9 Kota di Eropa Ini Ada Board Gamenya Lho!

9 Kota di Eropa Ini Ada Board Gamenya Lho!

  • Opini
  • March 20, 2019
  • 288
  • 7 minutes read

Tema apapun bisa diangkat menjadi sebuah board game. Mulai dari fantasi, zombie, sejarah, sampai geografi. Bicara soal geografi, rupanya banyak juga perancang board game yang memakai nama sebuah kota untuk judul board game mereka.

Berikut kami rangkum 9 board game yang memakai nama kota di Eropa sebagai judul:

Carcassonne, Perancis

Carcassonne merupakan sebuah kota terletak di perbukitan di wilayah selatan Perancis. Terkenal dengan benteng abad pertengahannya, La Cité, yang memiliki menara pengawas dan benteng berdinding ganda.

Board game: Pemain berusaha memainkan tile untuk memperluas wilayah untuk berebut poin, salah satunya memperluas benteng.

Santorini, Yunani

Santorini terletak di kepulauan Cyclades, Yunani dengan ibu kota bernama Fira. Lebih tepat dikatakan Pulau daripada Kota. Pulau ini dikenal berkat sektor pariwisata dan industri minuman anggurnya.Di sana juga banyak situs bersejarah yang dulunya merupakan salah satu pusat peradaban yang penting.

Board game: Dengan bantuan dari kekuatan dewa-dewi Yunani, para pemain berlomba mendirikan bangunan agar bidaknya bisa mencapai lantai tiga.

Nusfjord, Norwegia

Nusfjord adalah desa nelayan di Flakstad Municipality di Nordland county, Norwegia. Terletak di pantai selatan pulau Flakstadøya, di sepanjang Vestfjorden. Kini Nusfjord lebih pantas dibilang museum ketimbang desa nelayan, hanya sekitar seratus orang yang tinggal di sana

Board game: Pemain menjadi nelayan yang kesehariannya menjaring ikan saat bisnis ikan di Nusfjord masih berjaya. Keuntungan yang diperoleh dari mencari ikan lantas harus dikonversi untuk pembangunan desa. Ada sedikit unsur jual beli saham sederhana juga dalam permainan ini.

Baca juga: Nusfjord : Daya Pikat Bahari Norwegia Masa Lalu [REVIEW]

Bruges, Belgia

Setiap sudut dan bangunan kota Bruges (atau Brugge) berada di wilayah aliran sungai, sehingga jika kita mau menuju suatu bagian atau bangunan kota kita harus menggunakan perahu atau kapal. Hal ini menjadikan Bruges masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Board game: Pemain berusaha mencapai status sosial yang paling tinggi kota yang terletak di negara Belgia ini dengan cara berinteraksi atau bekerja sama dengan masyarakat. Setiap giliran pemain akan mengambil kartu masyarakat yang memiliki banyak opsi untuk dimainkan menjadi apa. Pemain juga bisa membangun kanal di wilayah aliran sungai untuk mendapatkan poin ekstra.

Vienna, Austria

Vienna (atau Wina), merupakan ibu kota negara Austria. Banyak warisan artistik dan intelektual yang terlahir di sini termasuk Mozart, Beethoven dan Sigmund Freud. Wina dikenal juga dengan istana-istana Kekaisarannya, termasuk Schönbrunn, kediaman musim panas Habsburg.

Board game: Pemain menjadi kaum bangsawan yang baru saja menjajaki Wina. Untuk meraih reputasi di kalangan bangsawan setempat pemain harus menggandeng banyak tokoh seperti tokoh keagamaan, kerajaan maupun bangsawan asli setempat.

Strasbourg, Perancis

Strasbourg adalah ibu kota wilayah Grand Est (sebelumnya Alsace), di timur laut Perancis. Menjadi tempat kursi resmi Parlemen Eropa dan terletak di dekat perbatasan Jerman. Oleh karena itu, perpaduan gaya arsitektur dan budaya dari pengaruh Jerman dan Prancis cukup kental.

Board game: Pemain diajak kembali ke Strasbourg abad ke-15 saat kekuatan politik di kota ini masih banyak dipengaruhi oleh serikat pengrajin. Tujuan pemain adalah mengirimkan anggota keluarganya keberbagai perserikatan agar bisa memberi pengaruh lebih ketimbang pemain lain.

Copenhagen, Demark

Copenhagen (atau Kopenhagen) menjadi kota terbesar sekaligus ibu kota negara Denmark. Nama ini berasal dari kata Købmandshavn, yang berarti “pelabuhan saudagar”. Identik dengan rumah-rumah runcing berwarna-warni di sepanjang air.

Board game: Pemain adalah arsitek yang berlomba membangun aling-aling untuk rumah runcing yang paling indah dengan permainan ala Tetris agar. Saat ini Copenhagen sedang dirilis di Kickstarter: http://kck.st/2XKSKv3

Baca juga: Kickstarter Weekly: Edisi 19 Maret 2019

Coimbra, Portugal

Sebuah kota di Portugal yang memiliki munisipalitas (administrasi tersendiri). Pada tahun 1290 berdiri Universitas Coimbra yang berhasil menarik warga negara asing. Karena banyak memiliki bangunan tua dan bersejarah, Coimbra diklasifikasikan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2013.

Board game: Pada abad ke-15 dan 16, Portugal berkembang selama Zaman Penemuan. Coimbra menjadi saksi. Di sini pemain berupaya mendapatkan gengsi dengan memperdalam hubungan dengan biara-biara terdekat atau mendanai ekspedisi zaman itu. Untuk mencapai tujuan ini, para pemain harus bersaing untuk mendapatkan bantuan dari warga kota yang paling berpengaruh.

Roma, Italia

Ibu kota Italia yang juga merupakan kota kosmopolitan yang hampir 3.000 tahun melahirkan seni, arsitektur, dan budaya yang berpengaruh secara global. Masuk dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO karena banyak reruntuhan kuno seperti Forum dan Colosseum yang membuktikas bekas kekuatan Kekaisaran Romawi jaman dulu.

Board game: Roma dalam keadaan darurat, Senat dan Penjaga terlibat dalam argumen sengit, masyarakat terpecah. Siapa pun yang berhasil menggunakan koneksi mereka untuk mengendalikan keadakan dan sukses memainkan kartu mereka dengan cerdik akan layak menyandang gelar pemenang.

Wah, menarik ya! Seru juga nih kalau setelah bermain bersama keluarga ajak anak untuk cari tahu informasi lebih lanjut tentang geografi atau sejarah dari kota-kota di atas.

You may also like