5 Ilmu Matematika yang Bisa Diajarkan Pada Anak Lewat Board Game

5 Ilmu Matematika yang Bisa Diajarkan Pada Anak Lewat Board Game

Beberapa kali Boardgame.id sempat mengulas tentang manfaat bermain board game, di antaranya ada 5 manfaat bermain board game untuk anak, atau keuntungan memainkan board game bergenre social party.

Baca juga: 5 Manfaat Bermain Board Game Bagi Anak

Jika diulik kembali, sebenarnya masih ada banyak benefit lainnya dari bermain board game. Salah satunya membuat anak-anak bisa menjadi lebih pandai matematika dengan bermain board game lho!

Kok bisa?

Kalau kamu perhatikan, hampir semua board game pasti memuat angka. Dengan begitu sebenarnya board game juga mengajak para pemainnya untuk belajar matematika. Berikut 5 ilmu matematika yang bisa digali bersama anak dari bermain board game:

Belajar jumlah – kurang – kali – bagi lewat Math Cat card game

1. Belajar mengenal ganjil / genap
Setelah menggerakkan bidak, anak bisa ditanya dia berhenti di kotak ganjil atau genap.

2. Belajar berhitung atau menjumlah
Menghitung langkah, menghitung resource, menjumlahkan uang/poin atau sekedar menghitung jumlah kartu yang ada di tangan.

Baca juga: Math Cat, Dapatkan Perhatian Si Kucing Dengan Belajar Berhitung [Katalog]

3. Belajar peringkat/ranking
Anak bisa diajak mengurutkan siapa pemain yang uang/poinnya paling sedikit sampai paling banyak.

Belajar menentukan peringkat lewat board game bertema balapan

4. Belajar probabilitas
Dadu bisa dimanfaatkan untuk melihat probabilitas di kotak berapa bidak akan berhenti. Tidak hanya yang pakai dadu, permainan kartu juga bisa. Dengan melihat kartu apa saja yang sudah terbuang, kemungkinan kartu berikutnya yang akan keluar bisa diprediksi.

5. Belajar logika matematika
Jika Pemain A mengambil 3 resource dan Pemain B mengambil 2 resource maka sisa resource yang masih bisa diambil bisa dihitung.

Baca juga: Mau Belajar Bikin Board Game Sendiri? Ikuti Saja Kelas Game Design dari Ludenara

Wah, banyak kan ilmu matematika yang bisa digali. Oiya, meskipun begitu bermain board game tidak akan langsung membuat anak pandai dan mendapat nilai bagus ya. Terus belajar dan berlatih. Peran orang tua tetaplah kunci.

You may also like