oleh Arcanum Hobbies. Di sini kamu bisa belajar banyak tentang proses perancangan gim, terutama board game.

Arcanum Academy menawarkan workshop game design yang berlangsung selama tiga kali pertemuan di bulan April ini. Workshop ini diikuti oleh 9 peserta, menariknya sebagian besar rupanya para peserta ini belum begitu banyak mengenal board game modern.

Nah! Pertemuan pertama baru saja terlaksana pada tanggal 7 April lalu. Pada pertemuan pertama ini peserta dikenalkan ragam komponen yang biasa digunakan dalam sebuah board game. Ada permainan yang menggunakan kayu sebagai komponen utamanya, dadu, kartu, koin dan tentunya miniatur.

Materi workshop disampaikan langsung oleh Febndy Kwik, pendiri Coralis Entertainment sekaligus perancang gim dari board game Throne of Element dan Flipeek Medieval. Febndy sengaja memberi materi berupa perkenalan komponen terlebih dahulu agar nanti peserta bisa mulai merancang board game hanya dengan memanfaatkan komponen dari yang paling sederhana, mudah dicari atau dibuat.

Setelah peserta diberi cukup gambaran, Febndy melanjutkan memberi materi tentang mekanik permainan yang sering digunakan dalam board game. Di akhir pertemuan pertama, para peserta diminta untuk membuat Game Design Document (GDD).

Arcanum Academy: Kenali Komponen

Dokumen ini berisi gambaran seperti apa game yang akan dirancang. Isinya meliputi tujuan permainan seperti apa, narasi atau cerita, komponen yang dipakai kira-kira apa saja dan jumlahnya berapa. Jadi GDD ini digunakan sebagai dasar, patokan dan pegangan dalam merancang permainan.

Perjalanan para peserta workshop belum berakhir sampai di sini. Masih ada banyak ilmu game design yang akan mereka dapatkan pada dua pertemuan selanjutnya. Mari kita nantikan saja perkembangan berikutnya hanya di Arcanum Academy.

Album foto selengkapnya:

You may also like