Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #4: Menu & Dapur [Repost]

Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #4: Menu & Dapur [Repost]

Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain board game, yang kemudian lebih sering disebut sebagai Board Game Cafe. Melihat hal positif ini, penulis memutuskan untuk membuat seri artikel tentang tips-tips bagaimana membuka usaha board game cafeĀ yang baik. Ulasan dalam seri artikel ini akan merujuk pada video yang diunggah langsung oleh board game cafe paling terkenal di Toronto, Amerika yaitu Snakes & Lattes.

Tips #04: Menu dan Dapur

Tips keempat tentang topikĀ board game cafeĀ kali ini akan dijelaskan sedikit perihal dapur dan makanan. Meskipun daya tarik utama dari board game cafe adalah board game yang disediakan namun jangan lupakan soalĀ menu makanan. Bermain board game tentu tidak hanya satu atau dua menit saja, bisa setengah jam, satu jam bahkan kamu bisa betah main berjam-jam. Rasa lapar mungkin saja menyerang ketika para pelanggan sedang bermain. Lalu menu apa saja sebaiknya yang perlu dihadirkan dalam board game cafe?

Baca juga:Ā Seri artikel Tips Membuka Usaha Board Game yang lain

Pertama, tidak perlu muluk-muluk menyajikan menu makanan selayaknya cafe-cafe mahal karena fokus cafe-mu bukan kesana. Coba buat menu makanan sesederhana mungkin seperti Sandwich, Roti Bakar atau makanan ringan lainnya. Makanan ringan menjadi jawaban bagi mereka yang hanya ingin menganjal perut.

Jadi, untuk masalah dapur kamu tidak perlu menghabiskan biaya lebih untuk membuat makanan mewah atau membeli oven besar (ingat! kamu tidak sedang buka warung pizza). Orang Indonesia sangat suka mie instanĀ dan nasi, mungkin ada baiknya juga untuk makanan kamu sediakan menu mie goreng atau juga nasi goreng karena bahan-bahan dan membuatnya mudah. Makanan berat hanyalah alternatif, tidak disediakan juga tak masalah.

bgsnack

Kedua, beberapa menu makanan berikut mungkin perlu kamu hilangkan. Sup, gorengan, ayam-ayaman dan segala bentuk makanan yang berkuah atau yang terlalu berminyak. Hal ini juga untuk menjaga agar ketika konsumen makan sambil bermain, komponen-komponen permainan tidak kena ciptratan kuah.

Tanpa makanan di atas bisa menghindarkan komponen permainan agar tidak ada bekas minyak. Karena kamu membuka tempat bermain sekaligus cafe, lumayan sulit juga untuk membatasi tingkah pelanggan yang sedang makan sambil bermain. Hanya perlu dibiasakan atau diberi pengertian bahwa ada baiknya selesaikan makan terlebih dahulu sebelum melanjutkan permainan.

Baca juga:Ā Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #3: Karyawan [REPOST]

UPDATE: Menu makanan setiap cafe berbeda dan mereka punya andalan masing-masing. Meskipun di atas disebutkan jangan fokus ke makanan mewah, namun perlu dikaji ulang juga untuk membuat menu andalan yang membuat pelanggan ketagihan. Menu yang menjadi incaran para pelanggan yang hanya ada di cafe-mu.

Setelah penulis berkunjung ke beberapa cafe di Indonesia. Satu menu yang tidak pernah ada tapi sepertinya penting, yaitu Popcorn. Jenis camilan ringan yang dibuatnya mudah dan harusnya harganya relatif murah. Tertarik menambahkan Popcorn di cafe-mu?

Tips selanjutnya tentu setelah makanan dan dapur kita akan membahas mengenai minuman padaĀ hari rabuĀ pekan depan. Stay tuned!

You may also like