Manikmaya Games Akan Berkolaborasi Dengan Perancang Board Game “Indonesia” asal Belanda?

Manikmaya Games Akan Berkolaborasi Dengan Perancang Board Game “Indonesia” asal Belanda?

ESSEN, Jerman – Oktober lalu, Indonesia hadir kembali di ajang Essen SPIEL 2018 (sebelumnya hadir di SPIEL ’14 dan SPIEL ’17). Tercatat ada 24 judul game dari 7 penerbit yang dipamerkan di sini. Satu hari sebelum pembukaan, Joris Wiersinga (perancang board game berjudul “Indonesia”) mampir ke booth Indonesia. 

Joris Wiersinga, Perancang Board Game
Yang ditunjuk panah: Joris Wiersinga

Perancang board game yang juga menjadi salah satu pendiri Splotter Spellen (Indonesia, Food Chain Magnate) yang berbasis di Belanda ini, sejak empat tahun lalu (saat pertama kali Indonesia hadir di SPIEL) memang menjalin pertemanan dengan Eko Nugroho, perancang board game dan CEO Manikmaya Games.

“Setiap bertemu di SPIEL, sudah jadi semacam ritual bagi kami untuk bermain game tertentu. Kadang dia yang menang, kadang saya yang menang,” ujar Eko saat ditanyai seperti apa hubungan pertemanan mereka seusai bertemu Joris di SPIEL 2018.

Tahun ini, ujar Eko, ada yang berbeda dengan pertemuan mereka. “Kali ini, saya berpikir, setiap bertemu kami selalu melawan satu sama lain (lewat board game) mengapa kami tidak mencoba bekerja sama?” Gagasannya, tutur Eko, adalah membuat sebuah game bersama antara dirinya dan Joris.

Bentuk pastinya belum ada dan masih akan dibicarakan lagi, namun kedua pria itu sepakat memasang target SPIEL ‘19 untuk mewujudkannya. “Kami akan rilis sesuatu bersama pada SPIEL tahun depan. Itu targetnya!” ujar Eko.

Baca juga: Berkenalan Dengan Blue Orange, Game Publisher Yang Bawa Board Game Indonesia Ke Tingkat Dunia

Kebetulan, pertemuan di atas terjadi pada Business Day SPIEL ‘18 ini disaksikan pula oleh Joshua Puji Mulia Simandjuntak, Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF). “Kolaborasi kreatif antar negara seperti ini sangat kami harapkan. Semoga bisa terwujud. Ini bisa menjadi semacam pertukaran budaya antara kedua negara,” ujar Joshua.

Baca juga: Cerita Timun Mas & Buto Ijo Akan Disebarkan ke 26 Negara dalam Bentuk Board Game

Akan seperti apakah hasil kolaborasi antara keduanya? Kita tunggu saja.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Menanti Kolaborasi Indonesia – Belanda dalam Board Game”.

You may also like