Guru dan Orang Tua Ini Belajar Merancang Board Game Sendiri di Kelas Game Design

Guru dan Orang Tua Ini Belajar Merancang Board Game Sendiri di Kelas Game Design

Bandung (02/03). Sekolah Gagas Ceria yang biasanya sepi di hari Sabtu dan Minggu tiba-tiba ada kelas. Uniknya, kelas ini bukan diisi oleh anak-anak melainkan orang dewasa yang kebanyakan adalah guru dan orang tua. Rupanya mereka belajar merancang board game.

Ya! dalam dua hari mereka mengikuti Kelas Game Design yang diselenggarakan oleh Ludenara. Eko Nugroho, CEO Kummara Game Design Studio, ditunjuk untuk menjadi mentor di kelas tersebut.

Hari pertama, peserta diberikan materi tentang dasar-dasar proses game design, dan mengapa game itu punya nilai positif. Peserta juga diminta untuk membongkar cara bermain dari tiga buah board game. Tujuannya, dengan mengetahui detail dari setiap permainan, peserta bisa melihat dengan lebih jelas kerangka dan gerigi mekanik yang ada pada game tersebut.

Selanjutnya, mereka diminta untuk memaparkan hal-hal apa saja dari game tersebut yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran baik di sekolah ataupun di rumah. Di akhir sesi hari pertama, Eko mengenalkan sebuah canvas untuk memudahkan peserta menyusun ide & konsep dari game yang akan mereka buat. Utamanya agar mereka menuangkan apa output yang diharapkan setelah bermain dari target pemain yang juga ditentukan.

Merancang board game sendiri

Di hari kedua, peserta dibagikan seperangkat prototype kit. Tugas mereka adalah mentransformasikan ide dan konsep yang sudah ditulis dalam canvas menjadi purwarupa. Pada tahap ini peserta diberi kiat-kiat untuk menjalankan proses rapid prototyping. Sesegera mungkin membuat purwarupa dengan detail seminimum mungkin agar bisa cepat dicoba dan langsung diperbaiki jika memang dirasa perlu.

Alhasil di akhir sesi, terciptalah 6 purwarupa dari 6 kelompok dengan tema yang beragam. Ada yang mengangkat tentang bullying, rantai makanan, sampai literasi pentingnya menjaga kebersihan rumah yang dibalut dengan game bertema kecoa.

Board game Kecoa Attack buatan salah satu tim di Kelas Game Design

Seru ya Kelas Game Design dari Ludenara. Agar kamu tidak ketinggalan program seru berikutnya jangan lupa follow Instagram @ludenara. Dokumentasi foto selengkapnya dari Kelas Game Design bisa juga dilihat di Album Facebook Boardgame.id berikut ini:

https://www.facebook.com/media/set/?set=a.2308653859378431&type=3&__xts__%5B0%5D=68.ARAVZd0HVQnHjGRj8XrPYlRAuMsD8ISjM7y24X3ozJZksYbqHfyEAlqNi0FUHmUk77N_hqmqjb7RgJNFdzb-k2-LICoMCsNJWZhdA0aAFOFW7_PZjPEIarOsuhjicWyUzI4VPCLE0bwsS9l5FZ2aalIsHdVWfaPw0Uahw-spcGQRqa5nPxrGcAivuQP2fltOm-XHrhJvpvcZkxR-JuQeKxac4euOIneSiZbOscWc29olCfJYCKwbx–I_OdxMYgaDM4N4mu5x4PnOv-89RD_msc-MuN5Zm3AYqmr_Nf1RKjJQKJR3wj1Ni2Z26-z7R1lmKyvkCA_ZIQlXWpaVWrPj4mszGbuTEV4Usa_nI7ACKcenRybEAKErxb8Pf7VgiMCXLqszYzb9hz2tqjX0kr2d5rHh45i-XWx3ynnf31jVBTBwcvfwM331DjRV_IUbUjjJM0CDPoFmTBJHiA_f22fVDSUzw&__tn__=-UC-R

 

 

You may also like