5 Daya Tarik Carcassonne, Board Game Terbaik Tahun 2001 [Bedah Board Game]

5 Daya Tarik Carcassonne, Board Game Terbaik Tahun 2001 [Bedah Board Game]

Bandung, Sabtu (29/6). Boardgame.id baru saja menggelar Prototype Day pertamanya di PlaySpace, kediamannya yang baru. Agenda utama dalam Prototype Day tentu adalah untuk mengujicobakan rancangan para kreator. Namun, sebelum sesi playtest, acara dibuka dengan sesi Bedah Board Game terlebih dahulu. Sesi ini membahas segala hal menarik dari sebuah board game yang kali ini adalah Carcassonne.

Carcassonne merupakan board game rancangan Klaus-Jurgen Wrede yang rilis pada tahun 2000 dan dinobatkan menjadi board game terbaik tahun 2001. Memiliki mekanik tile placement, yaitu meletakkan kepingan persegi untuk memperluas suatu wilayah. Pemain boleh menyimpan Meeple (orang-orangan) dalam kepingan yang baru saja Ia pasang. Terdapat beberapa sektor dalam kepingan yang bisa dipilih pemain, pastinya tiap sektor akan memberikan tantangan dan skor yang berbeda.

Baca juga: Just One dan Wingspan Sabet Gelar Board Game Terbaik Tahun 2019

Berikut rangkuman beberapa hal menarik dari Carcassonne yang disampaikan oleh Isa Rachmad Akbar selaku pimpinan redaksi Boardgame.id saat mengisi sesi Bedah Board Game kala itu:

1. Cukup Seimbang

Game ini sebenarnya bukanlah tipikal board game dengan strategi murni karena masih ada faktor random (acak) di dalamnya, yaitu saat pemain mengambil tile. Meskipun tile yang diambil acak, namun strategi dalam game ini bisa diseimbangkan dengan aksi yang dilakukan pemain. Pemainlah yang harus beradaptasi dan keadaan dan tile yang diambil untuk menjadikannya tile yang memberikannya keuntungan.

2. Tanpa teks dan angka

Ini yang mungkin kadang jadi pancingan saat membuat board game. Harus ada angkanya mungkin untuk nyawa, status karakter dan lain-lain. Atau, menghadirkan kartu dengan berbagai efek yang dijelaskan lewat teks/tulisan. Carcassonne membuktikan, game yang bagus bisa diciptakan tanpa harus ada teks dan angka ke dalam permainannya. Carcassonne hanya memberikan gambar/simbol dalam tile yang memiliki perlakuan khusus.

3. Ada banyak variasi

Terdapat 72 tile dalam satu set Carcassonne (base edition). Karena setiap tile bisa diputar dan ditempelkan ke beberapa tile yang lain (asal syarat penempatan tile terpenuhi), Carcassonne bisa memberikan variasi permainan yang berbeda-beda di setiap sesinya. Bisa jadi satu sesi permainan lebih cenderung melebar, sesi berikutnya terpusat ke tengah dan seterusnya.

Sesi bedah board game Carcassonne

4. Sangat Kompetitif

Pada dasarnya, Carcassonne bisa dimainkan 2-5 pemain. Game ini bisa memberikan pengalaman bermain yang berbeda tergantung jumlah pemainnya. Bermain dengan 5 pemain akan menggiring permainan yang lebih ketat karena makin banyak pemain makin sedikit pilihan area yang bisa dimaksimalkan kecuali kamu “mengganggu” area milik lawan. Dan game ini bisa jadi sangat kompetitif bila hanya dimainkan oleh 2 pemain.

Saking kompetitifnya, Carcassonne memiliki turnamen internasional yang disebut Carcassonne World Championship. Di sini pemain akan bertanding 1vs1. Terlebih lagi tahun 2017 muncul Carcassonne for 2, yaitu seri game yang khusus dimainkan berdua dengan jumlah tile yang lebih sedikit.

5. Mudah dikembangkan

Ini juga hal yang kadang selalu bisa menjadi jebakan saat mendesain game. Perancang cenderung membumbui rancangannya dengan segala hal dan akhirnya gamenya malah jadi rumit. Padahal kalau diambil versi paling sederhana mungkin gamenya juga tetap seru. Ini yang terjadi pada Carcassonne, base editionnya cukup sederhana. Setelah terbukti sukses baru keluar ekspansi yang biasanya menambah kompleks untuk menciptakan pengalaman bermain yang lebih seru dan dengan level strategi yang tentunya makin mendalam.

Kini Carcassonne memiliki sekitar 10 ekspansi (elemen tambahan yang bisa dimainkan harus dengan base game) dan sekitar 7 stand-alone (varian yang bisa dimainkan tanpa harus ada base game), semuanya mengenalkan mekanik atau cara main baru tanpa mengubah inti dari permainan.

Nah! Kamu nggak mau ketinggalan sesi Bedah Board Game berikutnya? Makanya selalu cek jadwal di PlaySpace atau follow juga akun Instagram @Boardgame.id agar tidak ketinggalan acara-acara seru lainnya

 

You may also like