5 Board Game Populer yang Dibuat Edisi Untuk Anak-Anak

5 Board Game Populer yang Dibuat Edisi Untuk Anak-Anak

Siapa yang biasa kamu ajak saat ingin bermain board game? Meskipun bermain identik dengan anak-anak, sebagian besar pasti menjawab teman sebaya atau bahkan yang lebih tua. Hal ini wajar karena biasanya board game membutuhkan kemampuan berpikir untuk menentukan strategi. Hal ini membuat lahirnya berbagai kategori usia dalam permainan papan; ada yang menargetkan batas umur tertentu, ada juga yang bisa dimainkan oleh anak TK sekalipun.

Baca Juga: Bisakah Mengasah Critical Thinking Anak Dengan Bermain Board Game?

Kalau kamu beberapa kali berkunjung ke board game cafe di kotamu, biasanya kamu akan melihat board game yang “laris” berasal dari kategori untuk dewasa dengan mekanismenya yang cukup kompleks. Sebut saja Catan atau Ticket to Ride. Tapi tak perlu khawatir anak-anak tak bisa mencoba game-game populer ini lho, karena beberapa board game populer rupanya juga hadir dalam edisi lebih ramah anak. Penasaran ada apa saja? Berikut lima di antaranya.

My First Carcassonne (The Kids of Carcassonne)

Setiap tanggal 14 Juli, terjadi perayaan hari libur nasional di Perancis. Pada saat itu semua domba, ayam dan sapi dibebaskan di kota Carcassonne. Dalam game ini pemain akan mendapat misi untuk menangkap para hewan sebelum senja datang dan hari menjadi gelap. Dirilis oleh Z-Man Games, Carcassonne edisi anak-anak ini hadir dengan kotak berwarna merah cerah dan gambar empat anak yang tersenyum.

Jika kamu pernah bermain Carcassonne, cara bermain game ini juga sama yaitu pemain harus mengambil tile dan menaruhnya di tempat yang diinginkan. Bedanya di sini semua tile akan selalu cocok satu sama lain, dan pemain yang pertama menaruh seluruh meeple miliknya di atas tile akan keluar sebagai pemenang. Seluruh komponen dalam game ini juga dibuat lebih besar, sehingga bisa terlihat jelas oleh anak-anak.

Stone Age Junior (My First Stone Age)

Ingin mengajak anak-anak membangun kembali peradaban masa lalu? Itulah yang bisa dilakukan di Stone Age edisi anak-anak ini. Dirancang oleh Marco Teubner, game ini bercerita tentang dua anak bernama Jonon dan Jada yang hidup di zaman batu. Bersama mereka, pemain khususnya anak-anak akan dibawa dalam petualangan membangun awal mula peradaban.

Berdurasi 15 menit, kumpulkan berbagai barang dan bangunlah pemukiman terbaik untuk menjadi pemenang. Game ini diklaim bisa mengasah kemampuan memori sekaligus cocok untuk memperkenalkan mekanisme set collection dan trading kepada anak-anak lho.

Karuba Junior

Berjenis permainan kooperatif, Karuba Junior adalah board game petualangan tentang pencarian harta karun di sebuah pulau. Diterbitkan oleh HABA yang dikenal banyak menerbitkan board game untuk anak-anak, ceritanya pemain harus menemukan harta di tengah hutan, ditemani oleh tiga penjelajah yang pemberani. Bekerjasamalah untuk menempatkan seluruh tile untuk mendapatkan harta yang dituju, sebelum diserang oleh para bajak laut yang jahat.

board game anak

Sama seperti My First Stone Age, game ini juga mampu mengasah kekuatan memori si kecil. Game ini juga sudah bisa dimainkan dari anak-anak berusia 4 tahun ke atas lho! Bisa kebayang kan lucunya anak-anak bermain ini bersama-sama?

My First Castle Panic

Dari membaca judulnya saja, board game ini tak lain adalah edisi keluarga dari Castle Panic yang rilis tahun 2009 lalu. Ceritanya pemain harus bekerjasama untuk melindungi kastil dari serangan monster. Didesain oleh Justin De Witt, temukan monster dengan mencocokkan warna dan bentuk dari ruangan tempat dia bersembunyi.

board game anak

Meskipun menggunakan aturan dan konsep yang sama dengan game aslinya, My First Castle Panic membuatnya lebih ramah anak dengan menghapus keharusan pemain untuk membaca dalam permainan. Selain itu game ini cenderung memakai warna dan bentuk sebagai “alat komunikasi” dalam game ini. Ya, game tersebut memang dibuat sangat sederhana sampai bisa dimainkan oleh anak-anak yang belum sekolah.

Ticket to Ride: First Journey

Merupakan edisi keluarga dari salah satu judul populer di pasar board game dunia, game ini masih mengajak pemain menghubungkan kota-kota dalam berbagai rute kereta — tentu saja dengan aturan yang lebih sederhana. Ada dua versi area yang tersedia dalam game ini, yaitu Amerika Serikat yang rilis tahun 2016 dan Eropa yang menyusul setahun kemudian.

board game anak

Secara umum pemain harus mengumpulkan kartu kereta, mendapat rute dan menghubungkan kota yang tertulis di tiket. Setiap pemain akan mulai dengan empat kartu kereta dan dua tiket yang menunjukkan kota tujuan. Nantinya pemain pertama yang berhasil melengkapi enam tiket akan keluar sebagai pemenangnya.

Sumber: Medium

You may also like