Tertarik dan Terlibat, Dua Langkah Awal Untuk Kurangi Resiko Anak Kecanduan Game

Tertarik dan Terlibat, Dua Langkah Awal Untuk Kurangi Resiko Anak Kecanduan Game

Keresahan akan melanda sebagian orang tua yang mungkin tidak tahu harus berbuat apa saat mengetahui putra-putri mereka kecanduan game. Sebelum tambah panik, sebenarnya ada lho beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua atau guru sebagai pengasuh untuk mengubah aktivitas anak-anak yang gemar bermain game menjadi lebih bermanfaat.

Eko Nugroho, seorang pakar game-based learning expert sekaligus CEO Kummara Game Design Studio dan Co-founder Ludenara Foundation punya jawaban atas tips-tips bagaimana mengurangi kecanduan game pada anak dengan metode 4T yang Ia rumuskan.

Menurutnya, metode 4T bisa membantu orang tua untuk mengurangi resiko kecanduan game pada anak tanpa melarang mereka bermain game tapi sambil tetap menghadirkan budaya bermain sehat di tengah-tengah keluarga.

4T tersebut adalah Tertarik, Terlibat, Temani,Ā Tambah variasi.

1. Tertarik

Cari tahu game apa yang paling sering dimainkan anak, lalu pahami apa yang menarik dari game tersebut? Kalau kamu adalah orang tua, coba temukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Hilangkan dulu semua kekhawatiran, ketidaksukaan, atau stigma negatif terhadap game tersebutĀ  – fokus cari jawaban untuk menjawab pertanyaan: apa yang menarik dari game yang mungkin dimainkan anak sampai berjam-jam?

Cara mencari tahunya bisa dilakukan dengan membaca ulasan game, menonton video bermainnya di youtube, atau bisa juga mencobanya sendiri. Mencari aspek apa yang menarik dari game, ini adalah fondasi utama. Bisa jadi ceritanya, cara bermainnya, ilustrasinya atau fitur lainnya dalam game tersebut.

2. Terlibat

Jika sudah menemukan apa yang menurutmumenarik dari game tersebut, cobalah terlibat dalam sesi bermain anak. Minta izin untuk ikut bermain (atau melihatnya bermain). Cobalah bertanya, tumbuhkan rasa ingin tahu, hindarkan semua bentuk prasangka.

Untuk bisa melakukan itu semua penting sekali orang tua sudah punya “ketertarikan” terhadap gamenya, maka dari itu poin pertama tadi dikatakan sebagai fondasi utama. Dengan begitu, anak-anak tahu bahwa orang tua yang ikut bermain atau terlibat,Ā  sungguh-sungguh tertarik dan bukan pura-pura.

Seminar Kecanduan GameLalu bagaimana dengan dua “T” yang terakhir, yaitu Temani dan Tambah Variasi?

Kamu bisa langsung mendengarkan ulasan selengkapnya dalam seminar yang diusung oleh Boardgame.id bersama Homesweethome Family di kota Bandung dengan topik “Mengurangi Kecanduan Games Pada Anak dengan Metode 4Tā€ yang akan dilangsungkan pada:

Hari/tanggal: Sabtu/29 Juni 2019
Waktu: 09:00-11:30 WIB
Tempat: PlaySpace by Boardgame.id, Jalan Sukanagara no. 31, Antapani. Bandung
Peta:Ā https://maps.app.goo.gl/LPocjq1MMNj1F4mA6
Investasi: Rp65.000 (sudah termasuk snack, air minum, file materi dan ilmu yang bermanfaat)

Seminar ini tentu akan dipaparkan langsung oleh Eko Nugroho sebagai narasumber.

Selain seminar yang ditujukan untuk para orang tua, tersedia pula pojok bermain bagi anak-anak. Untuk anak usia 3-6 tahun dikenakan biaya tambahan Rp30.000 dan mereka bisa mengikuti kegiatan seperti ice breaking, story telling, crafting dll. Sedangkan untuk anak berusia 7 tahun ke atas bisa memainkan aneka board game bersama kakak fasilitor dengan biaya tambahan Rp20.000 per anak.

Acara ini akan menerapkan skema food waste, jadi peserta diharapkan membawa botol minum sendiri. Untuk informasi dan pendaftaran, hubungi Wiwik melalui Whatsapp di 081808114870 atau klikĀ http://bit.ly/chatbubu


Di hari dan tempat yang sama, lebih tepatnya siang harinya, Boardgame.id juga akan menggelar Prototype Day. Dalam acara ini beberapa kreator yang telah mendaftarkan diri boleh mengujicobakan purwarupa atau board game setengah jadi yang masih dalam tahap pengembangan. Kamu pun juga bisa mendaftarkan diri sebagai playtester atau pemain yang akan menjajal purwarupa buatan kreator serta kesempatan mengikuti acara Bedah Board Game.

Kalau kamu adalah kreator dan ingin mendaftarkan prototipe board game buatanmu untuk diujicoba, silakan registrasi di sini:Ā Daftar Kreator

Kalau kamu ingin menelusuri lebih jauh tentang bagaimana sebuah board game diciptakan sekaligus menjadi playtester silakan registrasi di sini:Ā Daftar Playtester

Featured image: Background vector created by rawpixel.com – www.freepik.com

You may also like