4 Permainan Zaman Sekolah Ini Sebenarnya Board Game Lho, Masih Ingat?

4 Permainan Zaman Sekolah Ini Sebenarnya Board Game Lho, Masih Ingat?

  • Opini
  • March 26, 2019
  • 842
  • 4 minutes read

Terkadang kita selalu berpikir bermain board game pasti identik dengan dadu, kartu, dan bidak. Padahal kita bisa memainkan atau bahkan membuat board game sendiri hanya dengan modal kertas dan pensil/pulpen, lho. Dalam industri board game, hal ini bahkan diadaptasi ke dalam mekanisme roll & write yang sedang berada di puncak popularitas sejak awal tahun.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Coba Membuat Roll & Write 

Sadarkah kamu, sebenarnya kita sering memainkan board game di masa sekolah, mulai dari waktu SD sampai SMA? Tentu saja board game tersebut tidak hanya ular tangga atau monopoli, melainkan yang kita buat sendiri dengan modal kertas dan pensil/pulpen. Game apa sajakah itu? Yuk kita simak!

Paper War Game

Gambar bulatan agar bekasnya terkena pemain lawan

Sesuai namanya, gameini bertemakan perang-perangan. Kertas dilipat hingga menjadi dua sisi bagian. Kamu dan lawan main, masing-masing menggambar pasukan di bagian sisi yang telah dibagi. Lalu bagaimana cara memainkannya?

Caranya adalah kita menembak dengan menggambar bulatan kecil tebal dengan pulpen, setelah itu kertas dilipat tertutup dan bagian bulatan digosok hingga meninggalkan bekas di sisi lainnya. Jika bulatan mengenai pasukan lawan main, maka pasukan lawan akan berkurang satu. Begitu juga sebaliknya. Setiap giliran hanya diberi satu kesempatan menembak. Pemain akan kalah jika pasukannya telah habis.

Paper Races

balap-coretan2

Dari judulnya saja, kamu pasti tahu kalau game ini bertema balapan. Sebelum bermain, kita harus menggambar trek balapannya terlebih dahulu. Selanjutnya gambarlah kendaraan kita (bentuk bebas, hanya bentuk lingkaran kecil juga bisa).

Cara bermainnya, taruh pensil secara tegak dengan menahan ujung atas pensil dengan jari telunjuk. Setelah itu dengan kekuatan jari telunjuk, kita gerakan pensil tersebut ke arah mengikuti trek balapan. Disini serunya, jika kita keluar jalur, otomatis kita akan terkena penalti yang artinya tidak dapat giliran satu kali. Siapa yang bisa sampai ke garis finish, dialah yang menang.

SOS

board game dengan teman sekolah

SOS adalah game yang sangat simpel karena berjenis puzzle. Kita dan lawan main hanya harus menyusun huruf hingga membentuk kata “SOS”. Kata tersebut bisa terbentuk secara horizontal, vertikal atau bahkan diagonal. Siapa yang paling banyak bisa membuat kata “SOS” di lembar bermainnya, dialah yang menang.

Catur Jawa

Catur Jawa cara memainkannya sangat mudah. Konsepnya mirip dengan game Tic-Tac-Toe, yaitu menyusun bidak agar tersusun lurus secara horizontal, vertikal atau diagonal. Cara memainkannya secara bergiliran kita menggeser bidak kita agar tersusun tegak lurus. Siapa yang berhasil menyusun duluan, dialah yang menang.

Sebenarnya masih ada lagi beberapa board game yang bisa dibuat dan dimainkan di atas kertas. Kamu pernah memainkan jenis board game lainnya yang sejenis di atas? Atau ada permainan lainnya yang populer di antara teman-teman sekolah kamu? Yuk share di kolom komentar!

*artikel ini ditulis oleh Rizal Ziz dengan judul “4 Board Game Yang Sering Dimainkan di Sekolah” tanggal 08 Agustus 2015.

 

 

 

You may also like