Pengalaman Bermain Splendor di Mata Anak Kemarin Sore

Pengalaman Bermain Splendor di Mata Anak Kemarin Sore

Katanya, setiap pengalaman pertama selalu menimbulkan kesan yang paling kuat dan tahan lama. Bulan lalu saya pertama kali datang ke sebuah board game library, tepatnya ke Shuffle.id Bandung.

Di antara semua game yang saya mainkan hari itu, Splendor adalah yang paling mengesankan dan bikin ketagihan. Bahkan, waktu kemudian hari saya bermain ke sana lagi, saya langsung mengajak teman-teman saya main board game rancangan Marc Andre itu. Jadi kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya memainkan Splendor.

“Ini game tukang jual batu akik,”

Begitu canda seorang coach muda di Shuffle.id. Memang begitulah adanya. Di sini pemain berperan sebagai pedagang permata zaman renaisans di kawasan Eropa. Artwork-nya sangat menguatkan suasana itu. Dari mulai orang-orang mengenakan baju gombrang dan para perempuan berambut mengembang sampai lanskap kota Eropa pada masa itu.

Komponen | Foto: Henk Rolleman

Sesuai dengan temanya, tujuan utama game ini adalah menjadi pembuat batu akik paling terkenal. Tanda ketenaran ini adalah 15 poin. Jadi pertanyaannya adalah bagaimana cara mencapainya?

Poin = popularitas

Poin-poin tersebar dalam kartu-kartu permata. Jumlahnya bervariasi. Tapi tidak semua kartu permata mengandung poin. Jadi fungsinya hanya sebagai diskon untuk membantu kamu belanja.

Poin-poin tadi juga tersebar pada kartu-kartu bangsawan. Bedanya terletak pada syaratnya. Kartu bangsawan hanya bisa didapatkan dengan mengumpulkan kartu permata dengan jumlah tertentu. Bedanya lagi, kartu bangsawan akan otomatis kamu dapatkan tanpa kehilangan giliran, sedangkan kamu akan menghabiskan satu giliran kalau membeli kartu permata.

Cara belanja kartu

Setiap kartu permata memiliki harga yang beragam. Ada tiga deck kartu permata. Perbedaannya adalah harga dan poin yang diberikan. Untuk membelinya kamu harus mengumpulkan chip permata sampai sejumlah dengan harga yang tertera.

Untuk mengumpulkan chip permata kamu tinggal mengeruknya dari tumpukannya. Anggaplah itu tambang permata. Di sini ada 5 jenis permata reguler dan 1 jenis khusus yang fungsinya seperti joker. Dia bisa digunakan untuk menggantikan batu lainnya. 

Pengalaman bermain di Shuffle.id

Kamu juga bisa booking kartu permata yang harganya belum pas dengan kantongmu. Aksi ini sangat berguna untuk banyak hal. Bisa untuk mengamankan incaranmu, atau sebaliknya, bisa digunakan untuk menjegal siasat lawan dan ini satu-satunya cara untuk mendapatkan chip joker .

Pengalaman seru

Pada suatu sesi teman saya yang baru mencoba Splendor dengan polosnya booking kartu yang sudah saya incar. Dan karena dia baru main, dia tidak menyadari betapa nelangsanya saya akibat langkahnya itu.

Selain booking, dinamika permainan juga dipengaruhi oleh keadaan pasar. Pernah kartu-kartu pada deck murah dan menengah sama sekali tidak bermanfaat untuk mengejar kartu pada deck mahal maupun mengincar kartu bangsawan. 

Permata bernilai 3 poin | Foto: Henk Rolleman

Dalam keadaan ini kami para pemain menyiasatinya dengan booking beberapa yang demi memunculkan kartu lain, hanya untuk melihat kemudian ternyata kartu yang keluar ternyata jenisnya tidak berubah. Jadilah kami tertawa miris atas nasib kami.

Tapi menurut saya di situlah salah satu letak keseruan game yang diterbitkan Space Cowboy ini. Situasi serupa terjadi juga tatkala semua pemain jadi anak rajin menabung dan terus menahan diri untuk tidak segera membeli kartu permata.

Meskipun paling banyak kita hanya bisa mengantongi 10 chip permata, tetap saja jumlah seluruh chip di tambang sebenarnya lebih sedikit dari total maksimum chip seluruh pemain. Jadi kami saling ejek dengan pernyataan semacam, “Hemat pangkal kaya sih bener juga. Tapi kalau numpuk terus dan gak pernah dikeluarin ya sama aja dengan bikin orang lain sengsara.”

Sederhan namun penuh strategi

Aturan main Splendor itu sederhana saja. Kumpulkan, beli, capai poin. Perangkat permainannya juga sedikit saja. Hanya tiga. Tapi perpaduan semua aspeknya dapat memicu kita untuk berpikir intens tentang langkah yang akan kita lakukan, bahkan merasa tegang dengan persaingan yang ada.

Bermain Splendor

Di sisi lain, kita masih bisa tetap menertawakan situasi-situasi yang kita temui selama permainan yang paling lama berlangsung secepa-cepatnya 20 sekian menit. Sekalipun kita kemudian punya strategi tetap dalam memainkannya, permainan yang kita alami akan selalu terasa berbeda, apalagi kalau lawannya berbeda-beda.

Splendor adalah yang membuat kunjungan pertama saya ke boardgame cafe menjadi kunjungan kedua dan seterusnya, adalah yang membuat saya mengajak teman-teman saya main boardgame seperti para agen MLM menggaet prospek baru. Konon, permata dipercayai punya semacam tuah. Barangkali inilah kesaktian Splendor.


Artikel ini dikirim oleh Muhammad Al Mukhlishiddin (Al)
Suka bermain videogame dan boardgame. Mengulasgame juga di al-ulas.blogspot.com.

Diedit oleh Isa R. Akbar

You may also like