Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #5: Minuman [Repost]

Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #5: Minuman [Repost]

Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain board game, yang kemudian lebih sering disebut sebagai Board Game Cafe. Melihat hal positif ini, penulis memutuskan untuk membuat seri artikel tentang tips-tips bagaimana membuka usaha board game cafe yang baik. Ulasan dalam seri artikel ini akan merujuk pada video yang diunggah langsung oleh board game cafe paling terkenal di Toronto, Amerika yaitu Snakes & Lattes.

Tips #05: Minuman

Kembali lagi melanjutkan tips membuka usaha board game cafe. Ini adalah tips kelima yang akan membicarakan tentang Minuman. Menu minuman seperti apa yang harus kamu sediakan di board game cafe? Ini sedikit tipsnya

Baca juga: Seri artikel Tips Membuka Usaha Board Game yang lain

Tentu kamu perlu menyediakan minuman panas dan dingin. Untuk kategori minuman panas kamu perlu menyediakan kopi, dan juga teh. Indonesia kaya akan varian kopi dan orang-orang juga banyak yang suka, jadi kamu bisa sekalian menawarkan beberapa jenis kopi untuk pelangganmu.

Untuk teh, banyak yang sekarang mulai suka dengan teh tarik dan olahan teh lainnya seperti Green Tea, atau Thai Tea. Selain itu, menu hot milk juga bisa menemani para pelangganmu ketika bermain board game di sana.

Minuman & Dominion
Bermain Dominion (2008) ditemani dengan Kopi | Foto: relishments.com

Kedua, untuk minuman dingin kamu bisa menyediakan jus atau minuman bersoda. Ingat kalau kamu menyediakan minuman dingin ada baiknya kamu juga menyiapkan tatakan gelas, atau setidaknya tisu. Hal ini untuk menghindarkan sisi gelas yang basah agar merembes airnya tidak mengenai kartu, papan atau komponen dalam game yang sedang dimainkan.

Sebenarnya minuman akan lebih sering dipesan pengunjung, jadi cobalah tekan harga minumanmu. Lalu, menyediakan vending machine juga boleh kalau kamu mau, apalagi keberadaanya juga bisa berfungsi sebagai dekorasi.

Baca juga: Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #4: Menu & Dapur [Repost]

UPDATE: Setelah Boardgame.id mengunjungi beberapa board game cafe, menurut kami pemilihan coaster/tatakan untuk minuman dingin menjadi cukup krusial. Kami menyarankan untuk menyediakan coaster yang cekung agar bisa menadah keringat air pada minuman dingin.

Beberapa tempat sudah menggunakan coaster namun yang bentuknya datar/flat. Alhasil, air tetep “mbleber” dan menjadi bahaya jika gelas beserta coasternya ini diletakkan di dekat board game yang sedang dimainkan.

Meja board game dengan laci/slot (kanan) untuk meletakkan minuman | Foto: boardgametables.com

Jika kamu memiliki budget lebih coba alokasikan juga untuk membuat meja board game yang memiliki laci/slot khusus untuk meletakkan gelas.

Segini dulu tips kali ini, sampai jumpa lagi ditips berikutnya tentang “pemeliharaan” pada hari rabu pekan depan. Stay tuned ya!

You may also like