Orang Tua Tak Perlu Khawatir! Board Game Aman untuk Anak-Anak

Orang Tua Tak Perlu Khawatir! Board Game Aman untuk Anak-Anak

Banyak orang tua yang masih melihat game sebelah mata. Menurut mereka game itu berkonotasi negatif, membuat candu dan menganggap inilah salah satu penyebab anak-anak jadi malas belajar. Padalah yang buruk adalah ketika porsi bermainnya berlebihan atau memainkan game yang tidak sesuai dengan rating atau umur si anak.

Bicara soal rating, logo “Bimbingan Orang Tua”, “Semua Umur”, “Dewasa” dan sebagainya adalah contoh rating dalam film. Video game juga memiliki sistem rating tersendiri untuk menjelaskan kepada siapa game tersebut boleh dimainkan.

Baca juga: 5 Manfaat Bermain Board Game Bagi Anak

Tentu bisa fatal jika anak baru berumur 8 tahun dan sudah menyaksikan film atau memainkan game yang memiliki rating dewasa, apalagi tanpa pengawasan orang tua. Namun, bermain adalah fitrah setiap anak. Tidak bisa dipungkiri mereka akan selalu mencari jalan agar mereka bisa selalu bermain.

Serunya bermain bersama anak

Meningkatkan quality time

Untuk memenuhi hasrat bermain anak-anak, paling aman ya lewat board game. Kenapa? Beberapa kali Boardgame.id telah menuliskan manfaat bermain board game bagi anak. Tidak hanya bermanfaat untuk anak, board game juga bagus untuk orang tua karena bisa memperkuat bonding dengan putra-putrinya.

Baca juga: 5 Ilmu Matematika yang Bisa Diajarkan Pada Anak Lewat Board Game

Banyak board game yang kuat secara interaksi antar pemainnya. Malah ada juga board game yang mengharuskan pemain untuk saling ngobrol jika ingin memenangkan permaianan. Banyangkan jika sebuah keluarga memiliki waktu khusus semisal setiap Sabtu malam selama dua jam dan mereka habiskan dengan bermain board game bersama.

Mainkan sesuai umur

Selain itu orang tua juga tidak perlu cemas atau khawatir soal rating untuk board game. Meski tidak ada patokan rating seperti film ataupun video game di atas, board game punya spesifikasi umur. Kalau kamu menengok ke bagian samping atau belakang box, biasanya di sana tertera keterangan jumlah pemain, durasi dan umur.

Kingdomino, 8 Tahun ke atas, 2-4 pemain, 15 menit

Dari situlah kamu bisa memilah-milah dan mencari board game yang cocok untuk anak. Spesifikasi umur ini tidak hanya terikat dengan kompleksitas cara bermain, namun juga dengan tema, gambar atau konten pada board game tersebut.

Baca juga: Kingdomino: Bangun Kerajaan Lewat Board Game Bergaya Domino Zaman Now [Review]

Jadi board game dengan umur 4 tahun ke atas bisa dibilang memang cara mainnya sesuai untuk daya cerna anak umur 4 tahun dan isi kontennya juga sepadan. Untuk langkah awal, orang tua bisa mulai cari board game anak-anak yang telah mendapatkan penghargaan sebagai game anak-anak terbaik seperti ICECOOL, Panic Mansion atau Dragon’s Breath.

Di mata anak, semua game itu seru. Lebih seru lagi kalau orang tua mereka ikut bermain bersama.

Dapatkan beraneka ragam board game asli Indonesia yang bisa dimainkan untuk anak-anak dan keluarga di Boardgame.id, bisa dipesan online lho! Segera kunjungi halaman katalog berikut ini:

You may also like