Bingung Cari Permainan Edukatif? Bikin Sendiri Aja

Bingung Cari Permainan Edukatif? Bikin Sendiri Aja

Seringkali guru dan orang tua menghubungi Boardgame.id untuk bertanya

“Ada nggak board game yang bisa mengajarkan anak mata pelajaran ini/itu?”

Kami pun menjawab.

“Pada dasarnya, setiap board game dengan tema apapun bisa diolah dan disesuaikan dengan materi/pelajaran yang ingin diajarkan. Kuncinya adalah menemukan narasi yang pas dengan apa yang akan disampaikan, sehingga permainan bisa dimodifikasi sedemikian rupa untuk merujuk ke materi tersebut.”

Seorang guru mengajarkan matematika lewat ular tangga di Festival Belajar Main

Sebagai contoh, seperti yang sudah dilakukan para guru dan orang tua pada workshop game-based learning Januari lalu. Mereka dihadapkan dengan permainan Ular Tangga.

Baca juga: Para Guru dan Orang Tua Ini Ditantang Mengajar Matematika Pakai Ular Tangga

Awalnya mereka diminta untuk menjelaskan cara bermain dan tujuan permainan. Semua sepakat, cara mainnya lempar dadu menuju angka seratus. Naik bila bertemu tangga, dan turun jika ketemu ular. Tidak ada nilai edukasinya sama sekali kan?

Setelah itu mereka ditantang untuk memodifikasi Ular Tangga hingga bisa digunakan untuk mengajarkan sains atau matematika dasar. Ternyata dari 9 kelompok, keluarlah 9 rupa Ular Tangga yang punya nilai edukatif.

Ada yang mengajarkan ganjil/genap, setelah lempar dadu pemain (atau nantinya si Anak) harus menyebut hasil lemparannya ganjil/genap. Kalau benar boleh maju sesuai dadu, kalau salah diam di tempat.

Baca juga: 5 Ilmu Matematika yang Bisa Diajarkan Pada Anak Lewat Board Game

Ada juga mengenalkan warna, setiap petak diberi warna. Setelah lempar dadu dan mendarat, anak harus menyebut warna petak tersebut.

Maksudnya begini. Daripada bingung mencari permainan edukatif, bagaimana kalau membuat sendiri saja? Tidak perlu membuat dari nol. Manfaatkan saja game yang sudah ada dan dimodifikasi sendiri seperti Ular Tangga di atas.

Kuncinya ada tiga.

1. Paham cara main
Oang tua / guru harus paham terlebih dulu dengan game yang akan dimainkan. Cara mainnya bagaimana, tujuan menangnya apa.

2. Berikan narasi
Jika sudah paham, coba beri narasi yang sesuai materi untuk game yang akan dimainkan.

3. Modifikasi seperlunya
Hanya ubah yang perlu diubah. Kalau angkanya mau diubah, ubah angkanya. Kalau kotaknya perlu diubah, ganti kotak yang menurutmu sesuai. Isi kartu, jika memang diperlu diubah ya ubah saja. Termasuk mengubah tujuan menangnya atau sampai mengubah narasi game dengan narasi yang cocok dengan materi.

Bagi yang ingin mendalami game design lebih lanjut, bulan Maret mendatang akan ada Kelas Game Design dari Ludenara di kota Bandung. Untuk lebih detailnya pembaca bisa akses tautan berikut: http://boardgame.id/kelas-game-design-ludenara/

You may also like